Implementasi Data Center Untuk Penempatan Host Server Berbasis Private Cloud Computing

Penulis

  • Yuggo Afrianto Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ade Hendri Hendrawan Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2031

Kata Kunci:

Infrastructure as a Service (IaaS), NDLC, Private Cloud Computing, Usability Testing, Virtualisasi

Abstrak

private cloud computing dengan layanan Infrastructure as a Service (IaaS), yaitu tentang  layanan sumber daya komputasi yang di virtualisasikan pada kampus Universitas Ibn khaldun Bogor (UIKA)  dengan tujuan penggunan sumber daya komputasi tak terbatas sesuai dengan kebutuhan atau selalu bertambah sesuai dengan kebutuhan, pengguna dapat dengan mudah merubah dan merekonfigurasi sumber daya yang dikuasinya, sekaligus menjadi salah satu cara penghematan biaya penyedian sumber daya hardware server. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan penempatan host server yang ada saat ini secara fisik menjadi berbasis virtualisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Network Development Life Cycle (NDLC) sebagai langkah-langkah dalam mendesain proses implementasi dan analisis. Hasil penelitian ini  adalah simtem layanan private cloud computing berbasis IaaS di data center kampus Universitas ibn khaldun (UIKA), dapat diterapkan menggunakan metode hypervisor native bare metal dan aplikasi proxmox. Hasil pengujian menyatakan bahwa data center berbasis IaaS secara sumber daya dapat menghemat, mengoptimalkan, dan pengelolaan sumberdaya dari kebutuhan layanan sistem infomasi yang harus di sediakan kampus UIKA. Berdasarkan uji usability menunjukkan aplikasi proxmox telah sesuai dengan kebutuhan manajemen yang ada pada administrator IT  kampus UIKA, yang memenuhi aspek Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction.

Referensi

A. Kovari and P. Dukan, “KVM OpenVZ virtualization based IaaS open source cloud virtualization platforms: OpenNode, Proxmox VE,” in 2012 IEEE 10th Jubilee International Symposium on Intelligent Systems and Informatics, 2012, pp. 335–339.

W. AHMED, MASTERING PROXMOX - THIRD EDITION. Place of publication not identified: PACKT Publishing Limited, 2017.

“Kim, Hyojoon, and Nick Feamster. ‘Improving network management with software defined networking.’ IEEE Communications Magazine 51.2 (2013): 114-119.”

“Goldman, James E., and Phillip T. Rawles. ‘The Network Development Life Cycle.’ (2004).”

“Sastramihardja, H., I. N. Hapsari, and I. A. Neri. ‘Pengukuran Usability Dengan Sarana Task Model Dalam User Center Software Development.’ Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi 13.2 (2008).”

Unduhan

Diterbitkan

2019-05-16

Cara Mengutip

Afrianto, Y., & Hendrawan, A. H. (2019). Implementasi Data Center Untuk Penempatan Host Server Berbasis Private Cloud Computing. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 50–59. https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2031

Terbitan

Bagian

Articles