Pemanfaatan Aplikasi OBS Studio Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7472Abstract
Perkembangan teknologi menghadirkan beragam inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya sebagai media penunjang pembelajaran. Teknologi juga berperan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi individu. Pentingnya komunikasi agar penyampaian pesan antar individu dapat tersampaikan dengan baik. Komunikasi juga diperlukan dalam proses pembelajaran agar ilmu pengetahuan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik. Pembelajaran seyogiayanya didukung oleh media penunjang agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran yang sesuai untuk mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam adalah media penyiaran dengan memanfaatkan aplikasi Open Broadcaster Software (OBS) Studio. Aplikasi OBS Studio adalah salah aplikasi media komunikasi yang dapat menyiarkan program baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan penelitian adalah melihat pemanfaatan aplikasi OBS Studio untuk mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Partisipan penelitian adalah 4 orang mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi OBS Studio bermanfaat sebagai penunjang pembelajaran mahasiswa khususnya mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam sebagai media pembelajaran komunikasi dibidang penyiaran.
Kata kunci : Komunikasi; Media Pembelajaran; Open Broadcaster Software Studio.
References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Basyir, M., Hardi, S., Syahroni, M., Fauziah, A., Abubakar, S., & Yunus, Y. (2021). Pembuatan Modul Belajar Online Dengan OBS Studio. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhoksumawe, 5(1).
Effendy, O. U. (2018). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fathurohman, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Melalui Live Streaming Youtube Berbasis Open Broadcast Software dan Whatsapp di Era Pandemi Covid 19. 6(2), 668–675.
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21.
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Jamalludin, J. (2016). Manfaat Media Komunikasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal UM Palembang, 1(1), 14–26.
Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26. Retrieved from https://core.ac.uk/reader/230377630
Lisiswanti, R., Saputra, O., & Windarti, I. (2015). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Kesehatan, VI(1), 102–105.
Masran. (2014). Kompetensi Keilmuan dan Bidang pekerjaan Alumni Perguruan Tinggi. Al-Hikmah, 8(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v8i1.66
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Nurwahidah, C. D., Zaharah, & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Qorib, Abdul, Hamid, A., Salehuddin, M., & Wahyudi, W. E. (2021). Developing Interactive Learning Media Using OBS to Create Video Lecturer for "Preaching Islamic Hospitality.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–69.
Qorib, Ahmad, & Zaniyati, H. S. (2021). Penggunaan Open Broadcast Software Studio Dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi. SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syichona Moh. Cholil Bangkalan, 12(1), 87–98.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |