Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 1 Bojonggede
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7851Keywords:
problem based learning, kemandirian, hasil belajar.Abstract
Mewabahnya virus Covid-19, Perubahan Proses pembelajaran di Indonesia dan belahan dunia mengalami perubahan yang sangat signifikan. Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Mengeluarkan surat edaran No 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 yaitu Proses belajar dari rumah dengan menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan, metode dan hasil penelitian). Dengan menggunakan jejaring online dan Web. Sekolah-sekolah diseluruh dunia harus cepat beradaptasi dengan system digital untuk memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh. Seiring menurunnya laju penyebaran COVID-19, Pembelajaran Tatap Muka mulai dibuka dengan Ketentuan tetap menjaga protokol kesehatan dan siswa yang hadir hanya 50 %.Pemberlakuan system tatap muka dan kombinasi daring berdampak pada menurunnya hasil belajar dan tingkat kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based learning dan kemandirian belajar siswa. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah Desain 2X2 faktorial. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil belajar dan data kuesioner kemandirian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model konvensional, terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirin, kelompok kemandirian tinggi lebih cocok dibelajarkan dengan model Pembelajaran Problem Based Learning siswa belajar lebih aktif, kreatif dan berinovasi.
References
Buku
Abidin Arief, Zainal. 2011. Media & Teknologi Pembelajaran Inovatif Perspektif Paradigma Baru dalam Pendidikan, Bogor: Penerbit Widya Sakti.
Basri, H. (1996). Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Pustaka Pelajar.
Buston, W. . (2003). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Gagne, R. M. (1977). The Condition of learning.
Gredler, M. . (2011). Learning and Instruction:Teori dan aplikasi (edisi keen). Kencana.
Margetson, D. (1994). Current Educational Reform and the Significance of Problem based Learning. Higher Educ.
Permendikbud no 24, (2016).
Mohamad, S. (2014). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.
Mudjiman, H. (2011). Managemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Pustaka Pelajar.
Mudjiono dan Damiyanti. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
omear hamalik. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Rusmana, Dr, M. P. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme guru (Ed,2). Rajawali Pers.
Schunk, D. ., & (2012). (n.d.). Learning theorities: An Aducational Perspective (Sixth).
Syaiful Sagala. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Artikel Jurnal
Faisal Suleang, Analisis Kemandirian Belajar siswa melalui pembelajaran Daring pada mata pelajaran Matematikan,Juni 2020.Vol.8 N0.1, hal 29-35
Aan Putra, Systematic Literatur RevieV: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring,Mei 2021,Vol.02,No.02
Indri Anugraheni yang berjudul "Meta Analistik dan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan ketrampilan berfikir kritis di sekolah dasar. Vol 14.N0 1(2018)
Finta Restu Darniati” Pengaruh Strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap belajar bahasa inggris siswa SMPS Galuh Agung dan MTS deli serdang Sumatra Utara” Vol 23, No 2 (2016)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |