PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v2i1.1035Abstrak
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP”. Masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Jenis Penelitian yang digunakan berbentuk True Eksperimental Design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan sebesar = 0,05, diperoleh thitung > ttabel (2,09 > 1,68), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 11 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Rata-rata skor kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diberi perlakuan di kelas eksperimen sebesar 29,24 dan kelas kontrol sebesar 25,64.Unduhan
Diterbitkan
2017-02-01
Cara Mengutip
Mulyono, D., Wahyuni, R., & ., M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP. EDUCATE, 2(1). https://doi.org/10.32832/educate.v2i1.1035
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
| Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |





