Tentang Jurnal Ini

Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah merupakan Jurnal Ilmiah yang menitik beratkan pada pengembangan Ilmu Pendidikan Luar Sekolah pada umumnya. Sesuai dengan namanya, Jurnal ini dimaksudkan untuk dapat memberikan inovasi pada perkembangan Pendidikan Masyarakat, dengan memberikan informasi –informasi praktis hasil pemikiran dan penelitian para pakar dibidang Pendidikan Masyarakah. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah terbit setiap bulan APRIL dan bulan OKTOBER. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah diterbitkan oleh Univ. Ibn Khaldun dengan akreditasi Sinta 4 berdasarkan SK SK KementerianPendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi RepulikIndonesia No. 10/C/C3/DT.05.00/2025 dengan E-issn 2654-8615.  

Terbitan Terkini

Vol 8 No 2 (2025): Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah

Edisi jurnal ini menghadirkan delapan artikel yang berfokus pada isu-isu strategis dalam bidang pendidikan nonformal, pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia di berbagai daerah di Indonesia. Melalui beragam konteks penelitian dan praktik baik, setiap artikel menawarkan kontribusi nyata bagi peningkatan mutu pendidikan, inovasi pembelajaran, serta penguatan ekonomi dan sosial masyarakat.

Artikel pertama berjudul “The Role of Village Assistant in Optimizing the Distribution of Village Funds in Gunungcupu, Ciamis District” membahas peran penting pendamping desa dalam memastikan distribusi dana desa berjalan efektif, transparan, dan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

Artikel kedua, “Pengembangan Daftar Hadir Warga Belajar Paket B Berbasis QR Code di SPNF SKB Kota Palembang”, menyoroti inovasi digital melalui penerapan sistem kehadiran berbasis QR Code yang mampu meningkatkan efisiensi administrasi dan validitas data kehadiran warga belajar.

Artikel ketiga, “Penggunaan Metode Read Aloud dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sahabat Buku Karawang”, menunjukkan bagaimana metode read aloud dapat menjadi pendekatan efektif untuk menumbuhkan minat baca anak di lingkungan taman bacaan masyarakat.

Sementara itu, artikel keempat berjudul “Peran Tutor dalam Meningkatkan Minat Belajar Program Paket C di PKBM Tim Suara Masyarakat Dawuan (TSMD) Cikampek” menelaah strategi dan peran tutor dalam membangun motivasi serta komitmen warga belajar untuk terus aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.

Artikel kelima, “Implementasi Pelatihan Desain Grafis untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Visual pada Warga Belajar Paket C di PKBM Nurul Islam”, menggambarkan penerapan pelatihan desain grafis sebagai sarana peningkatan keterampilan digital dan kreativitas visual warga belajar.

Selanjutnya, artikel keenam “Implementasi Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Karawang” meninjau pelaksanaan standar proses dalam pendidikan kesetaraan, dengan penekanan pada efektivitas kurikulum, metode pembelajaran, dan peran pendidik dalam membentuk pengalaman belajar yang bermakna.

Artikel ketujuh, “Pemberdayaan Masyarakat melalui Peternak Madu Kelulut oleh Binaan CSR PT Pertamina Asset 5 Sangatta Field”, menguraikan praktik baik tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam mengembangkan ekonomi masyarakat melalui budidaya madu kelulut yang berkelanjutan.

Sebagai penutup, artikel kedelapan berjudul “Strategi Pemberdayaan UMKM melalui Literasi Akuntansi: Studi Kasus di Pokdakan Alam Tirto Kabupaten Kulon Progo” menekankan pentingnya literasi akuntansi bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitas manajerial, transparansi usaha, dan kemandirian ekonomi lokal.

Secara keseluruhan, edisi ini menggambarkan sinergi antara pendidikan, teknologi, dan pemberdayaan masyarakat yang saling mendukung untuk mewujudkan pembangunan manusia yang berdaya, kreatif, dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Diterbitkan: 2025-10-31

Articles

Lihat semua terbitan