PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN JULANG KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1681Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang keefektifan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian dilakukan selama 6 bulan dari Juli sampai Desember 2017, yang bertempat di SDN Julang Kota Bogor dengan subyek kelas IV. Perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus, siklus 1 menggunakan pendekatan kelompok dengan pembagian 6 kelompok yang masing-masing terdiri dari 6-7 orang. Dalam proses pembelajarannya menerapkan pendekatan CTL. Siklus II menggunakan pola tugas individual yang masing-masing peserta didik diberi tugas yang sama, dengan tetap menerapkan pendekatan CTL. Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan untuk materi membaca peta lingkungan setempat menggunakan skala sederhana, adalah sebesar 75, sedangkan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan adalah minimal 80 % peserta didik memperoleh nilai mencapai KKM. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL membantu peserta didik dalam meningkatkan aktifitas dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Terdapat perubahan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan hasil belajar yang dicapai peserta didik sebelum menerapkan pendekatan CTL . Sebagai buktinya rata-rata ketuntasan pada kondisi awal hanya 32% lalu meningkat pada hasil belajar setelah siklus 1 menjadi 64%, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 96%. Dengan demikian semua target yang ditetapkan telah tercapai.References
Andayani, dkk. (2009). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka
Damayanti, H. (2007). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Hernawan, Asep Harry. (2007). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
http://lilisnurmath.blogspot.co.id/2013/02/pendekatan-contextual-teaching-and.html
Nurjanah, S. (2007). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Media Permainan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Permendiknas Nomor 22 tahun 2006, Standar Isi, Jakarta, Depdiknas,
Permendiknas Nomor 23 tahun 2006, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta, Depdiknas
Sutayo, (2009), Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4 SD/MI, Jakarta, Pusat Pembukuan Depdikbud
Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Dan Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |