DESIGN AND DEVELOPMENT OF A QR CODE APPLICATION AS A READING ASSISTANCE FOR VISUALLY IMPAIRED USERS OF AN ANDROID-BASED LIBRARY
RANCANG BANGUN APLIKASI QR CODE SEBAGAI ALAT BANTU BACA TUNANETRA PENGGUNA PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v10i1.18477Keywords:
Android, Aplikasi Baca, Perpustakaan Inklusif, QR Code, TunanetraAbstract
Penyandang tunanetra menghadapi berbagai hambatan dalam mengakses informasi, khususnya di perpustakaan kampus yang minim layanan inklusif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi baca berbasis Android untuk pengguna tunanetra dengan mengintegrasikan teknologi Quick Response (QR) dan text-to-speech. Aplikasi dirancang agar ringan, mudah digunakan, kompatibel dengan perangkat lama, serta memanfaatkan penyimpanan awan untuk mengatasi keterbatasan ruang penyimpanan lokal. Informasi koleksi perpustakaan disediakan dalam format audio, yang dapat diakses melalui kode QR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi memenuhi kebutuhan pengguna dengan menyediakan akses mudah terhadap koleksi perpustakaan. Namun, kendala terkait stabilitas koneksi internet mengindikasikan perlunya dukungan infrastruktur tambahan. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi inklusif yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan perpustakaan bagi penyandang tunanetra.
References
Basry, A. (2015). PENYIMPANAN DATA BERBASIS CLOUD SEBAGAI MITIGASI BENCANA KERUSAKAN DATA. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 6(2). https://doi.org/10.24176/simet.v6i2.460
Esmaeel, H. R. (2015). Apply Android Studio (SDK) Tools. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 5(5).
Husna, A. N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Anggraini, D. E., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program Literasi Digital untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Desa Sedayu, Muntilan, Magelang. Community Empowerment, 6(2). https://doi.org/10.31603/ce.4259
Imran, M. (2024). Peningkatan Pemberdayaan Penyandang Tunanetra melalui Perancangan Social Media Newsletter di Yayasan Sosial Tunanetra. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3587
Law, C., & So, S. (2010). QR Codes in Education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 3(1). https://doi.org/10.18785/jetde.0301.07
Ozgur, A. Z., & Gurcan, H. I. (2004). An Audio-Book Project for Blind Students at the Open Education System of Anadolu University. The Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 3(3).
Rahimi, W., & Bahri, S. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Tunanetra Di Sekolah Dasar Luar Biasa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(2).
Ranjan, A., & Navamani, T. M. (2019). Android-Based Blind Learning Application. Advances in Intelligent Systems and Computing, 904. https://doi.org/10.1007/978-981-13-5934-7_22
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Setya Permana Sutisna, Safaruddin Hidayat Al Ikhsan, Maimunah Maimunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |