PENGEMBANGAN MEDIA ALAT PERAGA EDUKATIF INTERAKTIF (APEI) LABORATORIUM BENGKEL BELAJAR BERBASIS CUSTOM BY USER
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4047Keywords:
Alat Peraga Edukatif Interkatif, Laboratorium Bengkel Belajar, Custom by UserAbstract
Peningkatan hasil belajar salah satunya diindikasikan pada pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik. Hasil pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan alat peraga edukatif dalam proses pembelajaran. Penggunaan alat peraga edukatif yang interaktif (APEI) berbasis custum by user dapat membantu kesulitan belajar dan meningkatkan pemahaman konsep siswa pada masa pandemi covid 19. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pengembangan alat peraga edukatif interaktif yang diuji kelayakan dan keefektifannya pada laboraturium bengkel belajar fakultas agama islam universitas muhammadiyah sidaorjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil kelayakan dalam penelitian ini dari validitas ahli konten mencapai 98,5%, ahli desain 92,5%, dan ahli media 96,5% yang artinya bahwa APEI ini mendapatkan nilai sanggat layak dari para ahli. Adapun hasil uji efektifitas, dapat disimpulkan bahwa APEI sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan prestasi peserta didik.
References
Amir, M. F. (2015a). Pengaruh Pembelajaran Konstektual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 01(07), 34–42.
Amir, M. F. (2015b). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 01(02), 159–170. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150
Arifin, M.B.U.B., Nurdyansyah, Rindaningsih, I., & Fauji, I. (2019). Teaching media of fiqh magazine model to improve prayer understanding in primary school students. Universal Journal of Educational Research, 7(8). https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070821
Arifin, Moch. Bahak Udin By;, & Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press. https://docplayer.info/168747087-Buku-ajar-metodologi-penelitian-pendidikan.html
Arifin, Moch. Bahak Udin By, Nurdyansyah, N., & Rais, P. (2018). An Evaluation of Graduate Competency in Elementary School. 125(Icigr 2017), 95–97. https://doi.org/10.2991/icigr-17.2018.23
Gall, W. B. M. D. (1983). Educational Research an Introduction. Logman.
Kusumodestoni, R. H., Zyen, A. K., & Arifin, Z. (2015). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Tentang Alat Peraga Edukatif Menggunakan Adobe Flash. Jurnal Dispotek, 6(2), 66–76.
Musfiqon, Muhammad; Arifin, M. B. U. B. (2015). Pengawas sekolah profesional. Nizamia Learning Center.
Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Islam.
Sabari, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Quantum Teaching.
Sriyanto. (2017). Mengobarkan Api Matematika. Sukabumi. CV Jejak.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Afabeta.
Suhimarsono, R. (2017). Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi.
Uzer, U. dan. (2009). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Wahid, Yusril; Nuzulia, Nuril; Arifin, M. B. U. B. (2020). Development of Learning Media for PENA ( Puzzle Nusantara ) Material for Cultural Diversity to Improve Learning Outcomes for Class IV Students at MIS Al-Falah ( Puzzle Nusantara ) Materi Keberagaman. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 101–111. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.
Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa terpadu berkarakter menggunakan pendekatan humanistik berbantu alat peraga murah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 76–82. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2513
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |