HUBUNGAN KETELADANAN GURU DENGAN ADAB SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP) DI BOGOR

Authors

  • Lukman Nol Hakim

Keywords:

Keteladanan Guru, Adab Siswa, Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena krisisnya adab siswa dan krisisnya keteladanan guru dan orang tua yang sering kita jumpai pada saat ini. Ini berarti peran keteladanan guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam membina adab siswa dengan senantiasa memberikan keteladanan yang baik. Jadi peran sekolah sangat penting dalam memberikan keteladanan untuk melahirkan generasi yang beradab.Tujuan dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Untuk mengetahui keteladanan guru di SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP di Bogor. (2) Untuk mengetahui adab siswa di SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP di Bogor. (3) Untuk mengetahui seberapa besar keteladanan guru berkorelasi dengan adab siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi sederhana. Lokasi penelitian terletak di SDN Bantarjati 8, SDIT Anak Shalih Cimahfar, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang hanya disebarkan kepada siswa. Subjek penelitian berjumlah 400 siswa dengan masing-masing, yaitu: SDN Bantarjati 8 sebanyak 120 siswa, SDIT Anak Shalih Cimahfar 120 siswa, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1 sebanyak 80 siswa, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru 80 siswa. Setelah peneliti menguji hipotesis penelitian, peneliti mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Keteladanan guru di SDN Bantarjati 8, SDIT Anak Shalih Cimahfar, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebanyak 223 (55,7%). (2) Keteladanan di SDN Bantarjati 8, SDIT Anak Shalih Cimahfar, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebanyak 246 (61,5%). (3) Adab siswa di SDN Bantarjati 8, SDIT Anak Shalih Cimahpar, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebanyak 227 (56,75%). (4) Ada korelasi 0,590 antara keteladanan guru dengan adab siswa yang dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel tersebut ada di kategori sedang.

References

Arief, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan

Islam, Jakarta: Ciputat Pers, Cetakan Ke-2.

Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, Cetakan Ke-15.

Bili, Seingo, 2015, Pengaruh Kecerdasan Spiritual Orangtua

dan Keteladanan Guru Terhadap Karakter Pesesrta Didik SMPN 5

Kota Kupang, Jakarta: Universitas Terbuka.

Dahlan, M., dan Muhtarom, 2016, Menjadi Guru yang Bening Hati

(Strategi Mengelola Hati di Abad Modern), Yogyakarta: Deepublish, Cetakan Ke-I.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2005, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdi, Asep Saepul, dan E. Bahruddin, 2014, Metode Penelitian

Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan.Yogyakarta: Deepublish,Cetakan Ke-I.

Hotimah, Siti Khusnul, 2014, Hilangnya Keteladanan Guru,

Republika, 27 April 2017.

Husain, Shalih bin Huwaidi Alu, 2014, Mendidik generasi Ala Shahabat Nabi, Jakarta: Griya Ilmu.

Istinganah, Ifa, 2015, Pengaruh Keteladanan Guru dan Orang

Tua Terhadap Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Siswa di MTsN

Kabupaten Belitar, Tulungagung: Institut Agama Islman Negeri.

Downloads

Published

01-01-2019

How to Cite

Hakim, L. N. (2019). HUBUNGAN KETELADANAN GURU DENGAN ADAB SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP) DI BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 95–107. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/1688

Issue

Section

Artikel