MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PENULISAN PROGRAM PADA MATA PELAJARAN COMPUTER NUMERYCALY CONTROL DENGAN METODA DEMONSTRASI DI KELAS XII MESIN A SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v3i2.1211Abstract
Penelitian ini dilakukan berawal kondisi rendahnya pencapaian nilai akhir peserta didalam pembelajaran yang menyebabkan perlunya kepeekan seorang guru untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat memacu perserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fenomena ini perlu di cermati sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga memberdayakan peserta didiksepenuhnya dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui metode demonstrasi dapat meeningkatkan hasil belajar peserta didik tentang penulisan progam pada mata pelajaran cnc di kelas XII Mesin A; 2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang pembuatan progam sebelum dan sesudah menggunakan metoda demonstrasi di kelas XII Mesin A; 3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang pembuatan progam stelah menggunakn metoda demonstrasi di kelas XII Mesin A SMKN 2 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metoda demonstrasi hasil peserta didik pada mata pelajaran cnc khususnya materi pembuatan progam di kelas XII Mesin A sebelum menggunakan metoda demonstrasi mempunyai nilai rata rata 69,3 pada saat pembelajaran diubah menggunakan metoda demonstrasi rata rat belajar peserta didik menjadi 78,6 pada siklus 1 dan 81,5 pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disiimpulkan bahwa setelah di lakukan tindakan penelitian maka dapat di simpulkan bahwa kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah pada materi penulisan progam melalui penerapan metoda demonstrasi ternyata dapat meningkatkan minat, antusias, konsentrasi, dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar berupa naiknya nilai rata rata kelas dan naiknya persentase ketuntasan belajar peserta didik secara individu maupun secara klasikal. Oleh karena itu dengan menggunakn metoda demonstrasi akan tercipta kondisi belajar yang aktif dan kreatif.
References
Departemen pendidikan nasional. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. (1983), Metode Belajar dan Kesulitan kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
______________. (1999). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Joshnson, Elaine b. (2008). Contextual Teaching and learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasyikan. (terjemahan Ibn Setiawan). Bandung: Mizan Learning Center.
Kardiawarman. (2007). Pnelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Pembinaan pendidikan dan Pelatihan.
Muttaqin, Saiful Upaya Peningkatan Prestasi Belajar. [Online]. Tersedia: http://saifulmtaqin.blogspot.com/2008/01/upaya-peningkatab-prestasi belajar.html [17 Maret 2009].
Nasution. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Rusyan, A.T, DKK. (1992), Pendekatan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Susyosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). Pnelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Trianto. (2007). Model model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |