PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

Penulis

  • Dodik Mulyono
  • Reny Wahyuni
  • Malia .

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v2i1.1035

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP”. Masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Jenis Penelitian yang digunakan berbentuk True Eksperimental Design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan sebesar = 0,05, diperoleh thitung > ttabel (2,09 > 1,68), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 11 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Rata-rata skor kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diberi perlakuan di kelas eksperimen sebesar 29,24 dan kelas kontrol sebesar 25,64.

Diterbitkan

2017-02-01

Cara Mengutip

Mulyono, D., Wahyuni, R., & ., M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP. EDUCATE, 2(1). https://doi.org/10.32832/educate.v2i1.1035

Terbitan

Bagian

Artikel