Evaluasi Sertifikasi Dosen Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Pada Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Di Sekolah Tinggi Ilmu Keshatan B Jakarta Tahun 2023

Authors

  • Ikka Kartika Universitas Islam Nusantara
  • Kursih Sulastriningsih Universitas Islam Nusantara
  • Arsita Pratiwi Universitas Islam Nusantara
  • Pipih Salanti Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14596

Keywords:

Sertifikasi Dosen, Mutu Pendidikan, Sarjana Kesehatan Masyarakat

Abstract

Sertifikasi Dosen (Serdos) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kompetensi pendidik. Yang dimaksud dengan “akreditasi” disini adalah proses dimana pemerintah memberikan izin mengajar kepada seorang pendidik setelah pendidik tersebut melalui beberapa proses evaluasi yang ditetapkan dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Dosen dimuat dalam PP No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan mengevaluasi upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui sertifikasi pendidik. Selain itu juga bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui sertifikasi dosen. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di lingkungan Program Penelitian Kesehatan Masyarakat Fakultas dan jenis serta sumber data yang digunakan adalah: Data primer yaitu struktur jurusan, fakultas dengan sertifikasi fakultas, data sekunder yaitu data LKD BKD fakultas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data dianalisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian didasarkan pada data dari tujuh dosen dari program sarjana kesehatan masyarakat. Hanya 1 dosen bersertifikat (serdos), 3 orang dosen memiliki jabatan fungsional, dan 6 orang dosen tidak memiliki kualifikasi mengajar (serdos), karena berdasarkan laporan BKD tidak memenuhi syarat untuk pengajuan sertifikasi pendidik (dosen).

References

Arikunto, Suharsimi, , 2010, Manajemen Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Daryanto, 2010, Administrasi Pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Miles, B. Mathew & M Huberman, 2012, Analis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru. Diterjemahkan oleh Tjecep Rohadi Jakarta: UIPres

Riyono, Yatim, H.M.Pd, ParadikmaBaru Pembelajaran, 2009, Kencana Prenada Media Group,Surabaya

Sutrisno, Edy, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenata Media Group, Jakarta

Moleung, Lexy.J, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya,Bandung

PERUNDANG –UNDANGAN

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidika

Downloads

Published

01-08-2023

How to Cite

Kartika, I., Sulastriningsih, K., Pratiwi, A., & Salanti, P. (2023). Evaluasi Sertifikasi Dosen Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Pada Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Di Sekolah Tinggi Ilmu Keshatan B Jakarta Tahun 2023. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 245–252. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14596

Issue

Section

Artikel