PENGARUH STRATEGI STUDY TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Dini Maielfi STKIP ADZKIA
  • Evi Desmariani
  • Vivi Puspita
  • Asrina Mulyati

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3079

Keywords:

Active learning, study tournament, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetisi belajar antar mahasiswa, mahasiswa kurang aktif dalam bertanya, menjawab atau menanggapi pertanyaan, kurangnya kerjasama mahasiswa dalam kelompok, kurang fokusnya mahasiswa dalam pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat hasil belajar konsep dasar IPA SD 1 mahasiswa prodi PGSD STKIP ADZKIA dengan menggunakan strategistudy tournament.Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa PRODI PGSD STKIP Adzkia Padangterdiri dari 5 kelas sebanyak 135 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai t tabel t(0,975)(78) = 1,99085, sedangkan dari perhitungan diperoleh t = 2,012, jadi thitung> t(1-1/2 ) = 2,012> 1,99085. Kesimpulannya ada pengaruh yang berarti dalam penerapan Active learning tipe study tournament  terhadap hasil belajar mahasiswa

Author Biography

Dini Maielfi, STKIP ADZKIA

Program Studi PGSD, Pangkat Asisten Ahli

References

Halim, F. Z., Suroto, & Soerjono, B. (2013). Model Pembelajaran Cooperative Dengan Pendekatan Active Learning Pada Materi Aljabar (Cooperative Learning Model With Active Learning Approaching At Algebraic). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 83–96. Retrieved from http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/Model-Pembelajaran-Cooperative-dengan-Pendekatan-Active-Learning-pada-Materi-Aljabar.pdf

Hanafiah;, & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayat, N., & Rahmawati, Y. (2012). Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Pada Mata. Al-Bidayah, 4(1).

Maielfi, D. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sdn 03 Anduring Padang. Curricula, 4(1), 20. https://doi.org/10.22216/jcc.2019.v4i1.1936

Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manan, A. L. (2011). Abstrak Pendahuluan Metode. Agastya, 1(2), 248–261.

Masril. (2017). Learning Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, VIII(2).

Minarno, S. A., & Pramukantoro, J. . (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inquiry – Based Learning Teknik Questioning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Cd Player Di Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 333–342.

Nurlaili. (2016). Jurnal konseling dan pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 20–28. Retrieved from http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/165/142

Putri, L. D., Deswalantri, & Haida, F. (2020). Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Learning Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Putra SMP. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(1), 13–20.

Rosida, P., & Suprihatin, T. (2011). Pengaruh Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas 2 Smu. Proyeksi, 6(2), 89–102. https://doi.org/10.30659/p.6.2.89-102

Silberman, M. L. (2013). Active Learning. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di sekolah dasar. Jakarta: Prenada media Group.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Widyaningsih, S. W., & Mujasam, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Learning Tournament Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Sma Negeri Ii Manokwari Papua Barat. Berkala Fisika Indonesia, 7(2), 27–38.

Zakia, A., Zuzano, F., & Amrina, Z. (2014). Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe learning tournament diiring reward dalam pembelajaran matematika siswa kelas viii smpn 3 palembayan (pp. 38–43). Pp. 38–43. Universitas bung hatta.

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

Maielfi, D., Desmariani, E., Puspita, V., & Mulyati, A. (2020). PENGARUH STRATEGI STUDY TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 01–08. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3079

Issue

Section

Artikel