Rancang Bangun Sistem Pariwisata Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Berbasis Web

Penulis

  • Safaruddin Hidayat Al Ikhsan Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Fety Fatimah Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nia Ulfah Fitriyani Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2046

Kata Kunci:

Sistem Pariwisata, Nanggung, Wisata Bogor, Waterfall, BlackBox

Abstrak

Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting di Indonesia. Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata yang cukup banyak. Perkembangan teknologi internet memungkinkan adanya perluasan informasi tidak hanya secara lokal, tetapi secara nasional dan internasional. Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem informasi pariwisata berbasis web sebagai media informasi terkait daerah wisata di Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor. Sumber data primer pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan tokoh masyarakat setempat dan observasi langsung di lokasi wisata, sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor. Data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, jumlah wisata di Kecamatan Nanggung adalah 15 buah, sedangkan hasil observasi di lapangan menunjukkan adanya penambahan jumlah objek wisata menjadi 21 buah. Tahapan penelitian ini mengadopsi Model Waterfall yang terdiri dari: analisis, desain, pembuatan sistem, dan pengujian. Perancangan dilakukan dengan membuat diagram konteks, DFD dan struktur database. Hasil pembuatan sistem pariwisata berbasis web ini yang utama adalah halaman list pariwisata beserta detailnya serta halaman peta lokasi wisata pada bagian front-end. Sedangkan pada bagian back-end sistem terdiri dari form login dan modul untuk pengelolaan data seperti: modul pengelolaan profil wisata, pengelolaan koordinat lokasi wisata, dan pengelolaan profil sistem. Hasil pengujian fungsionalitas sistem pariwisata dengan Metode BlackBox menunjukkan bahwa semua modul yang dibangun dapat berfungsi dengan baik.

Referensi

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2003.

R. S. Pressman and B. R. Maxim, Software engineering: a practitioner’s approach. New York: McGraw-Hill Education, 2014.

J. Hm, Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Yogyakarta: ANDI, 2017.

A. Nugroho, “Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data,” Yogyakarta: Andi, 2011.

W. Komputer, Panduan Belajar MySQL Database Server. MediaKita, 2010.

S. Nidhra, “Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review,” International Journal of Embedded Systems and Applications, vol. 2, pp. 29–50, Jun. 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2019-05-16

Cara Mengutip

Ikhsan, S. H. A., Fatimah, F., & Fitriyani, N. U. (2019). Rancang Bangun Sistem Pariwisata Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Berbasis Web. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 39–49. https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2046

Terbitan

Bagian

Articles