Pengembangan Sistem Pembuatan Surat Izin Praktek Dokter Hewan Jasa Medik Veteriner

Penulis

  • Freza Riana Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Fitrah Satrya Fajar Kusumah Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2035

Kata Kunci:

Sistem, Surat Perizinan, Veteriner,

Abstrak

Direktorat Kesehatan Hewan (Keswan) mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur, serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi bidang kesehatan hewan. Dengan adanya perkembangan pelayanan jasa medik veteriner, ilmu pengetahuan dan teknologi serta untuk melaksanakan ketentuan Pasal 75 Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun tentang Otoritas Veteriner. Selain itu, sejalan dengan Instruksi Presiden RI Nomor 03/2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government merupakan landasan yang baik untuk meningkatkan layanan publik yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Pengembangan sistem aplikasi pengajuan izin pada subdit Kelembagaan dan Sumber Daya Kesehatan Hewan menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) yang menggabungkan metode Waterfall dan Rapid Application Development (RAD). Arsitektur basisdata menggunakan konsep model perusahaan (enterprise model concept) yang mampu mengadopsi perubahan (scalability) dengan model arsitektur klien-server 3-lapisan (Three-tier Client-Server Archiecture). Sasaran pengembangan sistem pengajuan izin pelayanan jasa medik veteriner Tahun, antara lain mempermudah dan mempercepat proses pengajuan SIP, mempermudah penyimpanan, pengolahan, pemanggilan dan pengintegrasian data yang dimiliki oleh Subdit Kelembagaan dan Sumber Daya Kesehatan Hewan Direktorat Keswan. menyiapkan kerangka untuk pengembangan sistem pengajuan izin pelayanan jasa medik veteriner yang handal sesuai kebutuhan.

Biografi Penulis

Freza Riana, Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Teknik Informatika

Fitrah Satrya Fajar Kusumah, Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Teknik Informatika

Referensi

Chandira R.M., Bhowmik D, Yadav R., Jayakar B. and Kumar K.P.S. 2012. Formulation and Evaluation The Oral Tablets Ibuprofen. The Pharma Inovation, 1 (9), 32–43.

Vercellis. 2009. Data Warehousing, in Business Intelligence. onlinelibrary.wiley.com.

Sutabri, T. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.

Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. 2003.

Bodnar, George H and William S Hopwood, 2006. Sistem Informasi Akuntansi, Penerbit ANDI, Yogyakarta

A. Hall, James. 2009. Sistem Informasi Akuntansi, (Terjemahan Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary). Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

R. S. Pressman. Software Enggineering A practioner’s Approach Fifth Edition. MC Graw Hill. 2001.

Unduhan

Diterbitkan

2019-05-16

Cara Mengutip

Riana, F., & Kusumah, F. S. F. (2019). Pengembangan Sistem Pembuatan Surat Izin Praktek Dokter Hewan Jasa Medik Veteriner. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2035

Terbitan

Bagian

Articles