PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Authors

  • Zainal Arief Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.15399

Keywords:

teknologi pendidikan, pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Teknologi pendidikan akan dijadikan sebagai pendekatan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas hasil belajar. Upaya meningkatkan kualitas proses maupun hasil belajar senantiasa diteliti, diusahakan, dan dicari baik melalui kajian ilmiah maupun berbagai usaha perbaikan pendidikan, diantaranya melalui perbaikan dan penyempurnaan kurikulum, materi pembelajaran, sistem evaluasi, metode pembelajaran, dan proses belajar mengajar itu sendiri.

References

A.M. Rukky Santoso, Right Brain Meningkatkan Kemampuan Otak Kanan untuk Kehidupan yang Lebih Berkualitas Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 2002

Barbara L. Martin and Leslie J. Briggs, The Affective and Cognitive Domains: Integration for Instruction and Research Englewood Cliffs N.J.: Educational Technology Publication Inc, 1986

Bloom Benyamin S. (ed.), Taxonomy of Educational Objactive, Handbook I Cognitive Domain London: Longman Group Ltd., 1956

Budiardjo Lily, Mengajar di Perguruan Tinggi, program applied approach, Metode Instruksional, Proyek Universitas Terbuka, Dirjen Dikti, Depdikbud, 1998

Dali S Naga, Pengantar Teori Sekor dalam Pengukuran Penelitian Jakarta:Gunadarma, 1992

David K. Berlo, The Proces of Communication, an introduction to theory and practice, Holt , Rinehart and Wiston, Inc., New York, 1960

David Krech, Richard A, Crutchfeld and Egerton L. Ballachey, Indiividual in Society London: McGraw Hll, 1962

Donald Ary, Lucy Cheser Jacobs, dan Asghar Razavieh, Introduction to Research in Education Fort Worth: Harcourt Brace College Publishers, 1996

Edward Walker, L., Conditioning and Instrumental Learning, diterjemahkan oleh Team Fakultas Psychologi UI, Yayasan Penerbit UI., Jakarta 1973

Fishbein, M dan I Ajzen, Beliefs. Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Philippines: Addison-Wesley Publishing Company Inc, 1975

Fred N. Kerlinger, Asas-asas Penelitian Behavioral, terjemahan Landung R. Simatupang, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 20000

Freire Paulo, Pedagogy of the Oppressed, 1972 Jakarta diterjemahkan oleh tim redaksi Asosiasi Pemandu Latihan: Utomo Dananjaya, dkk, Penerbit LP3ES, 1985

Gene V. Glass and Kenneth D. Hopkins, Statistical Metgods in Education and Psychology Engelwood Cliffs, NJ: Prentice-Hall Inc., 1984

G. Lynne Snead, Direktur Institut Internasional Franklin Mindmapping your Personal Guide to Exploring Creativity and Problem –Solving, Joyce Wycoff, Berkley New York, 1991

Gilbert Sax, Principle of Educational and PsychologicalMeasurement and Evaluation, California: Wadsworth Publishing, 1980

Grayson Walker H., TRC.Concept Mapping and Curriculum Design ( The University of Tennesses at Chattanooga). Available from: http: file A:Walker TRC. Httm (cited 2002 may 24)

Hasibuan J.J. dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999

Irawan Prasetya, Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar, PAU Universitas Terbuka Dirjen Dikti Depdikbud, Jakarta 1997

J. Gelb Michael, Menjadi Jenius Seperti Leonardo da Vinci Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2001

J.P. Guilford, Psychometric Methods New Delhi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Co. Ltd., 1982

Jean Marie Stine,Mengoptimalkan Daya Pikir, Meningkatkan Daya Ingat dengan Mengerahkan Seluruh Kemampuan Otak Penerbit Delaprastasa Publishing, 2001

Joyce Wycoff, Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran, Mizan Pustaka Bandung, 2002

---------------, Maindmapping Your Personal Guide to Exploring Creativity and Problem-Solving A Berkley Book/Publishng by Arrangement with the Author a division of Penguin Putman Inc.1991

Keller, Jeff. Attitude is Everithing. Bookmark not defined., is everithing.com. 2000

Kelly G. and Roger M Tarpy, Psychology New York: Mc Millan Publishing Company, 1993

Kendler Howard H. Basic Psychology.Tokyo: Mc-Graw Hill Kogakusha Ltd., 1980

Lau, James B dan AB (Rami) Shani. Behavior in Organizations: An Experiential Approach Homewood: Richard Irwin Inc, 1992

Lewis R. Aiken, Psychological Testing and Assessment Singapore: Allyn and Bacon, 1997

Liawatimena, S. Aplikasi Peta Konsep dalam Proses Belajar dan Mengajar Jurnal Binus Vol.7 No. 2, Universitas Bina Nusantara, Oktober 1999

Lindquist, E.F Design and Analysis of Experiments in Psychology and Education, Houghton Mifflin Company, Boston, 1953

Mary T. Flores, University of Arizona, http/www.ic.Arizona edu/-com.300/mary/interpersonal/ SJ_Utne.6.html

Mihkilson, A., Concept Maps (www.document, 1996), URL. http:/www. Utas. Edu.au/docscult/concept.html.

Narendera Vaidya, The Impact Science Teacging New Delhi:Oxford & IBH Publishing Co., 1976

Norman E. Grounlund dan Robert L. Linn, Measurement and Evaluation in Teaching New York: Mc.millan 5Publisging Company, 1990

Norman L. Munn, L Godge Fernald Jr. and Peter S. Fernald, Introduction to Psychology New Yor: Houghton Miffin Company, 1969

Robert S. Feidman, Essentials of Understanding Psychology New York: Mc Graw-Hill Book Company, 1989

Robert J. Stemberg “Are Cognitif Styles in Style ?” Juornal of The American Psychological Association, July 1977, Volume 52 Nimber 57, pp. 700-703

Robert K. Gable, Instrumen Development in the Affective Domain ( Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing, 1966

Robert L. Ebel, Essentials of Educational Measurement Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall Inc; 1979

Sadiman Arief, S., dkk., Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatan, Manajemen PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta 2002

Saskatchwan, 1991. InstructionalApproach: a framework for propesional practice (www.document) URL http/www.Sasked gov sk ca/docs/policy/approach/ index.html.

Seels Barbara B. and Rita C.Richey, Instructional Technology: the definition and domains of the field Washington, DC. Association for Educational Communications and Technology, 1994

Soekamto Toeti dan Udin S. Winataputra, Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen DIKTI Depdikbud, 1997

Suparno A. Suhaenah, Membangun Kompetensi Belajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas, Jakarat, 2000

Suparman Atwi, Desain Instruksional, Pusat Antar Universitas, untuk Peningkatan dan Pengembangan Instruksional, Dirjen Dikti, Depdikbud, Jakarta, 1997

Suriasumantri Jujun S., Ilmu dalam Perspektif Moral, Sosial, dan Politik, sebuah dialog tentang Dunia Keilmuan Dewasa ini. Penerbit PT Gramedia, Jakarta 1986

Suriasumantri Jujun S, Filsafat Ilmu, sebuah pengantar populer Jakarta, Pustaka Sinar Harapan, 1999

Sudjana Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung Remaja Rosdakarya, 1999

Sudjana Nana, Achmada Rivai, Teknologi Pengajaran, Bandung, Penerbit Sinar Baru Algensindo, 2001

Sudjana Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2000

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2001

Tony Buzan, Gunakan Kepala Anda Teknik Berpikir, Belajar dan Membangun Otak Delapratasa Publishing, 2002

--------------, Use Both Sides of Your Brain Publishing by Penguin Group, New York 10014 U.S.A., 1991

--------------, The Mindmap Book Publishing by BBC Books, London 1997

Zanden, James W. Vander. Social Psychology. New York: Random House, 1984

Downloads

Published

31-07-2021

How to Cite

Arief, Z. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 128–140. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.15399