Pengembangan E-Modul Berorientasi Drill and Practice Penunjang Blended Learning Mata Pelajaran Komputer Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4969Keywords:
Pengembangan, E-Modul, Drill and practice, Blended learning dan bahan ajarAbstract
Bahan ajar berperan penting dalam aktivitas pembelajaran, sehingga perlu terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi pembelajaran terkini. Tujuan pengembangan ini untuk mengetahui proses pengembangan elektronik modul, mendeskripsikan kelayakan elektronik modul dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap elektronik modul. Menggunakan metode research and Development (R&D) dengan model 4-D Thiagarajan. Subjek uji coba pengembangan ini yaitu 20 peserta didik kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Negeri 2 Nganjuk. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar telaah dan validasi oleh ahli materi, ahli kebahasaan dan ahli kegarfikan serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian pada pengembangan elektronik modul ini menunjukan bahwa e-modul berhasil dikembangkan dengan model 4-D Thiagarajan, dengan memperoleh persentase ahli materi 95%, persentase ahli kebahasaan 91% dan ahli Kegrafikan 90% dengan keseluruhan berkategori sangat layak, hasil respon peserta didik dengan persentase sebesar 99% dengan berkategori sangat baik. Sehingga dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan yakni elektronik modul berorientasi Drill and practice penunjang Blended learning dapat berpengaruh positif terhadap kelayakan dan kepraktisan serta dapat dipertimbangkan sebagai bahan ajar
References
Afriandi, A. T. (2016). Pengembangan Modul Komputer Akuntansi Myob Berbasis Scientific Approach pada Kompetensi Dasar Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang untuk Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Sooko. Surabaya.
Amri, I., Syuhendri, & Wiyono, K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Untuk Mata Kuliah Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 25–35.
Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 50–62. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8709
Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911–918.
Islamiyah, M., & Widayanti, L. (2016). Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Informasi ASIA (JITIKA), 10, 41–46.
Kemendikbud dan Direktorat Pembinaan SMA. (2017). Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran. Jakarta.
Kemendikbud, P. (2020). Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Dalam Bdr Yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Rumah Belajar Kemendikbud.
Lim, C. S., Tang, K. N., & Kor, L. K. (2012). Encyclopedia of the Sciences of Learning. Springer - Encyclopedia of the Sciences of Learning. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6
Linda, R., & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP / MTs Pendahuluan. 9(2), 191–200. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012
Martin, S. N., Irwan, Elnati, S., & Djuandi, D. (2017). The Development of Scientific Approach Based Students' Worksheet on Trigonometry for Grade X Student. Proceedings of ADVED 2017-3rd International Conference on Advances in Education and Social Sciences, (October), 345–355.
Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan : Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Indigenizing Education: Rationalization toward Revitalization of Ki Hadjar Dewantara Educational Praxis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 117–133.
Nasution, B., Jalinus, N., & Syahril. (2019). Buku Model Blende Learning. Pekanbaru: Unilak Press.
Novita, E. W., Burhan, A., & Darlius. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Drill and Practice Pada Mata Kuliah Pengukuran Teknik Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3, 9–17.
Nugroho, S. A., Redjeki, T., & Mulyani, S. (2014). Penerapan Metode Drill and Practice Dilengkapi Belajar pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(4), 93–99.
Onofrei, G., & Ferry, P. (2020). Reusable learning objects: a blended learning tool in teaching computer-aided design to engineering undergraduates. International Journal of Educational Management, 34(10), 1559–1575. https://doi.org/10.1108/IJEM-12-2019-0418
Pamungkas, K. Y., & Listiadi, A. (2017). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Computer Assisted Instruction ( CAI ) Jenis Drill And Practice Sebagai Media Pembelajaran Penunjang Kurikulum 2013 Pada Materi Akuntansi Kas Kecil Kelas XI Akuntansi Di SMKNegeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9(2), 1–7.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva press.
Puri, S. A., & Suhartini, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Kuliah Tailoring. Jurnal Tata Busana, 7(3), 8–15.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran dan Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sa'diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308.
Sadiman, A. S. (2018). Media Pendidikan. Depok: PT.Raja Grafindo persada.
Santoso, F. W. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Materi Pokok Data Awal Perusahaan Dagang Kelas Xi Jurusan Akuntansi Di Smkn 1 Jatirejo – Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).
Soekartawi. (2006). Blended E-Learning : Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006 (SNATI 2006), 2006, A93–A100. Yogyakarta.
Sutrisna, I. N. D., Damayanthi, L. P. E., Artana, K. R., & Wahyuni, D. S. (2014). Pengembangan Modul Ajar Pembuatan Storyboard Berbasis Metode Pembelajaran Drill And Practice Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia. 3, 424–428.
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widowati, H. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Komputer Akuntansi (Myob Accounting) dengan metode Drill and Practice. Edudikara : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 24–33. Retrieved from https://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/107
Yana, E.-. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Akuntansi Dengan Myob Accounting Berorientasi Pada Metode Drill. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 97. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Akinta Fatma Hosela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |