Hubungan Antara Gaya Belajar Teoris Dan Sikap Ilmiah Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Mts Sida Mulya Kabupaten Bogor

Authors

  • Fajriyah Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14671

Keywords:

Gaya Belajar Teoris, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini  untuk mengetahui: 1) Hubungan antara gaya belajar teoris dengan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII di Mts Sida Mulya Kabupaten Bogor. 2) Hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII di Mts Sida Mulya Kabupaten Bogor. 3) Hubungan antara gaya belajar teoris dan sikap ilmiah dengan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII di Mts Sida Mulya Kabupaten Bogor.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mts Sida Mulya yang berjumlah 104 orang

Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Learning Stle Questinne (LSQ) yang dikembangkan oleh Honey dan Mumford untuk variabel gaya belajar teoris, menggunakan kuesioner untuk mengukur sikap ilmiah, dan tes hasil belajar matematika untuk mengukur hasil belajar matematika

Hasil penelitian adalah: 1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Gaya Belajar Teoris (X1) dengan Hasil Belajar Matematika (Y). Kontribusi Gaya Belajar Teoris   (X1) dengan Hasil Belajar Matematika (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.1)2 = 0,389.Berarti variabel Gaya Belajar Teoris membentuk kontribusi sebesar 38,9% dengan Hasil Belajar Matematika. 2) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Sikap Ilmiah (X2) dengan Hasil Belajar Matematika (Y)Kontribusi Sikap Ilmiah (X2) dengan Hasil Belajar Matematika (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.2)2 = 0,498. Berarti variabel Sikap Ilmiah membentuk kontribusi sebesar 49,8% dengan Hasil Belajar Matematika  (Y). 3) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Gaya Belajar Teoris (X1) dan Sikap Ilmiah   (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar (Y). Kontribusi Gaya Belajar Teoris   (X1) dan Sikap Ilmiah (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Matematika (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.1.2)2 = 0,562 Berarti variabel Sikap Ilmiah membentuk kontribusi sebesar 56,2% dengan Hasil Belajar Matematika (Y)

References

A.Suhaenah Suparno, Membangun Kompetensi Belajar, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional., 2000)

Adi W Gunawan, Genius Learning Strategy (Jakarta: Gramedia Pustaka, 2003).

Amir, A, Pembelajaran matematika dengan menggunakan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Logaritma., (Bandung: Nuasa Cendikia.. 2013)

Arief, Zainal Abidin, 2012, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bogor: Widya Sakti, 2012)

Azwar S.Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1987)

B. Walgito, Kenakalan Anak ( Juvenile Delnquency). (Yogyakrta: Yayasan fakultas Psikologi Universitas Gadjab Mada, 1991)

Benny A Pribadi, Model Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Dian Rakyat, 2009)

Burhanudin salam, pengantar filsafat,(Jakarta bumi aksara:2005)

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike, Quantum Learning: Membiaasakan Belajar Nyaman & Menyenangkan. (Bandung: PT.Mizah Pustaka, 2013)

Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta :Bumi Aksara, 2009)

Gufron. M.Nur, dan Risnawati Rini, Gaya Belajar kajian Teoritk, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)

Hamalik , Oemar, Proses Belajar Mengajar (Jakarta:PT Bumi Aksara, 2015)

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar (Bandung.: Pustaka Setia , 2011)

Hamzah B.Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya ( Jakarta: PTBumi Aksara, 2010)

Honey, P., dan Mumford, A, The Learning Styles Helper’s Guide( Peter Honey Publications Ltd, Maidenhead, 1982)

Honey, P., dan Mumford, A, The Manual of Learning Styles (Peter Honey Publications Ltd, Maidenhead, 2006)

http://www.kajianpustaka.com diakses 20 januari 2019

Irham, Muhammad dan Novan Ardy.. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran (Yogyakarta: ARRUZZ Media, 2013)

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online http://kamusbahasaindonesia.org diunduh pada tanggal 4 Februari 2019

Karim, S, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan konsep Fisika serta Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kecakapan lmiah.(Bandung: UPI, 2007)

Mansur Muslich, Pendidikan karakter Menjawab tantangan krisis multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)

Nasution, S. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar (Jakarta : Bumi Aksara, 2000)

Naufal, I.S Maswan, A Guided InquirY Learnig Approach In Web Environment Teory And Application.(Jakarta: 2017)

Priyono, , Joko Resensi Buku Archie J. Bahm Analisis Tentang “What Is Science”, (Semarang :Universitas Diponegoro, 2000)

Rafiuddin, Penilaian Sikap Ilmiah Terhadap Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Sains SD,( Sulawesi :WordPress, 2012)

Ranti, Penilaian Hasil Belajar, (Online), 2007, Sumber: http://one.indoskripsi.com, diakses desember 2017

Sarwono , Sarlito W., Pengantar Psikologi Umum, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)

Siddiq , M. Djauhar, Sungkono, Isniatun Munawaroh, Pengembangan Bahan Pembelajaran SD, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: Rosdikarya, 2008)

Suprijono, Agus Cooperative Learning, (Yogyakarta: Pustaka belajar, 2009).

Suwangsih, Erna dan Tiurlina., Model Pembelajaran Matematika (Bandung: UPI Press., 2006),

Downloads

Published

17-07-2023

How to Cite

Fajriyah. (2023). Hubungan Antara Gaya Belajar Teoris Dan Sikap Ilmiah Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Mts Sida Mulya Kabupaten Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 204–213. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14671

Issue

Section

Artikel