Pengelolaan Lembaga PAUD Bimba AIUEO Di Kelurahan Pondok Petir Kecamatan Bojongsari Depok

Authors

  • amelia ramadhanti pendidikan masyarakat, universitas singaperbangsa karawang

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.8186

Keywords:

biMBA, PAUD, Pengelolaan.

Abstract

Pengelolaan sama halnya dengan manajemen yang dimana adannya proses membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan dengan mengambil manfaat dari ilmu ataupun seninya supaya bisa menyelesaikan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pengelolaan yang baik dalam suatu lembaga pendidikan nonformal akan sangat berpengaruh terhadap input, proses dan output dalam lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian serta pengawasan biMBA AIUEO Pamulang Elok. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yang diambil dalam penelitian ini ialah pengelola atau kepala unit serta pendidik di biMBA AIUEO. Hasil penelitian menunjukan perencanaan biMBA AIUEO Pamulang Elok sebelum memulai pembelajaran biMBA juga memiliki persiapan yaitu berdoa sebelum belajar dan dilanjut dengan bernyanyi. Pengorganisasian biMBA AIUEO Pamulang Elok Semua pendidik ataupun tenaga kependidikaan yang ada di biMBA AIUEO sudah memenuhi kualifikasi dalam menjalankan program pembelajaran, pelaksanaan biMBA AIUEO Pamulang Elok metode pembelajaran yang digunakan dalam bimba yaitu Fun learning, small step system, dan individual system dengan waktu pembelajaran selama 1 jam per sesi, pengawasan biMBA AIUEO Pamulang Elok sudah melakukan control program secara teratur.

References

Ahmad, Ahmad. (2022). Standar Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal Dari Perspektif Akreditasi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 42–49.

Djamarah. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahmi, Irham. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Meriza, Iin. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 37–46.

Mini, Rus. (2017). Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Karakter dan Attitude. Nur El-Islam, 4(2), 79–96.

Moleong, Lexy J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

No, Undang Undang. (20M). Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Sinar Grafika.

R.Terry, George. (2006). Prinsip- Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). 2016.Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.

Sutarno NS. (2004). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Samitra Media Utama.

Suyadi. (2014). Teori pembelajaran anak usia dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syafalevi, D. (2011). Perencanaan Pembangunan Melalui Musrenbang Di Desa Arangkaa Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud.

Wijaya, Etistika Yuni, Sudjimat, Dwi Agus, Nyoto, Amat, & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.

Yahya, Fata Asyrofi. (2015). Problem manajemen pesantren, sekolah dan madrasah: problem mutu dan kualitas input-proses-output. el-Tarbawi, 8(1), 93–109.

Yusrizal, Muhammad, Sutriono, Sutriono, & Rahmawati, Nanik. (2022). Antologi Lentera Literasi Pustakawan. Buku Langka Indonesia.

Downloads

Published

11-01-2023

How to Cite

ramadhanti, amelia. (2023). Pengelolaan Lembaga PAUD Bimba AIUEO Di Kelurahan Pondok Petir Kecamatan Bojongsari Depok. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.8186

Issue

Section

Artikel