Implementasi Augmented Reality di TK Papua Harapan

Authors

  • Jenifer Margareth Supriyadi Cenderawasih University
  • . Supiyanto Cenderawasih University
  • Mingsep Rante Sampebua Cenderawasih Univeristy
  • Remuz Maurenz Bertho Kmurawak Cenderawasih Univeristy

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.6719

Keywords:

Augmented Reality. Enchanted Forest, Marker-based tracking, Android

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan salah satu terobosan baru dunia yang dapat diadaptasikan ke dalam berbagai bidang. Pendidikan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Enchanted Forest Augmented Reality (AR) Berbasis Android, yang diterapkan di sekolah Papua Harapan Sentani, dalam aplikasi ini terdapat fitur Marker based tracking, quiz, serta beberapa aktivitas lainnya yang dapat menolong siswa untuk memahami materi pembelajaran tentang hewan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua murid serta guru setuju bahwa AR mendorong siswa belajar lebih baik dan terbantu dengan adanya aplikasi ini.

References

Adya, G. N. (2014). Perancangan DVD Film Animasi Pendek 2D "The Paijo” Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Teknik Dasar Menghafal Cepat Untuk Anak-Anak”. Institut Seni Indonesia.

Aldi, A., Anugraha, D. M., Prakoso, G., Erdiham, K. N., & Priyana, R. (2017). Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis Android. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(1), 1. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i1.1312

APJII. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2017. Teknopreneur, 2018(31 August 2018), Hasil Survey.

Badan Pusat Statistik. (2019). Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi. bps.go.id

Bistaman, I. N. M., Idrus, S. Z. S., & Rashid, S. A. (2018). Augmented Reality Technology for Primary School Education in Perlis, Malaysia. Journal of Physics: Conference Series, 1019(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1019/1/012064

Fitriyadi, H. (2015). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255

Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29.

Irfansyah, J. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Journal Information Engineering and Educational Technology, 1(1).

Kmurawak, R. M. B., & Setyaningsih, D. (2020). Use Augmented Reality As A Learning Media In Early Childhood Education Solideo Perumnas I Jayapura. Early Childhood Research Journal, 02(1), 1–5. https://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj/article/view/10544/5870

Maesaroh, S. (2013). PEranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://media.neliti.com/media/publications/104663-ID-peranan-metode-pembelajaran-terhadap-min.pdf

Noor, I. F., Tolle, H., & Wardhono, W. S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pemilihan Sepatu Berdasarkan Ukuran Kaki Pengguna. 2(4), 1675–1682.

Rusliyawati, Wantoro, A., & Nurmansyah, A. (2020). Penerapan Augmented Reality ( AR ) Dengan Kombinasi Teknik Marker Untuk Visualisasi Model Rumah Pada Perum Pramuka Garden Residence. Jurnal TEKNOINFO, 14(2), 95–99.

Satria, B., & Prihandoko. (2018). Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Aplikasi Bangun. SEBATIK STMIK WICIDA, 1–5.

Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Sd. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Setyawan, R. A., & Dzikri, A. (2016). Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengan. SIMETRIS, 7(1), 295–304.

Sinduningrum, E., Rosalina, R., & Hilda, A. M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 8(1), 142. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3151

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur & Berorientasi Objek). Informatika.

Wulandari, R., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Augmented Reality Untuk Memfasilitasi Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan

Downloads

Published

12-07-2022

How to Cite

Supriyadi, J. M., Supiyanto, ., Sampebua, M. R., & Kmurawak, R. M. B. (2022). Implementasi Augmented Reality di TK Papua Harapan. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 217–228. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.6719

Issue

Section

Artikel