THE USE OF INTERACTIVE LEARNING TECHNOLOGY TO DEVELOP DIGITAL LITERACY SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v10i1.18404Keywords:
Teknologi, Pembelajaran, Interaktif, Literasi, DigitalAbstract
Transformasi digital di era revolusi industri 4.0 telah membawa dampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Meskipun teknologi memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, implementasi teknologi di sekolah dasar di Indonesia masih belum merata, dengan hanya 35% sekolah dasar yang memanfaatkan teknologi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas teknologi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan literasi digital siswa sekolah dasar. Menggunakan pendekatan studi literatur, penelitian ini mengkaji berbagai teori pendidikan, khususnya konstruktivisme yang dikemukakan oleh Piaget dan Vygotsky, serta penerapan teknologi interaktif seperti augmented reality, video animasi, dan game edukasi dalam konteks pembelajaran dasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa teknologi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga 25%, meningkatkan motivasi belajar, serta memperkuat keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Namun, tantangan utama yang dihadapi termasuk rendahnya literasi digital di kalangan guru dan terbatasnya infrastruktur teknologi, terutama di daerah terpencil. Kebijakan pemerintah seperti Merdeka Belajar dan platform Rumah Belajar diharapkan dapat mendukung digitalisasi pendidikan, meskipun masih terdapat hambatan dalam penyediaan perangkat dan pelatihan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mewujudkan potensi penuh teknologi dalam pendidikan, diperlukan perbaikan dalam pelatihan guru, pemerataan akses infrastruktur, dan kebijakan yang lebih komprehensif dan inklusif.
Kata kunci : Teknologi, Pembelajaran, Interaktif, Literasi, Digital.
References
Agustina, D., & Wahyudi, E. (2020). Penggunaan media digital dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 4 dan 5. Jurnal Pendidikan Dasar, 25(3), 127-135.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik pendidikan dasar 2022. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id
Kemendikbudristek. (2022). Laporan kebijakan Merdeka Belajar dan platform Rumah Belajar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Daryanto. (2022). Penggunaan video pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan keterampilan praktis siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi, 18(2), 85-93.
Hartono, R. (2022). Pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan keterampilan problem-solving dan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 30(4), 104-112.
Hadiyanto, B., & Rahmawati, I. (2021). Penggunaan aplikasi e-learning dalam meningkatkan keterampilan digital siswa di daerah perkotaan dan pedesaan. Jurnal Pendidikan Digital, 10(1), 50-59.
Mulyadi, A., & Ningsih, H. (2021). Dampak penggunaan game edukasi terhadap keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Interaktif, 15(2), 75-83.
Nursalim, I., & Wijaya, H. (2020). Meningkatkan literasi digital siswa melalui aplikasi pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 102-110.
Putri, R., & Anwar, M. (2020). Aplikasi pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 24(2), 92-101.
Ramadhani, F. (2020). Penggunaan augmented reality dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 21(4), 139-147.
Setiawan, B. (2022). Teknologi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan keterampilan problem-solving. Jurnal Pendidikan Teknologi, 19(1), 35-42.
Sutrisno, M., et al. (2021). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 68-75.
Susanti, N., et al. (2021). Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Interaktif, 14(3), 115-124.
Subekti, T., & Yudhistira, I. (2020). Penggunaan teknologi pembelajaran visual dalam mempermudah pemahaman konsep matematika. Jurnal Matematika dan Teknologi, 22(1), 50-58.
Yuliana, T., et al. (2021). Penggunaan perangkat mobile dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 16(2), 89-97.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Restiyanita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |