IMPLEMENTASI PARENTING DALAM DEMOKRASI SOCIETY PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SEKOLAH DASAR DRAMAGA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4261Keywords:
Parenting, Demokrasi Sociaty, Program BDRAbstract
Esensi Physical Distancing dengan mengalihkan pembelajaran tatap muka ke dalam sistem pembelajran daring yang mengharuskan semua komponen untuk melakukan Program Belajar dari Rumah (BDR). Program ini mesti dilakukan dengan Demokrasi Society, baik oleh pendidik maupun orang tua, tiada lain guna berkontribusi untuk mendidik anak lebih maksimal di rumah secara daring.
Tujuan penelitian ini, yakni untuk mengetahui parenting dimensi kontribusi orang tua dalam mewujudkan demokrasi society peserta didik dalam Program BDR di masa New Normal Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam
Hasil peneitian ini menunjukan bahwa (1). Peran orang tua dalam Program Belajar Dari Rumah (BDR) yaitu sebagai pembimbing, pendidik, dan pengasuh dalam mengembangkan potensi serta bakat anak sesuai dengan instruksi pembelajaran guru kelas, akan tetapi fungsi tersebut dianggap kurang maksimal karena dipengaruhi oleh rendahnya latar belakang pendidikan, sibuk bekerja dan kurangnya perhatian menyebabkan anak tidak termotivasi belajar, tidak mengerjakan tugas harian dan lebih memilih bermain. (2). Demokrasi Sociaty peserta didik dalam aspek perhatian, keadilan, pembimbingan dan arahan belajar dianggap tidak terpenuhi, dibuktikan dengan banyak peserta didik yang tidak mau ditemani belajar oleh orang tua mereka karena dianggap galak, tidak sabar dan bahkan terjadi kekerasan. (3). Orang tua memiliki hambatan sarana dan prasarana terbatas terutama ketiadaan handphone 4G yang menyebabkan sarana belajar, seperti group whatapps, video pembelajaran dan quis berbasis foam antara guru, komite sekolah dan orang tua menjadi tidak efektif dan efisien.References
Cleland, J., McKimm, J., Fuller, R., Taylor, D., Janczukowicz, J., & Gibbs, T. (2020). Adapting to the impact of COVID-19: Sharing stories, sharing practice. Medical Teacher, 0(0), 1–4. https://doi.org/10.1080/0142159X.2020.1757635
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–https://ummaspul.e-ournal.id/Edupsycouns/article/view/397
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Nooraeni R. (2017), Implementasi Program Parenting dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut, Jurnal PLS Volume 13, Nomor 2, Oktober 2017.
Jamaris.M.(2010). Oreientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasasn Penamas Murni
J.Syahran,(2014), Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Islam, Nadwa:Vol. 8, Nomor 2, Oktober 2014.
Winarti, A. (2020). , Vol. II, No.2 September 2020. II(2), 131–145.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |