Aplikasi Pelayanan Departemen Teknologi Informasi Dompet Dhuafa Pendidikan Berbasis Web

Jejen Jaenudin, Muhamad Fikri Andriansyah, Sahid Hudjimartsu

Sari


Abstraks

Departemen TI di dompet dhuafa pendidikan menggunakan sistem konvensional pada proses penerimaan layanan service-nya. Proses penerimaan layanan tersebut dilakukan dengan cara mengisi form layanan dan diajukan serta disimpan pada tempat penerimaan layanan yang berada di departemen TI. Pada sistem tersebut, masih menggunakan form yang tercetak dan seringkali adanya permintaan layanan yang terlewat dan tidak sesuai dengan urutan antriannya. Pada penelitian ini dirancang suatu aplikasi yang mampu melayani proses permintaan layanan service yang terkomputerisasi sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Aplikasi dibangun menggunakan model waterfall dalam pengembangan aplikasi maupun rancangannya. Aplikasi ini memiliki fungsi diantaranya permintaan layanan TI, serta status layanan untuk memudahkan user mengetahui sejauh mana proses pengerjaan layanannya tersebut. Hasil dari analisis sistem diperoleh suatu website pelayanan service yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, struktur perangkat lunak sistem yang telah dibuat berupa diagram UML (Unified Modelling Language), yaitu: use case diagram, Activity diagram, Sequence diagram. Selain diagram tersebut juga terdapat struktur database, pengembangan antar muka website pelayanan service TI berupa user interface.

Abstract

IT Department of Dompet Dhuafa education uses a conventional system for admission services. Admission service procedure by filling the form and submit it to the admission service office in the IT Department. That procedure still uses the printed form and often does not appropriate admission services procedure queues. This research designs an application can adequate admission services procedure that computerized as a problem-solving. The application has been developed by the waterfall model system in its development and design. The application has a function for requested IT services and services status to make it easier for users to monitor service progress status. The results of the system analysis obtained a service website that suits user needs, the structure of the system software that has been made in the form of UML (Unified Modeling Language) diagrams, namely: use case diagrams, Activity diagrams, Sequence diagrams. In addition to the diagram there is also a database structure, the development of an IT service website interface in the form of a user interface.


Kata Kunci


Departemen TI; layanan service; waterfall

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaanm Implementasi dan Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta, 2002.

Kadir, Abdul. Pemrograman WEB Mencakup: HTML, CSS, JavaScript & PHP, Andi, Yogyakarta, 2005.

Sidik, Betha. Pemrograman WEB dengan PHP, Informatika , Bandung, 2006

Ryanto, Slamet. Membuat Web Portal Multi Bahasa Jomla 1.5X + CD, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 2009.

Dominikus Juju & Matamaya Studio, Seri Penuntun Praktis Join Multiply, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/kreatif.v6i1.2181

Article Metrics

Sari view : 48 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats