MODEL PENGEMBANGAN CERITA UNTUK PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Authors

  • Dian Sudaryuni Kurnia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andoyo Sastromiharjo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vismaia Damaianti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5965

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dengan guru tentang fenomena pengembangan karakter anak melalui media cerita yang tidak sesuai dengan perkembangan anak usia 5-6 tahun. Diasumsikan cerita yang selama ini digunakan guru belum bermuatan karakter. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model cerita untuk penguatan karakter anak usia dini. Fokus karakter dalam cerita yang dikembangkan, yaitu: jujur; peduli lingkungan, dan peduli sosial. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Proses analisisnya, menggunakan analisis deskriptif kualitatif dari hasil observasi terhadap respons guru sebagai pengguna. Adapun Langkahlangkahnya: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Penelitian ini menghasilkan produk berupa 3 judul cerita: Janji Kardosi, Cerita dariSamudera, dan Pipit dan Elang. Kelayakan buku menggunakan 2 kriteria, yaitu kriteria pembelajaran (instructional criteria) dan kriteria penampilan (presentation criteria).Validasi dilakukan oleh akademisi(uji ahli media) dan praktisi di bidang pendidikan anak usia dini. Sementara itu, keterbacaan ketiga judul buku cerita tersebut dilakukan terhadap 6 orang guru TK. Berdasarkan kriteria pembelajaran, buku cerita yang dikembangkan telah memiliki nilai karakter jujur, peduli lingkungan, dan peduli sosial, sedangkan dari kriteria penampilannya (ilustrasi) mampu memperjelas rangkaian cerita, latar, penjiwaan, dan karakter dengan sangat baik. Selain itu, berdasarkan aspek perkembangan anak, buku yang dibuat sudah memiliki tampilan visual lebih dominan gambar dibandingkan teks dan jenis huruf pada buku cerita memiliki tingkat keterbacaan yang baik bagi anak-anak.

References

Adipta, Hendra dkk. 2016. Pemanfaatan

Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, dan

Pengembangan. Volume: 1 Halaman:

”992 (diakses 19 September

.

Akker, J. van den. 1999. Principles and

methods of development research. In

J. van den Akker, N. Nieveen, R.M.

Branch, K.L.Gustafson & T. Plomp

(Eds.), Design methodology and

developmental research in education

and training (pp. 1-14). The

Netherlands: Kluwer Academic

Publishers.

Borg, Walter R & Meredith D Gall,

Educational Research Fourth Edition,

(New York : Longman, 2007).

Davis, RS. 1997. Comics: a

Multidimensional Teaching in

Integrated-Skill Classes. Nagoyama

University: Japan. (Online) diakses 19

September 2020 (http://www.esllab.

com /research/ comics.htm).

Effendi, Bangsa, Yudani. "Perancangan

Buku Cerita Bergambar Dang Gedunai

Untuk anak Usia 4-6 Tahun”. Jurnal

Desain Komunikasi Visual Adiwarna. 1-

, 2013 (online).

Hudiyono. 2012. Membangun Karakter

Siswa Melalui Profesionalisme Guru dan

Gerakan Pramuka. Essensi Erlangga

Grup. Surabaya: Essensi Erlangga Grup.

Lickona T., E. Schaps & C. Lewis. 2003.

CEP's Eleven Principles of Effective

Character Education, Wasington DC:

Character Education Partnership.

Lickona, Thomas, Educating For

Character, How Our Schools Can

Teach Respect and Responsibility

New York: Bantam Books.

Mansoor, C. 1994. Sosiologi Masyarakat

Kota dan Desa. Surabaya: Usaha

Nasional

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori

Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah

Mada University Press.

Putry, Raihan. 2018. Nilai Pendidikan

Karakter Anak di Sekolah Perspektif

Kemendiknas. Gender Equality:

Internasional Journal of Child and

Gender Studies. (Online) diakses 19

September 2020 (https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/equality/articl

e/view/4480/2942).

Rothlein, L & Meinbach, A.M. 1991. The

Literatur Connection. USA: Scott

Foresmen Company.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Group.

Silalahi, MS. 2017. Development Research

(Penelitian Pengembangan) dan

Research & Development (Penelitian &

Pengembangan) Dalam Bidang

Pendidikan/Pembelajaran. (online)

diakses 19 September 2020

(https://www.researchgate.net/publi

cation/325681753).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D Bandung:

Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007.

Metode Penelitian Pendidikan

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suyra, Y. F. 2017. Penggunaan Model

Pembelajaran Pendidikan Karakter

Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61.

Wahyudin, Uyu dan Agustin, Mubiar. 2011.

Penilaian Perkembangan Anak Usia

Dini. Bandung: Refika Aditam

Downloads

Published

2021-10-21

How to Cite

Sudaryuni Kurnia, D., Sastromiharjo, A., Mulyati, Y., & Damaianti, V. (2021). MODEL PENGEMBANGAN CERITA UNTUK PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 87–100. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5965

Issue

Section

Articles