Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya di Kelas IX SMP Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor”

Authors

  • Inne Cahyani
  • Mohammad Givi efgivia

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4530

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Tujuannya adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar seni budaya, 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar seni budaya dan 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh dan hasil belajar siswa. motivasi terhadap hasil belajar seni budaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apakah ada pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar seni budaya? 2) Adakah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar seni budaya? 3) Apakah ada pengaruh pembelajaran jarak jauh dan motivasi siswa terhadap hasil belajar seni budaya.

Metode penelitian ini menggunakan metode analisis jalur. Sampel terdiri dari 35 siswa dengan teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan nilai thitung sebesar 4,476 lebih besar dari ttabel sebesar 2,037, dan diketahui bahwa sig. (0,00) lebih kecil dari taraf signifikansi α (0,05) sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Jarak Jauh terhadap hasil belajar seni budaya. Kedua, pengaruh Motivasi Belajar terhadap hasil belajar seni budaya menunjukkan thitung sebesar 2,503 lebih besar dari t tabel sebesar 2,037 dan diketahui bahwa sig. (0,00) lebih kecil dari taraf signifikansi α (0,05) sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar seni budaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran jarak jauh dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar seni budaya.

References

Wawan Setiawan & Munir. 2006. Introduction to Information and Communication Technology. Bandung: UPI press.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Research Procedure a Practical Approach. Jakarta:RinekaCipta.

Amri, Sofan. 2013. Development and Learning Model in Curriculum 2013. Jakarta:Pustakarya'sAchievements.

Munir, 2008. Curriculum Based on Information and Communication Technology.

Bandung:Alfabeta.

Sardiman, 2011. Interaction and Motivation for Teaching and Learning. Jakarta:KingGarfindoPersada.

MG Efgivia, 2019. Pengaruh Media Blanded Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor- Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan.

Sudjana, 2009. Statistical Method. Bandung: Tarsito.

Toto Fathoni, Dadang sukirman and Cepi Riyana, 2011. ICT-Based

Downloads

Published

23-01-2021

How to Cite

Cahyani, I., & efgivia, M. G. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya di Kelas IX SMP Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor”. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 91–98. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4530

Issue

Section

Artikel