IMPLEMENTASI MODEL PjBL PADA MATA KULIAH PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNM
IMPLEMENTATION OF THE PJBL MODEL IN THE EDUCATIONAL TECHNOLOGY STUDY PROGRAM COURSE FIP UNM
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v10i2.21121Keywords:
Model Pembelajaran, Model PjBL, Mahasiswa, Teknologi PendidikanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan inovasi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan kolaboratif dan partisipatif sesuai tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU) Nomor 7 di perguruan tinggi. Permasalahan utama yang diangkat adalah implementasi model Project-Based Learning dalam menembangkan keterampilan kolaborasi, partisipasi, serta soft skills mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model Project-Based Learning pada mata kuliah Pameran Teknologi Pendidikan dan Seminar Permasalahan Teknologi Pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode survey, observasi, studi dokumen, dan wawancara mendalam. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah terkait, dengan sampel sebanyak 168 mahasiswa dari 174 yang terdaftar, serta dosen pengampu mata kuliah Pameran Teknologi Pendidikan dan Seminar Permasalahan Teknologi Pendidikan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project-Based Leaning mampu meningkatkan keterlibatan, kolaborasi, dan partisipasi mahasiswa, meskipun masih ditemukan tantangan seperti ketidakseimbangan kontribusi dan kendala penggalangan dana. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa model Project-Based Learning yang diterapkan dapat membangun kompetensi kolaboratif dan partisipatif mahasiswa, namun perlu dukungan dan strategi lanjutan untuk mengatasi hambatan yang ada.
References
Badan Penjaminan Mutu Universitas Wijaya Putra. (2022). Laporan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bidang Akademik Program Studi Magister Hukum Tahun Akademik 2021/2022. Surabaya: BPM UWP.
Dewi, S., & Fauziati, E. (2021). Peran interaksi sosial dalam perkembangan kognitif berdasarkan teori Vygotsky. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 120-130.
Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP: Systematic review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135-144.
Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, Universitas Pasundan.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek). (2023). Pembelajaran Berpusat pada Siswa atau Guru? Kompas.id
Kristiani, R., Oktafany, G., Setiawan, G., & Lisiswanti, R. (2024). Hubungan keterlibatan mahasiswa terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medula, 11(1), 2197-2205.
Komansilan, R., Rumbayan, M., & Rumagit, A. (2024). Aplikasi sistem monitoring proyek mahasiswa pendukung pembelajaran berbasis proyek dan magang. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer.
Lembaga Jaminan Mutu Universitas Borobudur. (2024). Pedoman Monitoring dan Evaluasi Kinerja Dosen dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Universitas Borobudur.
Martin, L. (2021). Implementasi Pendidikan Progresif John Dewey dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 15-29.
Nanlohy, et al. (2025). Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 5(1), 110-120.
Qalbia, M., & Saputra, A. (2024). Peran sistem pengendalian manajemen dalam penerapan strategi organisasi. Jurnal Manajemen Kontemporer, 5(1), 12-25.
Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk membantu siswa berpikir kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Amriani Amir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
| Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |





