Hubungan Antara Budaya Belajar Dan Persepsi Peserta Didik Tentang Model Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ) Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengawalan Di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7844Keywords:
Budaya Belajar, Persepsi Peserta Didik Tentang Model Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ) Dan Hasil BelajarAbstract
Lembaga kepolisian merupakan salah satu lembaga yang ikut serta dalam mencetak manusia-manusia yang berkualitas bidang kepolisian. Mereka dididik dalam suatu lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh wilayah Republik Indonesia dengan pusat pengawasan dan pengendaliannya berada di Lembaga Pendidkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdikpol). Sebagai lembaga yang bertugas mencetak sumber daya-sumber daya yang berkualitas, sebagaimana menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam poroses pembelajaran di sekolah polisi negera dipelukan pengungkapan faktor-faktor yang dapat memempenaruhi peningkatan hasil belajar dalam hal ini hasil belajar pengawalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan model korelasional. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas (independent variable) dengan Syimbol X1 dan X2 yaitu Budaya belajar (X1) dan Persepsi peserta didik tentang model pembelajaran jarak jauh (X2). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini Sampling Nonprobabilitas, Dalam penelitian ini jumlah populasi sebanyak 936 dibagai kedalam 37 Kelas, dengan asumsi pendapat di atas penelitian dilakukan pada 2 kelas yaitu Kelas A dan Kelas B yang merupakan siswa unggulan yang berasal dari sekolah unggulan di Indonesia.
References
Abdul Hadis dan Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta. 2010
Agus Dharna, Artikel Dicari Kepala Sekolah yang Kompeten, (Http://www.Depdiknas, id. 2003).
Ali Afandi, "Budaya Mutu pada Sekolah Unggulan Studi Kasus di SD Islam Sabilillah Malang”, Disertasi, UNM, 2007
Arifin,” Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Mutu ( Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wumialo Gorontalo)”, Disertasi, UNM, 2009
Asrin, "Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Budaya Mutu di Sekolah ( Studi Multikasus di SMAN Agung dan SMAI Kartini di Kota Gunga)”, Disertasi, UNM,, 2006
Atmowidirio Soebagio, Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Ardadizya. 2000
Avin , Fadila Helmi. Disiplin Kerja. Buletin Psikologi, Tahun IV, Nomor 2 Desember 1996
Cortada, J.W. Total Quality Management edisi Indonesia. Jogyakarta: Penerbit Andi, 1996
Davis, K. Ivor. Pengelolaan Belajar. Jakarta: CV Rajawali, 1991.
Derek Torington and Laura Hall. Personel Management. London : Prentice Hall. 1991
Direktorat Dikmentum, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Depdiknas, 1999.
Dirjend Mandikdasmen, Panduan Teknis Pengelolaan Mutu. Jakarta: Depdiknas, 2009.
Duncan W. Jack. Organizational Behavior. Boston: Houghon Mifflin Coy, 1991.
Edwin, Flippo B. Manajemen Personalia. Terjemahan Moh. Masud. Jakarta: Erlangga. 1997.
European University Association, Developing an Internal Quality Culture in European Universities, Report on The Quality Culture Project, Round II -2004. With The support of the Socrates Programme European Commission. Socrates: Education and Culture. (http://www.eua.be/eua/jsp/en/upload/QCII%20Report%2030.03.05.1115967574238.pdf)
Galton, Maurice dan Brian Simon. Progress and Performance in the Primary Classroom. London: Routhledge and kagen Faul. 1994.
G.L. Freeman and E.K. Taylor, How To Pick Leaders, A Scientific Approach to Exacutive Selection, New York: Funk and Wagnalls Company. 1950
Gregor Mc dan Douglas M. The Human Side of Enterprise in Human Relation in Management, I.L. Heckman ,Jr.And S.G, Huneryager. Cincinnati : South – Western. 1960
Griffin, Ricky W. Management. New Delhi; A.I.B.T.S. Pulishers. 1997.
Hamalik, Oe¬mar. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung. Sinar Baru Algensindo. 2001.
Hani Handoko dan Fandy Tjiptono. Kepemimpinan Transpormational dan Pemberdayaan . Jebi. Vol 11. 1996
Hannula,M.S, Regulating motivation in mathematics, A Paper presented at the Topic Study Group 24 of ICME-10 c0nference. Retrieved September 15th 2005 From http://www.icme-oragniser.dk/tsg24/Document/Hannula.com
Harold Koonz and Heinz Weihrich, Management. New York : McGraw-Hill Book Company. 1988
Heni Sukrisno, "Hubungan Antara Responsiblitas Manajemen, Akuntabilitas Mutu Pelayanan, Budaya Mutu, Pembelajaran Organisasi, KInerja Tim Dengan Kefektifan Sistem Penjaminan Mutu pada Universitas Swasta di Surabaya”, Disertasi, UNM, 2008
Hersey, Paul dan Kenneth H. Blanchard. Management of Organizational Behavior Utilizing Human Recources. New jersey: Prentice Hall. 1988.
Http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/11/kumpulan-makalah-dan-artikel-manajemen-pendidikan/(diakses 17 maret 2012 )
Imron, Ali. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Angkasa. 1995.
Irawan, Motik P. dan Sakti. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIA LAN Press. 2000.
Jack, Duncan W.. Organizational Behavior. Boston: Houghton Mifflin Coy. 1991.
K. Davies. Pengelolaan Belajar. Jakarta : CV Rajawali. 1991
Koontz O, Donnel, Harold, et,al. Management. Hill Kogakusha : McGraww,ltd,For Manufacture and export. 1980
Lau Sue and Glover Derek, Education Leadership and Learning (practice, policy, and research), Buckingham-Philadelphia: Open University Press. 2000
Laeham, dan Wexley. The Process of Education. Cambridge: Harvard University Press. 1992.
Lee Harvey & Bjorn Stensaker, European Journal Of Education, Vol. 43 No.4 2008, Quality Culture; Understandings, Boundaries and Lingkages. http://www2.aau.org/ldev/Mombasa 10/docs/quality culture. pdf
Mataheru, Kepemimpinan dalam Pendidikan. Jakarta : Pustaka Jaya. 2000
Materi Pelatihan Terpadu untuk Kepala Sekolah, Supervisi Pendidikan. Depdiknas Dirjen Dikdas, 2002
Maslow, Abraham. Motivation and Personality¸ New York; Harper & Raw. Publiser. 1970.
Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2001.
Morgan E. James, Administrative and Supervisory Management. Englewood : Prentice-Hall,Inc, N.J. 1982
Mulyadi. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang : UIN-Maliki Press. 2010
Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002
Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003.
Murphy,P.K. and Alexander,P.A., A motivated ekploration of motivation terminology, Contemporary Educational Psychology; 2000.
Morgan, Clifford T. Introduction of Orgnization Behavior. New Jersey: Englewood-Clifs Prentice. 1986.
Nawawi Hadari dan Martini M. Kepemimpinan yang Efektif. Jogyakarta : Gajah Mada Universiti Press. 1995
Niti, Alex Semito, Manajemen Personalia. Jakarta : Ghalia. 1982
Patricia, King. Performance Planning and Apraizal. New York: Lois San Fransisco. Grow-Hill Book. 1993.,
Paul Hersey and Kenneth H Blanchard, Management of Organizational Behavior. Hill Kogakusha ltd : By Mc.Graw For Manufacture and export. 1980
Pidarta, Made. Landasan Kependidikan. Jakarta. Rineka Cipta. 1997.
Podsakoff, P.M. Mackenzie, S.B. & Bommer, W.H. Tranpormational Leader Behaviours andsubtitutes for Leadhership as determinants of employee satisfaction, trust, and organizational elizenship behavior. Journal of Management. 2002
Rina Mutaqqinah, Membangun Budaya Mutu Melalui Evaluasi Diri Sekolah. Jabar : LPMP. 2011
Robbins. Performance. New Jersey: Hill-Book Prentice. 1994.
Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. London : Kogan Page Educational anagemen Series. 1993
Sagie. People and Produktivity. New York : McGraw Hilln Book Company . 1985
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Press. 2001.
Schein, E.H. Organizational Culture and Leadership. Jassey-Bassa Publisher. San Pransisco.2004
Schumacker, Randel E, & Richard G. Lomex. A Beginner's to SEM. Mahwah Jew Jersey : Lawrence Erlbaun Associaties, Inc.Pub, 1996.
Sigit, Suhardi. Perilaku Organisasi. Jakarta. Pustaka Jaya. 2002.
Smith, Spenbeauer. A Quality System for Education. New York: McGraw-Hill Book Company. 1982.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2009.
Sukamto, Toeti. Wardani I.G.A.K., Winataputra Udin Saripudin, Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen, Dikti, 1992.
Sulthon, H.M. Membangun Semangat Kerja Guru. Yogyakarta ; Laksbang PRESSindo, 2009
Suprihantono, Jhon. Penelitian Pelaksanaan Pekerjaan dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta. 1988.
Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan; Dasat Teoritis unruk Praktik Profesional. Bandung. Angkasa. 2000.
Sutopo Hendiyat dan Seomanto Wasty, Kepemimpinan dan supervise Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara. 1982
Tilaar, H.A.R. Membina Profesi Guru Abad 21. Jakarta: LPMP UNJ. 1998.
Undang-Undang Sisdiknas No 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno Hamzah.B, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Veithzal Rivai , Kita Memimpin dalam Abad ke-21. Jakarta : Rajagrafindo Persada. 2004
Wahjosumidjo. Kepemimpinan dalam Toeri dan Praktek. Jakarta: PT. Harapan Masa PGRI. 1994.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada . 1992
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta. 2009
Wayne F. Cascio. Management Human Resources. USA: McGraww – Hill. 1995
Whitmore, John. Coaching for Performance (Seni Mengarahkan untuk Mendobrak Kerja). Jakarta: Gramedia. Pustaka Umum. 1997.
Wiles, Kimbal. Supervision for Better School. New York: Prentice Hall. 1955.
Yulk,G.A. Leadership in Organization, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.1994
Yulk, G.A. 1999. Kepemimpinan Dalam Organisasi (edisi Indonesia). Jakarta: Prentice – Hall Inc.
Zainun, Buchari. Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara. 1994.
Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Bigraf Publishing, 2000.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |