Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya di Kelas IX SMP Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor”
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4530Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Tujuannya adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar seni budaya, 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar seni budaya dan 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh dan hasil belajar siswa. motivasi terhadap hasil belajar seni budaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apakah ada pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar seni budaya? 2) Adakah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar seni budaya? 3) Apakah ada pengaruh pembelajaran jarak jauh dan motivasi siswa terhadap hasil belajar seni budaya.
Metode penelitian ini menggunakan metode analisis jalur. Sampel terdiri dari 35 siswa dengan teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan nilai thitung sebesar 4,476 lebih besar dari ttabel sebesar 2,037, dan diketahui bahwa sig. (0,00) lebih kecil dari taraf signifikansi α (0,05) sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Jarak Jauh terhadap hasil belajar seni budaya. Kedua, pengaruh Motivasi Belajar terhadap hasil belajar seni budaya menunjukkan thitung sebesar 2,503 lebih besar dari t tabel sebesar 2,037 dan diketahui bahwa sig. (0,00) lebih kecil dari taraf signifikansi α (0,05) sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar seni budaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran jarak jauh dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar seni budaya.
References
Wawan Setiawan & Munir. 2006. Introduction to Information and Communication Technology. Bandung: UPI press.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Research Procedure a Practical Approach. Jakarta:RinekaCipta.
Amri, Sofan. 2013. Development and Learning Model in Curriculum 2013. Jakarta:Pustakarya'sAchievements.
Munir, 2008. Curriculum Based on Information and Communication Technology.
Bandung:Alfabeta.
Sardiman, 2011. Interaction and Motivation for Teaching and Learning. Jakarta:KingGarfindoPersada.
MG Efgivia, 2019. Pengaruh Media Blanded Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor- Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan.
Sudjana, 2009. Statistical Method. Bandung: Tarsito.
Toto Fathoni, Dadang sukirman and Cepi Riyana, 2011. ICT-Based
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |