Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.8148Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penggunaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di PAUD Al Falah Bekasi. (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di PAUD Al Falah Bekasi. (3) mendeskripsikan hasil penggunaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di PAUD Al Falah Bekasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di PAUD Al Falah Bekasi. Subjek penelitian terdiri Pengelola PAUD, 2 orang guru, dan 2 orang tua. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukan bahwa (1) proses penggunaan metode bernyanyi dilaksanakan dengan berbagai pendekatan, materi, dan lagu yang menarik minat anak usia dini (2) faktor pendukung penggunaan metode bernyanyi adalah sarana prasarana, lagu yang disukai anak-anak, pendidik yang mampu bernyanyi, dan minat anak usia dini. Sedangkan, faktor penghambat penggunaan metode bernyanyi adalah motivasi anak (3) hasil dari penggunaan metode bernyanyi adalah anak memiliki kemampuan keaksaraan, mampu menerima bahasa, mampu mengungkapkan bahasa, dan memiliki kosa kata yang beragam.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini
References
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.
Riana, E. D. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini ditaman kanak-kanak Nurul Huda Desa Suka Maju kabupaten muaro jambi. Jambi: Univesitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Ramdhiani, R. (2021). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Journal Riset Pendidikan Guru PAUD, Volume 1, No. 2, Tahun 2021.
Ashadi, F. (2018). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di Tk Kanzul Makarim Glenmore Banyuwangi. Education Journal: Journal Education Research and Development, Volume 2, Nomor 2, Agustus 2018.
Sari, D. K. (2020). Upaya Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sdn 10 Belutu. CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1 No 1 Januari 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |