Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi E-Modul Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII

Authors

  • Shinta Nurfirdausi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Rukajat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Khalid Ramdhani Univeritas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7790

Keywords:

Aplikasi E-Modul, Pengembangan media, PAI.

Abstract

Kondisi saat ini proses pembelajaran pada tiap-tiap daerah berbeda dilihat melalui tingkat penyebaran virus covid 19, beradasarkan aturan pemerintah, sekolah yang ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka harus memenuhi beberapa syarat. Salah satu dampak yang dimunculkan dalam tatap muka 50% siswa ialah kurang efektifnya waktu pembelajaran disekolah. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran berbasis aplikasi e-modul untuk mempermudah siswa belajar secara mandiri dan menumbuhkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi e-modul mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti Kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Resecarch dan Development) dengan  model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).  Penelitian ini dibatasi sampai tahap implementasi uji kelayakan validasi materi dan validasi media yang diukur menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi e-modul pendidikan agama Islam dan budi pekerti berdasarkan uji kelayakan ahli materi memperoleh presentase 87% lalu selanjutnya uji kelayakan ahli media memperoleh presentase 83%. dari hasil uji kelayakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di SMPN 1 Karawang Timur.

References

Ahmadi, R. (2014). Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Anggraini, N., & Nurzaelani, M. M. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SDN GUNUNG GEDE KOTA BOGOR. 5(1), 12.

Aryawan, R., & Sudatha, I. G. W. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA. 6, 12.

Baharrudin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakam, A., Fadhil, A., & Nurpratiwi, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID ‘BERSALAM' DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI. 11(1), 9.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Hosela, A. F., & Listiadi, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berorientasi Drill and Practice Penunjang Blended Learning Mata Pelajaran Komputer Akuntansi. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4969

Ricu Sidiq & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabetas CV.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syafi'i, N. I. M. N., & Mariono, A. (2022). Pengembangan Media E-Modul Untuk Materi Pendapatan Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya. 12(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/44337

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563

Uska, M. Z., Wirasasmita, R. H., Pathoni, B., & Kholisho, Y. N. (2022). APLIKASI BELAJAR ASIK BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 7(2), 10.

Vidianti, A., Wijaya, J. E., Okta, J., & Sari, K. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODULE PADA MATA DIKLAT SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X SMK. 9(1), 7.

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Downloads

Published

23-07-2022

How to Cite

Nurfirdausi, S., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi E-Modul Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 249–259. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7790

Issue

Section

Artikel