Aplikasi Android Sebaran Lokasi UMKM di Kota Bogor Dengan Formula Haversine

Safaruddin Hidayat Al Ikhsan, Fety Fatimah, Riyan Saputra Irawan

Sari


Saat ini banyak bermunculan beragam usaha mikro di berbagai wilayah di Indonesia, tidak terkecuali di Kota Bogor. Pada umumnya, usaha mikro ini berlokasi di lingkungan padat penduduk atau industri rumahan, sehingga keberadaan lokasi usaha mikro tersebut menjadi kurang diketahui masyarakat luas. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengetahui jasa apa saja yang ada di sekitarnya sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Metode Location Based Services (LBS) dan Formula Haversine dalam pembuatan aplikasi sebaran lokasi jasa UMKM berbasis Android. Metode LBS digunakan untuk menentukan lokasi pengguna aplikasi dengan memanfaatkan teknologi GPS pada smartphone, sedangkan Formula Haversine digunakan untuk mengukur jarak pengguna aplikasi terhadap lokasi suatu jasa. Tahapan yang dilaksanakan pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data baik, analisis yang meliputi, perancangan, pembuatan program aplikasi, dan pengujian terhadap operasionalitas aplikasi yang dilakukan dengan Metode Black Box. Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan dari hasil observasi terhadap beberapa sampel jasa UMKM yang ada di Kota Bogor. Hasil dari penelitian ini sebuah aplikasi sebaran lokasi jasa UMKM di Kota Bogor berbasis Android yang dapat dipergunakan oleh masyarakat sebagai pengguna aplikasi untuk melihat sebaran lokasi jasa di sekitarnya di Kota Bogor.

Kata Kunci


Usaha Mikro; UMKM; Android; LBS; Haversine

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


I. Bank, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta, 2015.

S. H. Al-Ikhsan, P. Eosina, and I. S. Pratama, “APLIKASI MONITORING JALAN RUSAK KOTA BOGOR BERBASIS ANDROID MENGUNAKAN GEOTAGGING (STUDI KASUS: DINAS BINAMARGA KOTA BOGOR),” KREA-TIF, vol. 3, no. 2, p. 51, Nov. 2015.

I. Faundra, R. Kridalukmana, and I. Pertiwi, “Aplikasi Pencari Lokasi Ukm Di Tembalang Menggunakan Location Based Service,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 4, p. 518, Nov. 2016.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, “Pengantar Unified Modeling Language (UML),” Ilmu Komputer, pp. 1–13, 2003.

A. Satyaputra, E. M. Aritonang, and S. Kom, Lets Build Your Android Apps with Android Studio. Elex Media Komputindo, 2016.

Y. Yulianto, R. Ramadiani, and A. harsa kridalaksana, “Penerapan Formula Haversine Pada Sistem Informasi Geografis Pencarian Jarak Terdekat Lokasi Lapangan Futsal,” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 13, p. 14, Feb. 2018.

S. Nidhra, “Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review,” International Journal of Embedded Systems and Applications, vol. 2, pp. 29–50, Jun. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/kreatif.v7i2.2654

Article Metrics

Sari view : 63 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats