About the Journal

Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah merupakan Jurnal Ilmiah yang menitik beratkan pada pengembangan Ilmu Pendidikan Luar Sekolah pada umumnya. Sesuai dengan namanya, Jurnal ini dimaksudkan untuk dapat memberikan inovasi pada perkembangan Pendidikan Masyarakat, dengan memberikan informasi –informasi praktis hasil pemikiran dan penelitian para pakar dibidang Pendidikan Masyarakah. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah terbit setiap bulan APRIL dan bulan OKTOBER. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah diterbitkan oleh Univ. Ibn Khaldun dengan akreditasi Sinta 4 berdasarkan SK SK KementerianPendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi RepulikIndonesia No. 10/C/C3/DT.05.00/2025 dengan E-issn 2654-8615.  

Current Issue

Vol. 8 No. 1 (2025): Transformasi Pendidikan Nonformal di Era Global: Literasi, Kesiapan Kerja, dan Kewirausahaan
					View Vol. 8 No. 1 (2025): Transformasi Pendidikan Nonformal di Era Global: Literasi, Kesiapan Kerja, dan Kewirausahaan

Edisi ini telah tersedia secara online sejak 30 April 2024. Seluruh artikel dalam edisi ini ditulis oleh penulis dari berbagai perguruan tinggi yang aktif dalam pengembangan kajian di bidang Pendidikan Nonformal, seperti Universitas Bengkulu, Universitas Pendidikan Indonesia, STIE Mahardika Surabaya, Universitas Negeri Semarang. Artikel-artikel tersebut menyajikan topik-topik yang beragam, mulai dari pendidikan anti-bias dalam membangun sikap toleransi pada anak usia dini di satuan pendidikan nonformal Kabupaten Bengkulu Tengah, model pelatihan kesiapan kerja berbasis green skills untuk mempersiapkan lulusan memasuki dunia kerja, hingga strategi pengembangan produk UMKM minuman tradisional homemade dalam menghadapi persaingan global.

Kehadiran artikel yang membahas peran orang tua dalam mempersiapkan literasi pra-membaca anak usia dini, dampak program mentoring karir terhadap peningkatan kapasitas pengetahuan, serta pemberdayaan tenaga kerja dalam pengelolaan air minum berbasis ISO dalam program pengabdian kepada masyarakat, memperkuat kontribusi edisi ini dalam memberikan wawasan baru. Artikel-artikel tersebut mencerminkan keterlibatan aktif para akademisi dan praktisi dari berbagai institusi dalam memperkuat kapasitas pendidikan nonformal yang berkelanjutan dan relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Diharapkan, edisi ini menjadi sumber referensi yang penting bagi akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan dalam mengembangkan program pendidikan nonformal yang inklusif, adaptif, dan responsif terhadap tantangan zaman.

Published: 2025-04-30

Articles

View All Issues