THE EFFECTIVENESS OF CHATGPT AS LEARNING TOOLS IN SUPPORTING SELF-REGULATED LEARNING IN STUDENTS: A SYSTEMATIC REVIEW
EFEKTIVITAS CHATGPT SEBAGAI LEARNING TOOLS DALAM MENDUKUNG SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA: TINJAUAN SISTEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v10i1.18557Keywords:
ChatGPT, Learning Tools, Self-Regulated Learning, SiswaAbstract
Di era digital saat ini, integrasi teknologi kecerdasan buatan dalam pendidikan menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. ChatGPT, sebagai salah satu teknologi berbasis AI, memiliki potensi besar untuk mendukung Self-Regulated Learning (SRL), yakni kemampuan siswa dalam mengatur proses belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas ChatGPT sebagai learning tool dalam mendukung SRL pada siswa, serta mengidentifikasi berbagai kendala yang dihadapi siswa dalam memanfaatkan teknologi ini. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA, dimana artikel-artikel relevan dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT efektif dalam meningkatkan strategi SRL, seperti penetapan tujuan, manajemen waktu, refleksi diri, dan pencarian bantuan. Teknologi ini juga berkontribusi dalam meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Namun, tantangan ditemukan dalam keterbatasan ChatGPT memberikan umpan balik yang spesifik dan adaptif, khususnya bagi siswa dengan literasi AI rendah. Selain itu, interaksi yang kurang optimal dengan teknologi ini juga menjadi kendala, karena siswa memerlukan pemahaman yang lebih baik dalam memberikan instruksi yang jelas dan terstruktur. Oleh karena itu, peningkatan literasi AI siswa dan pengembangan fitur adaptif sangat diperlukan untuk mengoptimalkan peran ChatGPT dalam mendukung pembelajaran mandiri di era digital ini.
References
Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). Self Regulated Learning Sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik Dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016–2139.
Faisal, M. (2024). Dampak Kecerdasan Buatan (AI) terhadap Pola Pikir Cerdas Mahasiswa di Pontianak. NUCLEUS, 5(1), 60–66. https://doi.org/10.37010/nuc.v5i1.1684
Javaid, M., Haleem, A., Singh, R. P., Khan, S., & Khan, I. H. (2023). Unlocking the opportunities through ChatGPT Tool towards ameliorating the education system. BenchCouncil Transactions on Benchmarks, Standards and Evaluations, 3(2). https://doi.org/10.1016/j.tbench.2023.100115
Kurniawan, H., Sasama W.U, A., & Tambunan, R. W. (2024). Potensi AI dalam Meningkatkan Kreativitas dan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(1), 10–17. https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.285
Ng, D. T. K., Tan, C. W., & Leung, J. K. L. (2024). Empowering student self-regulated learning and science education through ChatGPT: A pioneering pilot study. British Journal of Educational Technology, 55(4), 1328–1353. https://doi.org/10.1111/bjet.13454
Prambudi, A. R., & Sinaga, F. M. (2024). Penggunaan Chat GPT sebagai Alat Bantu dalam Proses Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6). https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Robiul R., D., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika |, 2(1), 124–134.
Suyuti, Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 06(01), 1–11.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Faridzi Tamrin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |