PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.15399Keywords:
teknologi pendidikan, pembelajaran, hasil belajarAbstract
Teknologi pendidikan akan dijadikan sebagai pendekatan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas hasil belajar. Upaya meningkatkan kualitas proses maupun hasil belajar senantiasa diteliti, diusahakan, dan dicari baik melalui kajian ilmiah maupun berbagai usaha perbaikan pendidikan, diantaranya melalui perbaikan dan penyempurnaan kurikulum, materi pembelajaran, sistem evaluasi, metode pembelajaran, dan proses belajar mengajar itu sendiri.
References
A.M. Rukky Santoso, Right Brain Meningkatkan Kemampuan Otak Kanan untuk Kehidupan yang Lebih Berkualitas Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 2002
Barbara L. Martin and Leslie J. Briggs, The Affective and Cognitive Domains: Integration for Instruction and Research Englewood Cliffs N.J.: Educational Technology Publication Inc, 1986
Bloom Benyamin S. (ed.), Taxonomy of Educational Objactive, Handbook I Cognitive Domain London: Longman Group Ltd., 1956
Budiardjo Lily, Mengajar di Perguruan Tinggi, program applied approach, Metode Instruksional, Proyek Universitas Terbuka, Dirjen Dikti, Depdikbud, 1998
Dali S Naga, Pengantar Teori Sekor dalam Pengukuran Penelitian Jakarta:Gunadarma, 1992
David K. Berlo, The Proces of Communication, an introduction to theory and practice, Holt , Rinehart and Wiston, Inc., New York, 1960
David Krech, Richard A, Crutchfeld and Egerton L. Ballachey, Indiividual in Society London: McGraw Hll, 1962
Donald Ary, Lucy Cheser Jacobs, dan Asghar Razavieh, Introduction to Research in Education Fort Worth: Harcourt Brace College Publishers, 1996
Edward Walker, L., Conditioning and Instrumental Learning, diterjemahkan oleh Team Fakultas Psychologi UI, Yayasan Penerbit UI., Jakarta 1973
Fishbein, M dan I Ajzen, Beliefs. Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Philippines: Addison-Wesley Publishing Company Inc, 1975
Fred N. Kerlinger, Asas-asas Penelitian Behavioral, terjemahan Landung R. Simatupang, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 20000
Freire Paulo, Pedagogy of the Oppressed, 1972 Jakarta diterjemahkan oleh tim redaksi Asosiasi Pemandu Latihan: Utomo Dananjaya, dkk, Penerbit LP3ES, 1985
Gene V. Glass and Kenneth D. Hopkins, Statistical Metgods in Education and Psychology Engelwood Cliffs, NJ: Prentice-Hall Inc., 1984
G. Lynne Snead, Direktur Institut Internasional Franklin Mindmapping your Personal Guide to Exploring Creativity and Problem –Solving, Joyce Wycoff, Berkley New York, 1991
Gilbert Sax, Principle of Educational and PsychologicalMeasurement and Evaluation, California: Wadsworth Publishing, 1980
Grayson Walker H., TRC.Concept Mapping and Curriculum Design ( The University of Tennesses at Chattanooga). Available from: http: file A:Walker TRC. Httm (cited 2002 may 24)
Hasibuan J.J. dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999
Irawan Prasetya, Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar, PAU Universitas Terbuka Dirjen Dikti Depdikbud, Jakarta 1997
J. Gelb Michael, Menjadi Jenius Seperti Leonardo da Vinci Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2001
J.P. Guilford, Psychometric Methods New Delhi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Co. Ltd., 1982
Jean Marie Stine,Mengoptimalkan Daya Pikir, Meningkatkan Daya Ingat dengan Mengerahkan Seluruh Kemampuan Otak Penerbit Delaprastasa Publishing, 2001
Joyce Wycoff, Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran, Mizan Pustaka Bandung, 2002
---------------, Maindmapping Your Personal Guide to Exploring Creativity and Problem-Solving A Berkley Book/Publishng by Arrangement with the Author a division of Penguin Putman Inc.1991
Keller, Jeff. Attitude is Everithing. Bookmark not defined., is everithing.com. 2000
Kelly G. and Roger M Tarpy, Psychology New York: Mc Millan Publishing Company, 1993
Kendler Howard H. Basic Psychology.Tokyo: Mc-Graw Hill Kogakusha Ltd., 1980
Lau, James B dan AB (Rami) Shani. Behavior in Organizations: An Experiential Approach Homewood: Richard Irwin Inc, 1992
Lewis R. Aiken, Psychological Testing and Assessment Singapore: Allyn and Bacon, 1997
Liawatimena, S. Aplikasi Peta Konsep dalam Proses Belajar dan Mengajar Jurnal Binus Vol.7 No. 2, Universitas Bina Nusantara, Oktober 1999
Lindquist, E.F Design and Analysis of Experiments in Psychology and Education, Houghton Mifflin Company, Boston, 1953
Mary T. Flores, University of Arizona, http/www.ic.Arizona edu/-com.300/mary/interpersonal/ SJ_Utne.6.html
Mihkilson, A., Concept Maps (www.document, 1996), URL. http:/www. Utas. Edu.au/docscult/concept.html.
Narendera Vaidya, The Impact Science Teacging New Delhi:Oxford & IBH Publishing Co., 1976
Norman E. Grounlund dan Robert L. Linn, Measurement and Evaluation in Teaching New York: Mc.millan 5Publisging Company, 1990
Norman L. Munn, L Godge Fernald Jr. and Peter S. Fernald, Introduction to Psychology New Yor: Houghton Miffin Company, 1969
Robert S. Feidman, Essentials of Understanding Psychology New York: Mc Graw-Hill Book Company, 1989
Robert J. Stemberg “Are Cognitif Styles in Style ?” Juornal of The American Psychological Association, July 1977, Volume 52 Nimber 57, pp. 700-703
Robert K. Gable, Instrumen Development in the Affective Domain ( Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing, 1966
Robert L. Ebel, Essentials of Educational Measurement Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall Inc; 1979
Sadiman Arief, S., dkk., Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatan, Manajemen PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta 2002
Saskatchwan, 1991. InstructionalApproach: a framework for propesional practice (www.document) URL http/www.Sasked gov sk ca/docs/policy/approach/ index.html.
Seels Barbara B. and Rita C.Richey, Instructional Technology: the definition and domains of the field Washington, DC. Association for Educational Communications and Technology, 1994
Soekamto Toeti dan Udin S. Winataputra, Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen DIKTI Depdikbud, 1997
Suparno A. Suhaenah, Membangun Kompetensi Belajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas, Jakarat, 2000
Suparman Atwi, Desain Instruksional, Pusat Antar Universitas, untuk Peningkatan dan Pengembangan Instruksional, Dirjen Dikti, Depdikbud, Jakarta, 1997
Suriasumantri Jujun S., Ilmu dalam Perspektif Moral, Sosial, dan Politik, sebuah dialog tentang Dunia Keilmuan Dewasa ini. Penerbit PT Gramedia, Jakarta 1986
Suriasumantri Jujun S, Filsafat Ilmu, sebuah pengantar populer Jakarta, Pustaka Sinar Harapan, 1999
Sudjana Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung Remaja Rosdakarya, 1999
Sudjana Nana, Achmada Rivai, Teknologi Pengajaran, Bandung, Penerbit Sinar Baru Algensindo, 2001
Sudjana Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2000
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2001
Tony Buzan, Gunakan Kepala Anda Teknik Berpikir, Belajar dan Membangun Otak Delapratasa Publishing, 2002
--------------, Use Both Sides of Your Brain Publishing by Penguin Group, New York 10014 U.S.A., 1991
--------------, The Mindmap Book Publishing by BBC Books, London 1997
Zanden, James W. Vander. Social Psychology. New York: Random House, 1984
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Zainal Arief
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |