PERANAN KECERDASAN EMOSI DALAM KEBERHASILAN MENGHAFAL AL QUR'AN (STUDI KASUS DI SMP ITA EL MA'MUR BOGOR)

Iffah Hanifah

Abstract


Kecerdasan emosi merupakan salah satu potensi yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Seseorang dikatakan memiliki kecerdasan emosi apabila orang tersebut mampu mengelola emosi dalam dirinya serta mengenali emosi dalam dirinya ataupun orang lain sehingga stabil dan optimal. Begitu juga dengan para siswa yang menghafal al Qur’an, kecerdasan emosi mempunyai peran dalam keberhasilan siswa dalam menghafal. Jika siswa penghafal al Qur’an memiliki kecerdasan emosi yang baik dan mampu mengatur emosi maka hal tersebut dapat mendukung keberhasilan hafalannya. Namun lain halnya jika siswa yang tidak mampu mengelola emosi, maka hal tersebut dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam menghafal ataupun hafalan tidak selesai tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kecerdasan emosi siswa di SMP ITA el Ma’mur, 2) Mengetahui keberhasilan menghafal al Qur’an siswa di SMP ITA el Ma’mur, 3) Mengetahui peranan kecerdasan emosi dalam keberhasilan menghafal al Qur’an siswa di SMP ITA el Ma’mur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas VIII yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sample (Teknik Sampel Jenuh) karena populasi penelitian kurang dari 100 maka populasi digunakan semua untuk sampel. Hasil penelitian melalui uji korelasi dengan rumus korelasi pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan keberhasilan menghafal al Qur’an. Dalam uji tersebut menunjukkan nilai korelasi variabel X dan Y sebesar 0,775 apabila dilihat dari tabel interpretasi nilai yang diperoleh yaitu 0,775 terletak antara interval 0,70-0,90 sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan keberhasilan menghafal al Qur’an siswa yang bersifat kuat.


Keywords


Kecerdasan Emosi; Keberhasilan Menghafal Al Qur'an

Full Text:

PDF

References


Al Qaththan, Syaikh Manna’. (2009). Pengantar Studi Ilmu Al Qur’an. Diterjemahkan oleh: Aunur Rafiq El Mazni, Jakarta Timur: Pustaka Al Kautsar.

Wahid, Alawiyah, Wiwi. (2015). Panduan Menghafal Al Qur’an Super Kilat, Yogyakarta: Flash Books.

Goleman, Daniel. 1999. (2020). Working with Emotional Intelligence Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Diterjemahkan oleh: Alex Tri Kantjono Widodo, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Agustian, Ary. (2001). Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Penerbit Arga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru. (2007). Jakarta Barat: Pustaka Phoenix.

Yunus, Mahmud. (2010). Kamus Arab Indonesia, Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah.

Rakhmat, Jalaluddin. (2016). Psikologi Komunikasi, Penerbit Rosda.

Hude, Darwis, M. (2006). Emosi, Penjelajahan Religio-Psikologis tentang Emosi Manusia di dalam Al Qur’an, Jakarta:Penerbit Erlangga.

Rahman, Taufiqur. (2018). Jangan Sukses Tanpa Al Qur’an, Bogor: Arabasta Media.

Herry, Amali, Bahirul. (2012). Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al Qur’an, Yogyakarta: ProYou.

Al Hafidz, Ahsin W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal Al Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara.

Qomariyah, Nurul dan Irsyad, M. (2019). Agar Anak “Zaman Now” Bisa Hafal AL Qur’an, Yogyakarta: Semesta Hikmah Publishing.

Muhammad, Sakho, Ahsin. (2017). Menghafalkan Al Qur’an, Jakarta: Penerbit Qaf.

Ammar, Abu & Al Adnani, Fatiah, Abu. (2015). Negeri-Negeri Penghafal Al Qur’an, Solo: Al Wafi Publishing.

Hasbi, Ridwan & Arifin, Johar. (2020). 39 Hadits Tunjuk Ajar Melayu. Yogyakarta: Penerbit Kalimedia.

Masruroh, Anisatul. (2014). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6, No.1.

Amaliyah. (2017). Hubungan Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa SD Muhammadiyahh 29 Sunggal Deli Serdang, Jurnal Ansiru, Nomor 1 Volume 1.

Chaplin, J.P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Diterjemahkan oleh: Kartini Kartono, Jakarta Utara: PT RajaGrafindo Persada.

Az Zahrani, bin Said, Musfir. (2005). Konseling Terapi, Diterjemahkan: Sari Nurulita & Miftahul Jannah, Depok: Gema Insani.

Mustafidah, Hindayati & Suwarsito. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian, Purwokerto: UM Purwokerto Press

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpg.v3i2.6909

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Iffah Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPG: Jurnal Pendidikan Guru Indexed by: