INTERACTIVE MULTIMEDIA BASED ON PROBLEM-BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS' CONCEPT UNDERSTANDING IN PHYSICS SUBJECTS
MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v10i1.18342Keywords:
interactive multimedia, problem based learning, concept understanding, physics lessonAbstract
Rendahnya penguasaan siswa terhadap konsep-konsep fisika kerap kali disebabkan oleh sifat mata pelajaran yang abstrak sehingga sulit dipahami serta miskonsepsi yang mereka miliki terhadap materi tersebut. Penggunaan multimedia interaktif berbasis model problem based learning diharapkan mampu menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan cara kajian pustaka (literatur review) dengan pendekatan kualitatif dalam menganalisis keefektifan multimedia interaktif berbasis model problem based learning dalam proses pembelajaran fisika. Hasil kajian pustaka ini mengungkapkan bahwa multimedia interaktif memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami konsep-konsep abstrak melalui visualisasi seperti teks, gambar dan simulasi yang dapat memudahkan pemahaman materi dalam proses pembelajaran. Model problem based learning membantu siswa menghubungkan materi pelajaran dengan situasi nyata, mendorong pemecahan masalah, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, integrasi multimedia interaktif dan model problem based learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, membantu siswa menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari, serta membangun motivasi belajar.
References
Armela, R., S. Novi, and J. Hariani. "Pengaruh Model PBL Terhadap Pemahaman
Konsep Siswa Materi Luas Jajar Genjang di Kelas VII." APOTEMA: Jurnal
Program Studi Pendidikan Matematika 5.1 (2019): 48-54.
Arsyad, Azhar. "Media pembelajaran." (2011).
Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170
Branch, R. M. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.
Dwikoranto, D. (2022). Using Toulmin’s Argument Pattern on Problem Solving Model to Improve Problem-Solving Analysis Ability: Learning Alternatives During the Covid-19 Pandemic. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(2), 200–209. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i2.211
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Fauziah, A. D., Susila, A. B., & Susanti, S. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Android Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Fluida Dinamis. Prosiding Seminar Nasional SNPP, 11, 164–167. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/view/5124%0Ahttps://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/viewFile/5124/2095
Gijbels, D., Van Den Bossche, P., & Loyens, S. (2013). Problem-Based Learning. International Guide to Student Achievement, 382–384. https://doi.org/10.4324/9780203850398-126
Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28
Mandasari, Y. D., Subandowo, M., & Gunawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 309–318. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p309
Nababan, E., Maria Marbun, Y., Sihombing, B., Matematika, P., & Keguruan Dan, F. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di Smp Negeri 2 Tapian Dolok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2754–2766. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8213
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Ramlan, R., Haeruddin, H., & Kamaluddin, K. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran E-Materi Dengan Model Pembelajaran Bebasis Masalah Pada Materi Suhu Dan Kalor. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 12. https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i2.2388
Ridwan, Y. H., Zuhdi, M., Kosim, K., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 103. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3832
Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022). Improvement of Student’s Critical Thinking Ability sin Physics Materials Through The Application of Problem-Based Learning. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 534–545. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i5.247
Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985
Soprihatin, P. Y., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 129–138. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12438
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Wiyono, K., Setiawan, A., & Paulus, C. T. (2012). Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 8(1), 74–82. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI
Yusni, D., & Hurriyah. (2024). Pemanfaatan Wordwall Game Fisika Terintegrasi Social Science Issue Untuk Meransang Berpikir Kritis Peserta didik. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 171–180.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Roslina Roslina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |