Penilaian Presentasi Infografis Materi Pedagogi Seni Pertunjukan untuk Mendukung Pembelajaran Zoom Meeting
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4888Keywords:
infographic, zoom, arts learning, performing artsAbstract
Pembelajaran utama secara daring sampai saat ini masih dilaksanakan di semua tingkat dan jenis pendidikan, tak terkecuali di pendidikan tinggi kesenian. Terkait hal ini, pengajar perlu memanfaatkan teknik-teknik instruksional yang dapat mendukung kinerja secara daring. Peneliti telah melakukan implementasi pendekatan synchronous pembelajaran daring dengan aplikasi Zoom Meeting di lingkungan Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan. Berangkat dari hal tersebut, maka telah diterapkan teknik instruksional dengan presentasi infografis untuk penyampaian materi melalui kelas Zoom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan desain presentasi berbasis infografis tentang materi pedagogi (pendidikan dan pembelajaran) seni pertunjukan dari sudut pandang ahli media. Metode riset yang dilakukan adalah validasi ahli atau survei pakar (experts judgement survey). Pengambilan data melalui survei daring dengan instrumen kuesioner yang terdiri dari 4 kategori penilaian (total item 32). Sumber data adalah sepuluh ahli media dari kalangan dosen Teknologi Pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui penjumlahan rerata skor hasil survei, kemudian membagi ke setiap total kategori dan total skor per responden, serta mengonversi ke 4 kategori nilai kualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi infografis yang diimplementasikan memiliki nilai kelayakan tinggi. Pembuatan presentasi infografis dalam implementasi penelitian ini menyesuaikan berbagai macam rekomendasi dari penelitian sebelumnya, sehingga media yang dihasilkan memiliki kelayakan tinggi dari persepsi ahli. Studi ini menyimpulkan bahwa desain presentasi berbasis infografis tentang materi kependidikan dan pembelajaran untuk pendidikan seni pertunjukan, telah dinyatakan layak dari sudut pandang ahli media. Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan implikasi pada pengajaran materi kependidikan dan pembelajaran untuk kawasan bidang studi lain yang masih relevan. Penelitian mendatang dapat diarahkan untuk survei persepsi dari sudut pandang peserta didik yang menjadi audiens dari pemanfaatan media terkait.
References
Adi, D., & Ariesta, I. (2019). Infographic in relation to the human information - Processing system and its effectiveness to deliver complex information. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012256
Aguilera-hermida, A. P. (2020). College students use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1(September), 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011
Akhmad, R., Sugandi, D., Nandi, N., & Rahmawati, R. (2018). Infographic Design as Visualization of Geography Learning Media. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012011
Al-Dairy, H. M., & Al-Rabaani, A. H. (2018). An Analytical Study of Research Orientations for Infographies Applications in Education. 2017 6th International Conference on Information and Communication Technology and Accessbility, ICTA 2017, 2017-Decem, 1–5. https://doi.org/10.1109/ICTA.2017.8336059
allppt.com. (n.d.). Retrieved from https://www.free-powerpoint-templates-design.com/
Alqudah, D., Bidin, A. Bin, & Hussin, M. A. H. B. M. (2019). The impact of educational infographic on students' interaction and perception in Jordanian higher education: Experimental study. International Journal of Instruction, 12(4), 669–688. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12443a
Alyahya, D. (2019). Infographics as a learning tool in higher education: The design process and perception of an instructional designer. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(1), 1–15. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.1.1
Damyanov, I., & Tsankov, N. (2018). The role of infographics for the development of skills for cognitive modeling in education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(1), 82–92. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i01.7541
Gallagher, S. E., O'Dulain, M., O'Mahony, N., Kehoe, C., Mccarthy, F., & Morgan, G. (2017). Instructor-provided summary infographics to support online learning. Educational Media International, 54(2), 1–19. https://doi.org/10.1080/09523987.2017.1362795
Johnson, R. B., & Christensen, L. (2014). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (5th ed.). California: SAGE Publications,.
Jones, N. P., Sage, M., & Hitchcock, L. (2019). Infographics as an assignment to build digital skills in the social work. Journal of Technology in Human Services, 37(2–3), 1–23. https://doi.org/10.1080/15228835.2018.1552904
Kibar, P. N., & Akkoyunlu, B. (2017). Fostering and assessing infographic design for learning: the development of infographic design criteria. Journal of Visual Literacy, 36(1), 20–40. https://doi.org/10.1080/1051144X.2017.1331680
Lucius, C. R., & Fuad, A. (2017). Coloring your information: How designers use theory of color in creative ways to present infographic. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 277(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/277/1/012044
Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) (2nd ed.). Yogyakarta: Parama Publishing.
Pratama, U. N. (2020). Analisis gaya belajar mahasiswa pendidikan seni pertunjukan berdasarkan modalitas preferensi sensori. JINOTEP Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(2), 107–115. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p107
Pratama, U. N., & Dewi, G. D. K. (2020). Implementasi pembelajaran online berbasis Edmodo dalam situasi pandemik COVID-19 untuk materi kependidikan pada prodi Pendidikan Seni Pertunjukan. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 15(02), 98–109. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.
Pratama, U. N., & Surahman, E. (2020). Investigating Student Responses of Online Learning during the COVID-19 Pandemic in Performing Art Education. Proceedings - 2020 6th International Conference on Education and Technology, ICET 2020, 64–69. https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276575
Provvidenza, C. F., Hartman, L. R., Carmichael, J., & Reed, N. (2019). Does a picture speak louder than words? The role of infographics as a concussion education strategy. Journal of Visual Communication in Medicine, 42(3), 1–12. https://doi.org/10.1080/17453054.2019.1599683
Slidesgo. (n.d.). Retrieved from https://slidesgo.com/
Steyn, R., Botha, A., & Mennega, N. (2018). Is a Picture Truly Worth a Thousand Words? Infographics for Undergraduate Teaching. In L. R. Hao T., Chen W., Xie H., Nadee W. (Ed.), Emerging Technologies for Education. SETE 2018. Lecture Notes in Computer Science (Vol. 11284, pp. 69–78). https://doi.org/10.1007/978-3-030-03580-8_8
SzoÅ‚tysik, M. (2017). Processes of Creating Infographics for Data Visualization. In J. Goluchowski, M. Pankowska, H. Linger, C. Barry, M. Lang, & C. Sch (Eds.), Complexity in Information Systems Development. Lecture Notes in Information Systems and Organization (Vol. 22, pp. 167–184). https://doi.org/10.1007/978-3-319-52593-8_11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ujang Nendra Pratama, Silvia Herbekti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |