DESIGN AND DEVELOPMENT OF A QR CODE APPLICATION AS A READING ASSISTANCE FOR VISUALLY IMPAIRED USERS OF AN ANDROID-BASED LIBRARY

RANCANG BANGUN APLIKASI QR CODE SEBAGAI ALAT BANTU BACA TUNANETRA PENGGUNA PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Setya Permana Sutisna Program Studi Teknik Mesin, Universitas Ibn Khaldun Bogor (SINTA ID:6014143)
  • Safaruddin Hidayat Al Ikhsan Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Maimunah Maimunah Teknologi Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v10i1.18477

Keywords:

Android, Aplikasi Baca, Perpustakaan Inklusif, QR Code, Tunanetra

Abstract

Penyandang tunanetra menghadapi berbagai hambatan dalam mengakses informasi, khususnya di perpustakaan kampus yang minim layanan inklusif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi baca berbasis Android untuk pengguna tunanetra dengan mengintegrasikan teknologi Quick Response (QR) dan text-to-speech. Aplikasi dirancang agar ringan, mudah digunakan, kompatibel dengan perangkat lama, serta memanfaatkan penyimpanan awan untuk mengatasi keterbatasan ruang penyimpanan lokal. Informasi koleksi perpustakaan disediakan dalam format audio, yang dapat diakses melalui kode QR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi memenuhi kebutuhan pengguna dengan menyediakan akses mudah terhadap koleksi perpustakaan. Namun, kendala terkait stabilitas koneksi internet mengindikasikan perlunya dukungan infrastruktur tambahan. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi inklusif yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan perpustakaan bagi penyandang tunanetra.

Author Biography

Setya Permana Sutisna, Program Studi Teknik Mesin, Universitas Ibn Khaldun Bogor (SINTA ID:6014143)

Google Scholar: 7NkAAAAJ

Sinta ID: 6014143

References

Basry, A. (2015). PENYIMPANAN DATA BERBASIS CLOUD SEBAGAI MITIGASI BENCANA KERUSAKAN DATA. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 6(2). https://doi.org/10.24176/simet.v6i2.460

Esmaeel, H. R. (2015). Apply Android Studio (SDK) Tools. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 5(5).

Husna, A. N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Anggraini, D. E., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program Literasi Digital untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Desa Sedayu, Muntilan, Magelang. Community Empowerment, 6(2). https://doi.org/10.31603/ce.4259

Imran, M. (2024). Peningkatan Pemberdayaan Penyandang Tunanetra melalui Perancangan Social Media Newsletter di Yayasan Sosial Tunanetra. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3587

Law, C., & So, S. (2010). QR Codes in Education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 3(1). https://doi.org/10.18785/jetde.0301.07

Ozgur, A. Z., & Gurcan, H. I. (2004). An Audio-Book Project for Blind Students at the Open Education System of Anadolu University. The Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 3(3).

Rahimi, W., & Bahri, S. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Tunanetra Di Sekolah Dasar Luar Biasa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(2).

Ranjan, A., & Navamani, T. M. (2019). Android-Based Blind Learning Application. Advances in Intelligent Systems and Computing, 904. https://doi.org/10.1007/978-981-13-5934-7_22

Downloads

Published

11-01-2025

How to Cite

Sutisna, S. P., Al Ikhsan, S. H., & Maimunah, M. (2025). DESIGN AND DEVELOPMENT OF A QR CODE APPLICATION AS A READING ASSISTANCE FOR VISUALLY IMPAIRED USERS OF AN ANDROID-BASED LIBRARY: RANCANG BANGUN APLIKASI QR CODE SEBAGAI ALAT BANTU BACA TUNANETRA PENGGUNA PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 69–77. https://doi.org/10.32832/educate.v10i1.18477

Issue

Section

Artikel