Hubungan Antara Budaya Belajar Dan Persepsi Peserta Didik Tentang Model Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ) Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengawalan Di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya

Authors

  • Jarno Jarno Univeristas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7844

Keywords:

Budaya Belajar, Persepsi Peserta Didik Tentang Model Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ) Dan Hasil Belajar

Abstract

Lembaga kepolisian merupakan salah satu lembaga yang ikut serta dalam mencetak manusia-manusia yang berkualitas bidang kepolisian. Mereka dididik dalam suatu lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh wilayah Republik Indonesia dengan pusat pengawasan dan pengendaliannya berada di Lembaga Pendidkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdikpol). Sebagai lembaga yang bertugas mencetak sumber daya-sumber daya yang berkualitas, sebagaimana menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam poroses pembelajaran di sekolah polisi negera dipelukan pengungkapan faktor-faktor yang dapat memempenaruhi peningkatan hasil belajar dalam hal ini hasil belajar pengawalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan model korelasional. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas (independent variable) dengan Syimbol  X1 dan X2 yaitu Budaya belajar    (X1) dan Persepsi peserta didik tentang model pembelajaran jarak jauh   (X2). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini Sampling Nonprobabilitas, Dalam penelitian ini jumlah populasi sebanyak 936 dibagai kedalam 37 Kelas, dengan asumsi pendapat di atas penelitian dilakukan pada 2 kelas   yaitu Kelas A  dan Kelas B yang merupakan siswa unggulan yang berasal dari sekolah unggulan di Indonesia.

References

Abdul Hadis dan Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta. 2010

Agus Dharna, Artikel Dicari Kepala Sekolah yang Kompeten, (Http://www.Depdiknas, id. 2003).

Ali Afandi, "Budaya Mutu pada Sekolah Unggulan Studi Kasus di SD Islam Sabilillah Malang”, Disertasi, UNM, 2007

Arifin,” Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Mutu ( Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wumialo Gorontalo)”, Disertasi, UNM, 2009

Asrin, "Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Budaya Mutu di Sekolah ( Studi Multikasus di SMAN Agung dan SMAI Kartini di Kota Gunga)”, Disertasi, UNM,, 2006

Atmowidirio Soebagio, Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Ardadizya. 2000

Avin , Fadila Helmi. Disiplin Kerja. Buletin Psikologi, Tahun IV, Nomor 2 Desember 1996

Cortada, J.W. Total Quality Management edisi Indonesia. Jogyakarta: Penerbit Andi, 1996

Davis, K. Ivor. Pengelolaan Belajar. Jakarta: CV Rajawali, 1991.

Derek Torington and Laura Hall. Personel Management. London : Prentice Hall. 1991

Direktorat Dikmentum, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Depdiknas, 1999.

Dirjend Mandikdasmen, Panduan Teknis Pengelolaan Mutu. Jakarta: Depdiknas, 2009.

Duncan W. Jack. Organizational Behavior. Boston: Houghon Mifflin Coy, 1991.

Edwin, Flippo B. Manajemen Personalia. Terjemahan Moh. Masud. Jakarta: Erlangga. 1997.

European University Association, Developing an Internal Quality Culture in European Universities, Report on The Quality Culture Project, Round II -2004. With The support of the Socrates Programme European Commission. Socrates: Education and Culture. (http://www.eua.be/eua/jsp/en/upload/QCII%20Report%2030.03.05.1115967574238.pdf)

Galton, Maurice dan Brian Simon. Progress and Performance in the Primary Classroom. London: Routhledge and kagen Faul. 1994.

G.L. Freeman and E.K. Taylor, How To Pick Leaders, A Scientific Approach to Exacutive Selection, New York: Funk and Wagnalls Company. 1950

Gregor Mc dan Douglas M. The Human Side of Enterprise in Human Relation in Management, I.L. Heckman ,Jr.And S.G, Huneryager. Cincinnati : South – Western. 1960

Griffin, Ricky W. Management. New Delhi; A.I.B.T.S. Pulishers. 1997.

Hamalik, Oe¬mar. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung. Sinar Baru Algensindo. 2001.

Hani Handoko dan Fandy Tjiptono. Kepemimpinan Transpormational dan Pemberdayaan . Jebi. Vol 11. 1996

Hannula,M.S, Regulating motivation in mathematics, A Paper presented at the Topic Study Group 24 of ICME-10 c0nference. Retrieved September 15th 2005 From http://www.icme-oragniser.dk/tsg24/Document/Hannula.com

Harold Koonz and Heinz Weihrich, Management. New York : McGraw-Hill Book Company. 1988

Heni Sukrisno, "Hubungan Antara Responsiblitas Manajemen, Akuntabilitas Mutu Pelayanan, Budaya Mutu, Pembelajaran Organisasi, KInerja Tim Dengan Kefektifan Sistem Penjaminan Mutu pada Universitas Swasta di Surabaya”, Disertasi, UNM, 2008

Hersey, Paul dan Kenneth H. Blanchard. Management of Organizational Behavior Utilizing Human Recources. New jersey: Prentice Hall. 1988.

Http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/11/kumpulan-makalah-dan-artikel-manajemen-pendidikan/(diakses 17 maret 2012 )

Imron, Ali. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Angkasa. 1995.

Irawan, Motik P. dan Sakti. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIA LAN Press. 2000.

Jack, Duncan W.. Organizational Behavior. Boston: Houghton Mifflin Coy. 1991.

K. Davies. Pengelolaan Belajar. Jakarta : CV Rajawali. 1991

Koontz O, Donnel, Harold, et,al. Management. Hill Kogakusha : McGraww,ltd,For Manufacture and export. 1980

Lau Sue and Glover Derek, Education Leadership and Learning (practice, policy, and research), Buckingham-Philadelphia: Open University Press. 2000

Laeham, dan Wexley. The Process of Education. Cambridge: Harvard University Press. 1992.

Lee Harvey & Bjorn Stensaker, European Journal Of Education, Vol. 43 No.4 2008, Quality Culture; Understandings, Boundaries and Lingkages. http://www2.aau.org/ldev/Mombasa 10/docs/quality culture. pdf

Mataheru, Kepemimpinan dalam Pendidikan. Jakarta : Pustaka Jaya. 2000

Materi Pelatihan Terpadu untuk Kepala Sekolah, Supervisi Pendidikan. Depdiknas Dirjen Dikdas, 2002

Maslow, Abraham. Motivation and Personality¸ New York; Harper & Raw. Publiser. 1970.

Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2001.

Morgan E. James, Administrative and Supervisory Management. Englewood : Prentice-Hall,Inc, N.J. 1982

Mulyadi. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang : UIN-Maliki Press. 2010

Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002

Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003.

Murphy,P.K. and Alexander,P.A., A motivated ekploration of motivation terminology, Contemporary Educational Psychology; 2000.

Morgan, Clifford T. Introduction of Orgnization Behavior. New Jersey: Englewood-Clifs Prentice. 1986.

Nawawi Hadari dan Martini M. Kepemimpinan yang Efektif. Jogyakarta : Gajah Mada Universiti Press. 1995

Niti, Alex Semito, Manajemen Personalia. Jakarta : Ghalia. 1982

Patricia, King. Performance Planning and Apraizal. New York: Lois San Fransisco. Grow-Hill Book. 1993.,

Paul Hersey and Kenneth H Blanchard, Management of Organizational Behavior. Hill Kogakusha ltd : By Mc.Graw For Manufacture and export. 1980

Pidarta, Made. Landasan Kependidikan. Jakarta. Rineka Cipta. 1997.

Podsakoff, P.M. Mackenzie, S.B. & Bommer, W.H. Tranpormational Leader Behaviours andsubtitutes for Leadhership as determinants of employee satisfaction, trust, and organizational elizenship behavior. Journal of Management. 2002

Rina Mutaqqinah, Membangun Budaya Mutu Melalui Evaluasi Diri Sekolah. Jabar : LPMP. 2011

Robbins. Performance. New Jersey: Hill-Book Prentice. 1994.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. London : Kogan Page Educational anagemen Series. 1993

Sagie. People and Produktivity. New York : McGraw Hilln Book Company . 1985

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Press. 2001.

Schein, E.H. Organizational Culture and Leadership. Jassey-Bassa Publisher. San Pransisco.2004

Schumacker, Randel E, & Richard G. Lomex. A Beginner's to SEM. Mahwah Jew Jersey : Lawrence Erlbaun Associaties, Inc.Pub, 1996.

Sigit, Suhardi. Perilaku Organisasi. Jakarta. Pustaka Jaya. 2002.

Smith, Spenbeauer. A Quality System for Education. New York: McGraw-Hill Book Company. 1982.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2009.

Sukamto, Toeti. Wardani I.G.A.K., Winataputra Udin Saripudin, Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen, Dikti, 1992.

Sulthon, H.M. Membangun Semangat Kerja Guru. Yogyakarta ; Laksbang PRESSindo, 2009

Suprihantono, Jhon. Penelitian Pelaksanaan Pekerjaan dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta. 1988.

Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan; Dasat Teoritis unruk Praktik Profesional. Bandung. Angkasa. 2000.

Sutopo Hendiyat dan Seomanto Wasty, Kepemimpinan dan supervise Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara. 1982

Tilaar, H.A.R. Membina Profesi Guru Abad 21. Jakarta: LPMP UNJ. 1998.

Undang-Undang Sisdiknas No 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno Hamzah.B, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Veithzal Rivai , Kita Memimpin dalam Abad ke-21. Jakarta : Rajagrafindo Persada. 2004

Wahjosumidjo. Kepemimpinan dalam Toeri dan Praktek. Jakarta: PT. Harapan Masa PGRI. 1994.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada . 1992

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta. 2009

Wayne F. Cascio. Management Human Resources. USA: McGraww – Hill. 1995

Whitmore, John. Coaching for Performance (Seni Mengarahkan untuk Mendobrak Kerja). Jakarta: Gramedia. Pustaka Umum. 1997.

Wiles, Kimbal. Supervision for Better School. New York: Prentice Hall. 1955.

Yulk,G.A. Leadership in Organization, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.1994

Yulk, G.A. 1999. Kepemimpinan Dalam Organisasi (edisi Indonesia). Jakarta: Prentice – Hall Inc.

Zainun, Buchari. Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara. 1994.

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Bigraf Publishing, 2000.

Downloads

Published

28-07-2022

How to Cite

Jarno, J. (2022). Hubungan Antara Budaya Belajar Dan Persepsi Peserta Didik Tentang Model Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ) Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengawalan Di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 317–326. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7844

Issue

Section

Artikel