KELAS CERDAS DIGITAL: TRANSFORMASI TEKNOLOGI YANG MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

DIGITAL SMART CLASSROOM: TECHNOLOGICAL TRANSFORMATION THAT IMPROVES THE QUALITY OF LEARNING

Authors

  • Jumadi Jepri Universitas Indraprasta PGRI
  • Ruben Edward Universitas Indraprasta PGRI
  • Erlis Thertina Universitas Indraprasta PGRI
  • Rangga Permana Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v10i2.21118

Keywords:

Kelas cerdas digital, inovasi teknologi, pembelajaran digital, literasi digital, pendidikan abad ke-21

Abstract

Transformasi pendidikan di era digital menuntut integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya inovatif yang berkembang adalah penerapan kelas cerdas digital yang menggabungkan kecerdasan buatan, media interaktif, dan platform daring untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat, tantangan, dan strategi implementasi kelas cerdas digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah artikel dan jurnal ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2020–2025, berbahasa Indonesia atau Inggris, dan relevan dengan topik kelas cerdas digital. Sumber diperoleh dari database akademik seperti Google Scholar, SpringerLink, dan ERIC. Seleksi dilakukan melalui penyaringan judul-abstrak dan pembacaan penuh. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik melalui teknik pengkodean untuk mengidentifikasi tema utama: manfaat, tantangan, dan strategi pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas cerdas digital meningkatkan keterlibatan siswa, mendukung pembelajaran yang dipersonalisasi, serta mengembangkan keterampilan abad ke-21. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya pelatihan guru, pembaruan kurikulum, penguatan infrastruktur, serta kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan sektor swasta agar transformasi digital dalam pendidikan berjalan efektif dan berkelanjutan.

References

Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran penggunaan teknologi dalam pembelajaran IPS di era digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44-52.

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis digital. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 13-23.

Arifin, Z., Putra, A., & Sari, R. (2024). Kesenjangan Infrastruktur Teknologi dan Dampaknya terhadap Pendidikan Digital. Jurnal Pendidikan Nusantara, 5(2), 89-97.

Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300-309.

Calora, I. P., Arif, M., & Rofiq, M. H. (2023). Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Kelas Digital di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6 (2), 321–331.

Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak Teknologi Digital terhadap Pendidikan Saat Ini. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(1), 145-163.

Hasnawiyah, H., & Maslena, M. (2024). Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Prestasi Belajar Sains Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 10(2), 167-172.

Hidayat, R., & Rahmat, A. (2023). Akses Pendidikan melalui Platform Digital: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 34-42.

Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam mendukung pembelajaran mandiri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2).253-258.

Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi teknologi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi wordwall website pada mata pelajaran PAI di masa penerapan pembelajaran jarak jauh: tinjauan pustaka. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 192-205.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Era Digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222.

Mulyana, R. A. (2024). Inovasi Disruptif dalam Pendidikan: Pembelajaran Mutakhir. Jurnal Islam Transformatif, 1(1), 183-198.

Nugroho, A., Santoso, B., & Wijaya, C. (2023). Gamifikasi dalam Pembelajaran: Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(4), 112-120.

Pratama, B., & Sari, R. (2023). Kelas Cerdas Digital: Transformasi Pembelajaran di Era Teknologi. Jurnal Edukasi Modern, 5(3), 78-85.

Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 323-329.

Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533-540.

Rahayu, S., & Santoso, D. (2024). Internet untuk Sekolah: Solusi Kesenjangan Digital. Jurnal Teknologi Informasi, 8(2), 45-53.

Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan Buatan: Resiko, Tantangan Dan Penggunaan Bijak Pada Dunia Pendidikan. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13-25.

Santoso, B., Wulandari, T., & Nugroho, A. (2024). Kolaborasi Daring dalam Pembelajaran: Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Pendidikan Digital, 9(1), 23-31.

Siregar, N. S., Siregar, P. S., & Gusmaneli, G. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 01-09.

Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi dalam Pendidikan Modern. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5), 25-35.

Susanti, R., & Pratama, B. (2024). Personalisasi Pembelajaran melalui Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2), 56-64.

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281-288.

Widodo, H., Sari, R., & Pratama, A. (2023). Pelatihan Guru untuk Integrasi Teknologi Pendidikan. Jurnal Pengembangan Profesional, 5(1), 67-74.

Widodo, Y. B., Sibuea, S., & Narji, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Meningkatkan Pembelajaran Personalisasi. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2), 602-615.

Wulandari, T., & Setiawan, D. (2024). Analitik Data dalam Pembelajaran: Meningkatkan Efektivitas Pengajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 89-97.

Downloads

Published

31-07-2025

How to Cite

Jepri, J., Edward, R., Thertina, E., & Permana, R. (2025). KELAS CERDAS DIGITAL: TRANSFORMASI TEKNOLOGI YANG MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN: DIGITAL SMART CLASSROOM: TECHNOLOGICAL TRANSFORMATION THAT IMPROVES THE QUALITY OF LEARNING. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 338–347. https://doi.org/10.32832/educate.v10i2.21118