PENGELOLAAN BANK SAMPAH DENGAN BERBASIS R4 (REDUCE, REUSE, RECYCLE, REPLANT)

Authors

  • Abdul Karim Halim

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v1i1.1481

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk manajemen dan teknik mengelola sampah yang dapat memberikan manfaat banyak adalah dengan mengelolanya melalui Program Bank Sampah berbasis R 4 (Re-Duse, Re-Use, Re-Cyickle dan Re-Plant). Pertanyaan peneilitian ini adalah: bagaimana pengelolaan bank sampah dengan berbasis R4?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilaksankan di Sektor III Puri Anggrek Perumahan Bukit Mekar Wangi Kota Bogor. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat diarahkan kepada kebiasaan/disiplin dalam melakukan Re-duse dan Re-Use, sementara kami para pengelola Bank Sampah lebih pada mengembangkan produk-produk hasil Re-Cyckle dan Re-Plant. Sedangkan untuk pengelolaan Bank Sampah dapat dilakukan setelah menghasilkan beberapa produk secara ekonomi.

References

Abdul Karim Halim, dkk (2017). Pembuatan Mesin Produksi Paving Block Berbahan Baku Plastik Kresek, Penelitian Stategi Nasional 2017-2018, Bogor, Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Adi, Isbandi Rukminto. (2015). Kesejahteraan Sosial (Pekerja Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan). Jakarta : Rajawali Press

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media

H, Oslon, Matthew, dan B.R Hergerhan. (2016) Pengantar Teori-teori Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Makruf, Jamhari. (2016). Islam untuk Kesejahteraan Masyarakat. Jakarta : Kencana.

Manik. (2016). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta : Kencana.

Rusyan, H. A Tabrani (2012). Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa, Jakarta, Pustaka Dinamika.

Soetomo. (2014). Kesejahteraan dan Upaya Mewujudkan dalam Perspektif Masyarakar Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumantri, Arif. (2015). Kesehatan Lingkungan. Jakarta : Kencana.

Sumodiningrat, gunawan. (2009). Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa (Menanggulangi Kemiskinan dengan Prinsip Pemberdayaan Masyarakat).Jakarta: Buku Kompas.

Suwerda, Bambang. (2012). Bank Sampah (Kajian teori dan Terapan). Yogyakarta: Pustaka Rihama Desain.

Downloads

Published

2018-10-01

How to Cite

Halim, A. K. (2018). PENGELOLAAN BANK SAMPAH DENGAN BERBASIS R4 (REDUCE, REUSE, RECYCLE, REPLANT). Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 1(1). https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v1i1.1481

Issue

Section

Articles