PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKATIF MATERI MATA PENCAHARIAN KELAS IV DI SD NEGERI SOKOWATEN BARU
DEVELOPMENT OF EDUCATIONAL APPLICATIONS ON THE SUBJECT OF LIVELIHOODS IN CLASS IV AT THE SOKOWATEN BARU ELEMENTARY SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v10i2.20706Keywords:
aplikasi edukatif, ADDIE, IPS, mata pencaharian, educational application, nearpod, elementary social studies, occupationsAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan aplikasi edukatif berbasis teknologi untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi “Mata Pencaharian” bagi peserta didik kelas IV SD Negeri Sokowaten Baru, Bantul. Proses pengembangan mengikuti model ADDIE yang meliputi lima tahapan: analisis kebutuhan, desain konten dan media, pengembangan aplikasi, implementasi, serta evaluasi. Pada tahap analisis, kuesioner dan wawancara dengan guru serta peserta didik mengungkap kesenjangan pemahaman konsep pekerjaan dan keterbatasan media interaktif. Konten visual dirancang di Canva, refleksi dilakukan melalui Padlet, evaluasi interaktif menggunakan Quizizz, dan seluruh rangkaian dipadukan dalam platform Nearpod. Validasi tiga ahli menunjukkan skor rata‑rata 3,93 (kategori sangat baik). Implementasi uji coba kelompok kecil melibatkan lima peserta didik; hasil pretest dan posttest memperlihatkan peningkatan skor rata‑rata dari 5,6 menjadi 9,4 dengan effect size Cohen’s d = 3,33 (kategori sangat tinggi). Hasil tersebut menegaskan bahwa integrasi multimedia dan gamifikasi dalam Nearpod efektif meningkatkan pemahaman konsep mata pencaharian serta motivasi belajar peserta didik.
References
Ibrahim, S. A., Yusuf, M. F., Husain, H. , I., Mamu, D. . H., & Katili, S. A. (2025). VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL EDUKATIF (MIE) MATA KULIAH KURIKULUM DAN PENGAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anifah Putri Rahmadani Putri Rahmadani, Ignatius Kevin Susanto, Stefani Mercy Denisa, Vinsensius Anjudo Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
| Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |





