ANALISIS PROBLEMATIKA DAN PENCAPAIAN SISWA DALAM PELAKSANAAN AKM PADA PTM TERBATAS

Authors

  • Fany Lindra Lestari Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193

Keywords:

AKM, Pencapaian Siswa, PTM

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan siswa untuk dapat belajar dan merupakan bentuk penyederhanaan dari Ujian Nasional yang begitu kompleks. Adapun materinya hanya terdiri atas tiga yaitu bahasa (literasi), matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. Didukung pada hasil studi PISA menggatakan  kemampuan  numerasi  peserta  didik  dindonesia masih tergolong rendah. Kemampuan numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan   seseorang   untuk   merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika berbagai konteks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika dan pencapaian siswa dalam pelaksanaan AKM pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas mata pelajaran matematika kelas V SDN 4 Sukajadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pencapaian hasil belajar siswa kelas V dalam menyelesaikan soal berbasis AKM Numerasi pada PTM terbatas berada dalam kategori rendah karena ada di bawah interval nilai ≤ 40% yaitu sebesar 18.45%. Dengan demikian, berdasarkan paparan hasil tes dan wawancara yang dilakukan kepada siswa dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa dalam pelaksanaan AKM pada PTM terbatas masih tergolong rendah.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Lestari, F. L. (2022). ANALISIS PROBLEMATIKA DAN PENCAPAIAN SISWA DALAM PELAKSANAAN AKM PADA PTM TERBATAS. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193