PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERTIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 2 BOGOR
Keywords:
Model Pembelajaran Coperatif, Hasil Belajar, FisikaAbstract
Penelitian ini dilakukan berawal dari kondisi rendahnya pencapaian nilai akhir peserta didik dalam pembelajaran yang menyebabkan perlunya kepekaan seseorang guru untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat memicu peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fenomena ini perlu dicermati sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga memberdayakan peserta didik sepenuhnya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui model pembelajaran Cooperative Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Gerak Lurus di Kelas X BB Semester 1 Tahun Pelajaran 2015 - 2016 SMK Negeri 2 Kota Bogor. 2.) Untuk mendeskripsikan proses peningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Gerak Lurus sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Make a Match di Kelas X BB Semester 1 Tahun Pelajaran 2015 - 2016 SMK Negeri 2 Kota Bogor. 3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Gerak Lurus setelah menggunakan menggunakan model pembelajaran Cooperative Make a Match di Kelas X BB Semester 1 Tahun Pelajaran 2015 - 2016 SMK Negeri 2 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Penggunaan model pembelajaran Kooperatif Make a Match membuat peserta didik tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada siklus I ada 55,55% atau 20 peserta didik yang aktif, 22,22% atau 8 peserta didik yang cukup aktif dan 22,22% atau 8 peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 77,77% atau 28 peserta didik aktif pada saat pembelajaran dan 22,22% atau 8 peserta tidak yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada peserta didik yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik. Model pembelajaran Cooperative Make a Match dapat meningkatan hasil belajar pesertsa didik pada tentang Getaran di kelas X BB SMK Negeri 2 Bogor dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Make a MatchReferences
Anita Lie (Herdian, S.Pd). Fungsi dan Prinsip Model Make-A Match (Online) (http://herdy07.wordpress.com/2009/04/29) (diakses 05 Mei 2014).
Dimyati, dkk, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka
Cipta. Gagne. (The Conditions of Learning. 1977). Pengertian Belajar (Online) (http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar menurut-ahli/) (diakses diakses 05 Mei 2014).
Hamalik. (1994:116). Fungsi dan Prinsip Model Make-A Match
(Online (http://Tarmizi.Wordpress.Com/2008/12/03/pembelajaran kooperatif-make-a-match) (diakses 05 Mei 2014).
Lie. (2003:30). Pengertian Model Make-A Match (Online (http://Tarmizi.Wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran kooperatif-make-a-match/) (diakses 05 Mei 2014).
Lie. (2003:30). Peran Guru dan Siswa dalam Model Make-A Match (Online) (http:/pbsindonesia.fkipuninus.org/media.php module=detailmateri&id=97)(diakses 05 Mei 2014).
Muhammad Faiq Dzaki. Langkah- Langkah Model Make-A Match (Online) (http://penelitian.tindakan.kelas.blogspot.com/2009) (diakses 05 Mei 2014).
Rianto. (2007:11). Fungsi dan Prinsip Model Make-A Match (Online) (http://herdy07.wordpress.com/2009/04/29) (diakses 23 Januari 2012).
Sudjana, Nana.. (1998). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Slavin, Robert E. 1982. Cooperative Learning : Teory, Research, and Practice, Boston, MA: Ally and Bacon.
Suharsimi, dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas.jakarta : Bumi Aksara.
W.S. Winkel Prinsip-prinsip, Pembelajaran Efektif, Ciamis: Famili Publishers.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.
Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kegiatan Belajar Mengajar yang efektif, Jakarta: Depdiknas, 2003.
Ensiklopedi IPTEK/Ensiklopedi Sains untuk Pelajar dan Umum. 2004. Bumi-Ruang dan Waktu. Jakarta: PT. Lentera Abadi.
Dimyati, dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Penerbit
Rineka Cipta.
Miles M.B dan Huberman A.M. 1997. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif- Naturalistik Dalam Pendidikan. Yokyakarta: Usaha Keluarga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |