INTERACTIVE MULTIMEDIA BASED ON PROBLEM-BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS' CONCEPT UNDERSTANDING IN PHYSICS SUBJECTS

MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Authors

  • Roslina Roslina Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v10i1.18342

Keywords:

interactive multimedia, problem based learning, concept understanding, physics lesson

Abstract

Rendahnya penguasaan siswa terhadap konsep-konsep fisika kerap kali disebabkan oleh sifat mata pelajaran yang abstrak sehingga sulit dipahami serta miskonsepsi yang mereka miliki terhadap materi tersebut. Penggunaan multimedia interaktif berbasis model problem based learning diharapkan mampu menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan cara kajian pustaka (literatur review) dengan pendekatan kualitatif dalam menganalisis keefektifan multimedia interaktif berbasis model problem based learning dalam proses pembelajaran fisika. Hasil kajian pustaka ini mengungkapkan bahwa multimedia interaktif memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami konsep-konsep abstrak melalui visualisasi seperti teks, gambar dan simulasi yang dapat memudahkan pemahaman materi dalam proses pembelajaran. Model problem based learning membantu siswa menghubungkan materi pelajaran dengan situasi nyata, mendorong pemecahan masalah, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, integrasi multimedia interaktif dan model problem based learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, membantu siswa menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari, serta membangun motivasi belajar.

References

Armela, R., S. Novi, and J. Hariani. "Pengaruh Model PBL Terhadap Pemahaman

Konsep Siswa Materi Luas Jajar Genjang di Kelas VII." APOTEMA: Jurnal

Program Studi Pendidikan Matematika 5.1 (2019): 48-54.

Arsyad, Azhar. "Media pembelajaran." (2011).

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170

Branch, R. M. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.

Dwikoranto, D. (2022). Using Toulmin’s Argument Pattern on Problem Solving Model to Improve Problem-Solving Analysis Ability: Learning Alternatives During the Covid-19 Pandemic. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(2), 200–209. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i2.211

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fauziah, A. D., Susila, A. B., & Susanti, S. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Android Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Fluida Dinamis. Prosiding Seminar Nasional SNPP, 11, 164–167. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/view/5124%0Ahttps://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/viewFile/5124/2095

Gijbels, D., Van Den Bossche, P., & Loyens, S. (2013). Problem-Based Learning. International Guide to Student Achievement, 382–384. https://doi.org/10.4324/9780203850398-126

Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28

Mandasari, Y. D., Subandowo, M., & Gunawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 309–318. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p309

Nababan, E., Maria Marbun, Y., Sihombing, B., Matematika, P., & Keguruan Dan, F. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di Smp Negeri 2 Tapian Dolok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2754–2766. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8213

Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Ramlan, R., Haeruddin, H., & Kamaluddin, K. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran E-Materi Dengan Model Pembelajaran Bebasis Masalah Pada Materi Suhu Dan Kalor. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 12. https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i2.2388

Ridwan, Y. H., Zuhdi, M., Kosim, K., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 103. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3832

Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022). Improvement of Student’s Critical Thinking Ability sin Physics Materials Through The Application of Problem-Based Learning. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 534–545. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i5.247

Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985

Soprihatin, P. Y., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 129–138. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12438

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Wiyono, K., Setiawan, A., & Paulus, C. T. (2012). Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 8(1), 74–82. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI

Yusni, D., & Hurriyah. (2024). Pemanfaatan Wordwall Game Fisika Terintegrasi Social Science Issue Untuk Meransang Berpikir Kritis Peserta didik. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 171–180.

Downloads

Published

11-01-2025

How to Cite

Roslina, R. (2025). INTERACTIVE MULTIMEDIA BASED ON PROBLEM-BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ CONCEPT UNDERSTANDING IN PHYSICS SUBJECTS: MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA . Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 41–54. https://doi.org/10.32832/educate.v10i1.18342

Issue

Section

Artikel