PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNM

THE EFFECT OF USING E-MODULES IN PROJECT-BASED LEARNING EVALUATION COURSES ON IMPROVING THE CRITICAL THINKING SKILLS OF STUDENTS IN EDUCATIONAL TECHNOLOGY AT THE FACULTY OF EDUCATION, UNIVERSITY OF MAKASSAR

Authors

  • Andi Tenri Sugi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v10i2.21122

Keywords:

E-Modul, Evaluasi Pembelajaran, Berpikir Kritis, Mahasiswa

Abstract

Abstrak berisi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-Modul berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada keterbatasan media pembelajaran yang digunakan, yang masih kurang interaktif dan belum mendorong kemampuan berpikir kritis mahasiswa secara optimal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment model one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar yang menempuh mata kuliah Evaluasi Pembelajaran. Validator terdiri dari ahli materi, E-Modul yang digunakan juga dinilai sangat layak oleh validator ahli dengan tingkat validitas sangat valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, kuesioner, serta pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-Modul berdampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, nilai rata-rata pre-test dan dan post-test meningkat. Dengan demikian, E-Modul berbasis proyek terbukti menjadi alternatif bahan ajar yang efektif, inovatif, dan adaptif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

References

Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Kalor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 193–202.

Amelya, L. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbentuk Flipbook Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. Syntax Literate, 8(4).

Aurelia, T. (2023, January 27). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Indonesia: Rendah Atau Tinggi? K-Pin.Org. Https://Buletin.K-Pin.Org/Index.Php/Arsip-Artikel/1200-Kemampuan-Berpikir-Kritis-Siswa-Di-Indonesia-Rendah-Atau-Tinggi

Febriati, F. (2025). Pemanfaatan E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Self Directed Learning Siswa dalam Pembelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam: Jejak dan Dakwah Khulafaur Rasyidin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 126–132. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/jukemas

Fidia Amalia, & Enny Susiyawati. (2023). Persepsi Siswa terhadap E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekologi. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 638–643. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1131

Fricticarani, A., Hayati, A., Hoirunisa, I., & Mutiara Rosdalina, G. (2023). STRATEGI PENDIDIKAN UNTUK SUKSES DI ERA TEKNOLOGI 5.0. 4(1).

Hazijah, N. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp/Mts (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Https://Bpm.Unair.Ac.Id/Permendikbudristek-No-53-Tahun-2023-Tentang-Penjaminan-Mutu-Pendidikan-Tinggi/

Silaban, T. R. L. (2021). Pengembangan E-Modul Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sman 5 Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Mariana, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 12(1), 233-239.

Downloads

Published

31-07-2025

How to Cite

Andi Tenri Sugi. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNM: THE EFFECT OF USING E-MODULES IN PROJECT-BASED LEARNING EVALUATION COURSES ON IMPROVING THE CRITICAL THINKING SKILLS OF STUDENTS IN EDUCATIONAL TECHNOLOGY AT THE FACULTY OF EDUCATION, UNIVERSITY OF MAKASSAR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 306–324. https://doi.org/10.32832/educate.v10i2.21122