PENGARUH STRATEGI STUDY TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3079Keywords:
Active learning, study tournament, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetisi belajar antar mahasiswa, mahasiswa kurang aktif dalam bertanya, menjawab atau menanggapi pertanyaan, kurangnya kerjasama mahasiswa dalam kelompok, kurang fokusnya mahasiswa dalam pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat hasil belajar konsep dasar IPA SD 1 mahasiswa prodi PGSD STKIP ADZKIA dengan menggunakan strategistudy tournament.Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa PRODI PGSD STKIP Adzkia Padangterdiri dari 5 kelas sebanyak 135 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai t tabel t(0,975)(78) = 1,99085, sedangkan dari perhitungan diperoleh t = 2,012, jadi thitung> t(1-1/2 ) = 2,012> 1,99085. Kesimpulannya ada pengaruh yang berarti dalam penerapan Active learning tipe study tournament terhadap hasil belajar mahasiswaReferences
Halim, F. Z., Suroto, & Soerjono, B. (2013). Model Pembelajaran Cooperative Dengan Pendekatan Active Learning Pada Materi Aljabar (Cooperative Learning Model With Active Learning Approaching At Algebraic). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 83–96. Retrieved from http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/Model-Pembelajaran-Cooperative-dengan-Pendekatan-Active-Learning-pada-Materi-Aljabar.pdf
Hanafiah;, & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayat, N., & Rahmawati, Y. (2012). Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Pada Mata. Al-Bidayah, 4(1).
Maielfi, D. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sdn 03 Anduring Padang. Curricula, 4(1), 20. https://doi.org/10.22216/jcc.2019.v4i1.1936
Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manan, A. L. (2011). Abstrak Pendahuluan Metode. Agastya, 1(2), 248–261.
Masril. (2017). Learning Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, VIII(2).
Minarno, S. A., & Pramukantoro, J. . (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inquiry – Based Learning Teknik Questioning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Cd Player Di Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 333–342.
Nurlaili. (2016). Jurnal konseling dan pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 20–28. Retrieved from http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/165/142
Putri, L. D., Deswalantri, & Haida, F. (2020). Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Learning Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Putra SMP. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(1), 13–20.
Rosida, P., & Suprihatin, T. (2011). Pengaruh Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas 2 Smu. Proyeksi, 6(2), 89–102. https://doi.org/10.30659/p.6.2.89-102
Silberman, M. L. (2013). Active Learning. Bandung: Nuansa Cendikia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di sekolah dasar. Jakarta: Prenada media Group.
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Widyaningsih, S. W., & Mujasam, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Learning Tournament Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Sma Negeri Ii Manokwari Papua Barat. Berkala Fisika Indonesia, 7(2), 27–38.
Zakia, A., Zuzano, F., & Amrina, Z. (2014). Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe learning tournament diiring reward dalam pembelajaran matematika siswa kelas viii smpn 3 palembayan (pp. 38–43). Pp. 38–43. Universitas bung hatta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |