UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PROYEKSI PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TYPE JIGSAW DI KELAS XI MC PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v3i2.1214Abstract
Penelitian ini dilakukan berawal dari kondisi rendahnya pencapaian nilai akhir peserta didik dalam pembelajaran yang menyebabkan perlunya kepekaan seorang guru untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat memacu peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fenomena ini perlu dicermati sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga memberdayakan peserta didik sepenuhnya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui apakah melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Teknik Gambar Mesin 2D dengan CAD bangunan bagi peserta didik kelas XI MC SMK Negeri 2 Bogor; 2). Menjadi masukan bagi guru dan peserta didik untuk meningkatkan belajar di rumah; dan 3). Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Teknik Gambar Mesin 2D dengan CAD bangunan bagi peserta didik kelas XI MC SMK Negeri 2 Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, hasil belajar mata Gambar Teknik Mesin khususnya materi Proyeksi di kelas XI MC Semester 3 SMK Negeri 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017, data keaktifan peserta didik menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 55,55% atau 20 peserta didik yang aktif, 22,22% atau 8 peserta didik cukup aktif, dan 22,22% atau 8 peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 77,77% atau 28 peserta didik yang aktif pada saat pembelajaran dan 22,22% atau 8 peserta didik yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada peserta didik yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Dengan banyaknya peserta didik yang aktif pada saat pembelajaran menunjukkan bahwa guru saat menerangkan materi dengan menggunakan model pembelajaran Type Jigsaw sudah berhasil melibatkan peserta didik dalam pembelajaran.References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.
Daryanto. Dasar-dasar Teknik Mesin. Jakarta: Rhinneka Cipta.
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne. The Conditions of Learning. Makalah Pengaplikasian Teori Belajar.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hantoro, Sirod. Menggambar Mesin. Jakarta: Adicita.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning, Metode, Teknik,
Jurnal Educate | Vol. 3 No. 2 Juli 2018
Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Juhana, Ohan dan Suratman. 2008. Menggambar Teknik Mesin. Jakarta: Pustaka Setia.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Suryabrata, Sumardi. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Surya, Mohammad. 1981. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta: Pustaka Bani Quraisy.
Taniredja, T.,Faridli, M.E.,Harmianto, S. Model – model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |