Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Krea-TIF?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Penulis harus menyerahkan naskah versi asli atau versi modifikasi perpanjangan dari makalah yang diterbitkan sebelumnya dalam konferensi dan atau jurnal. Penulis diharapkan sebelum mengirimkan naskah memastikan bahwa naskah Anda menggunakan format penulisan. Format penulisan berdasarkan Format Jurnal KREA-TIF beserta gaya penulisan (dapat diunduh Journal Template) dan digunakan sebagai template untuk penyerahan naskah awal dalam .doc atau .docx. Gunakan alat seperti Mendeley, Zotero atau EndNote untuk manajemen referensi dan pemformatan, dan pilih gaya Vancouver. Ini akan memastikan pemrosesan dan publikasi yang cepat. Makalah apa pun yang tidak memenuhi persyaratan berdasarkan pedoman kepada penulis tidak akan diproses.

 

Petunjuk Umum

Naskah artikel ditulis pada kertas A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan minimum 8 halaman. Penulisan artikel menggunakan huruf Times New Roman, berukuran 12 pts, dengan margin atas 3 cm, margin bawah 2.5 cm, margin kiri 3 cm dan margin kanan berukuran 2.5 cm. Naskah artikel dibuat dengan menggunaka Microsoft Word dengan jarak satu spasi. Naskah artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia. Untuk tata letak (lay out) artikel silahkan mengikuti template.

Petunjuk Penulisan

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Times New Roman Italic 12 point, diketik satu spasi, dan dicetak miring (italic). Isi abstrak harus
mencakup latar belakang permasalahantujuan & manfaat penelitianmetode / cara pemecahanpembahasan dan
hasil yang diperoleh serta kesimpulan. Isi dari abstrak tidak lebih dari 250 kata

1. PENDAHULUAN

Pendahuluan harus mencakup beberapa hal, yaitu : 1) latar belakang permasalahan. Pentingnya penelitian untuk dilakukan harus dikemukakan. 2) Review studi terdahulu. Jelaskan penelitian-penelitian terdahulu yang terkait dengan penelitian saat ini, kemudian kemukakan posisi dan pembeda penelitian yang dilakukan saat ini dengan penelitian terdahulu. 3) Tujuan dan manfaat dari penelitian. Tidak ada sub bab dalam pendahuluan.

2. METODE

Minimal, isi dari metode harus mencakup beberapa hal, yaitu : 1) Objek penelitian. Deskripsikan mengenai objek penelitian. Jelaskan perolehan data penelitian. 2) Perlakuan pada objek penelitian. Kemukakan variabel tetap dan peubah dari penelitian, variasi -variasi apa yang dilakukan dalam penelitian. 3) Metode / cara pemecahan beserta prosedur yang digunakan untuk meneliti. Kemukakan apakah metode tersebut telah banyak digunakan atau metode terbaru beserta kelebihan dan kekurangan metode. 4) Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian. Jelaskan alat dan bahan utama yang digunakan. Tidak perlu menjelaskan secara terperinci.

3. HASIL DAN PEMBAHASAN

Isi dari Hasil dan Pembahasan berupa hasil dari penelitian beserta pembahasannya. Pada bab ini tidak diperbolehkan hanya menampilkan data hasil penelitian tanpa pembahasan. Isi dari pembahasan, dapat pula dibandingkan dengan data hasil penelitian dari peneliti lain. Kemukakan apakah hasil penelitian sejalan  dengan teori yang ada atau dengan penelitian lain yang sejenis. Dampak dari perubahan variabel yang telah dikemukakan di Bab Metode juga harus dijelaskan beserta alasan ilmiahnya.

Tabel

Penulisan tabel dimulai dari 1 hingga selesai dan tidak dikaitkan dengan Bab atau Sub bab. Misal Tabel 1. Dan bukan Tabel 3.1. Nama judul tabel ditulis dengan huruf kapital di awal kata. Posisi tabel beserta judul tabel center, dan berada di atas tabel tersebut.

Tabel dibuat dengan garis mendatar tanpa garis tegak. Tabel dibuat tanpa warna. Label tabel menggunakan cetak tebal (Bold). Jika tabel cukup lebar, maka tabel boleh dijadikan 1 kolom. Tabel harus “in line with text”, tidak boleh berada di atas teks. Sehingga bila ada editing artikel, seperti menekan enter, maka tabel ikut berubah. Untuk merujuk tabel, jangan menggunakan kata “di atas”, (misal : “pada tabel di atas”), akan tetapi langsung merujuk ke nama tabel, (misal : “pada Tabel 1”). Contoh tabel dapat dilihat di template

Gambar dan Grafik

Gambar dan grafik harus ditampilkan dengan jelas dan tidak buram. Posisi tersebut harus berada di “center” dan “in line with text”. Penomoran gambar dimulai dari 1 hingga selesai dan tidak dikaitkan dengan Bab atau Sub bab. Judul gambar berada tepat di bawah gambar. Nama judul gambar ditulis dengan huruf kapital di awal kata dan tebal. Untuk merujuk gambar, jangan menggunakan kata “di atas”, (misal : “pada gambar di atas”), akan tetapi langsung merujuk ke nama gambar, (misal : “pada Gambar 1”). Contoh gambar dapat dilihat di template.

Persamaan Matematika

Persamaan ditulis dengan menggunakan bantuan equation editor pada Microsoft Word. Persamaan matematika ditulis dalam tabel dengan 2 kolom tanpa border. Kolom pertama untuk penulisan persamaan matematika. Posisi persamaan berada pada tengah kolom (center). Kolom kedua untuk penulisan nomor persamaan. Nomor persamaan dimulai dari 1 hingga selesai tanpa dikaitkan dengan Bab atau Sub bab. Nomor persamaan berada di dalam tanda kurung, misal : (1) dan berada pada rata kanan (Align Right). Penjelasan simbol persamaan dijelaskan dalam paragraf, tidak diperkenankan menurun kebawah. Contoh penulisan persamaan matematika beserta penjelasan symbol dapat dilihat di template.

4. KESIMPULAN

Kesimpulan harus menjawab tujuan dari penelitian. Hidari penomoran (bullet and numbering) pada kesimpulan. Jika memang benar - benar dibutuhkan, penomoran harus dilakukan secara mendatar seperti berikut : 1) Isi nomor satu. 2) Isi nomor dua. 3) Isi nomor tiga. Tidak ada sub bab dalam kesimpulan.

UCAPAN TERIMA KASIH

Jika diperlukan silahkan kemukakan ucapan terima kasih kepada orang / instritusi yang membantu penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Semua rujukan yang di acu dalam artikel harus terdaftar dalam daftar pustaka dengan jumlah minimal rujukan / sitasi dalam setiap artikel 10 acuan. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah) diterbitkan paling lama 5 (lima) tahun terakhir.

Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya Mendeley, EndNote dan Zotero dengan format IEEE (numbering). Tidak disarankan menulis manual. Daftar pustaka ditulis dengan huruf Times New Roman 12. Contoh penulisan rujukan (sitasi) dan daftar pustaka adalah sebagai berikut.

Untuk buku  [1], chapter buku [2], artikel jurnal online / e-journal [3-4], artikel konferensi [5].

 

[1]   O. M. Faltinsen, Hydrodynamics of High-Speed Marine Vehicle, Cambridge: Cambridge University Press, 2005.

[2]   W. S. Vorus, "Vibration," in Principle of Naval Architecture Series, Jersey City, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, 2010

[3]   H. Hashimoto, S. Yoneda, Y. Tahara and E. Kobayashi, "CFD-Based Study on the Prediction of Wave-Induced Surge Force," Ocean Engineering, vol. 120, pp. 389-397, 2016.

[4]   M. Iqbal and G. Rindo, "Pengaruh Anti-Slamming Bulbous Bow Terhadap Gerakan Slamming Pada Kapal Perintis 200 DWT," KAPAL, vol. 13, no. 1, pp. 45-54, 2016. [Online]. DOI: 10.12777/kpl.13.1.45-54 [Diakses 9 Februari 2017].

[5]   M. Iqbal and I. K. A. P. Utama, "An Investigation into the Effect of Water Depth on the Resistance Components of Trimaran Configuration," in The 9 th International Conference on Marine Technology, Surabaya, 2014.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

 

  • Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
  • Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
  • Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.