Pengaruh Pembelajaran Konstruktivistik dengan Metode Problem Solving Terhadap Kreativitas Siswa MAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4974Keywords:
Kostrutivistik, Problem Solving, Kreativitas.Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran konstruktivistik dengan metode problem solving terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian Quasi Control Group Design (Desain Grup Kontrol Quasi) dengan metode berjenis Quasi Experimental (penelitian eksperimen semu). Penelitian ini dilakasanakan di MAN Bangkalan yang berjumlah empat kelas yang masing-masing kelas berjumlah 37 siswa. Keseluruhan penelitian untuk kelas eksperimen berjumlah 74 siswa sedangkan kelas kontrol berjumlah 74 siswa sehingga jumlah keseluruhan dari seluruh kelas menjadi 148 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tulis. Tes yang digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa dengan menggunakan teknik analisis data yaitu normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes tulis. Untuk menguji pengaruh pembelajaran konstrutivistik dilakukan dengan dua analisa dengan uji beda dan uji t- test samples independent. Hasil dan analisis data yang diperoleh dengan nilai uji beda signifikansi denagn nilai sebesar 711,54 dan kelas kontrol 54,15. Kemudian hasil analisis yang diperoleh dari pengaruh pembelajaran konstruktivistik dengan metode problem solving terhadap kreativitas dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan setelah dilakukan uji t independent samples test bahwa pembelajaran konstruktivistik dengan metode problem solving berpengaruh terhadap kreativitas siswa.
References
V. DAFTAR PUSTAKA
Clarke D, Roche A. 2018. Using contextualized tasks to engage students in meaningful and worthwile mathematics learning. International Jurnal of Mathematical Behavior.
Indarwati, Desi. Dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Satya Widya, Vol.30. No. 1.
https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/107
Januzewski, A. & Molenda, M. 2008. Educational Technology. New York: Lawrence ErlbaumAssociates.
Khoirina, Maulidya. 2019.mPengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di Mi Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Tesis FTK IAIN Tulung Agung.
Mustaji. (2018). Pembelajaran berbasis masalah suatu pendekatan pembelajaran konstruktivistik. Yogyakarta: Absolute Media.
Netianingsih, Rosi. 2011. Pembelajaran Fisika Melalui Konstruktivisme Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pokok Bahasan Gerak Pendekatan Pokok Bahasan Gerak Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas Vii SMPN 4 Ungaran. Skripsi Jurusan FMIPA Universitas Negeri Semarang.
permendikbud Indonesia (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 20 Tahun 2016. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/04/Permendikbud_Tahun2016_Nomor020_Lampiran.pdf
Pehkonen, Erkki. (1977). The state-of-art in mathematical creativity. PsychologyPublished 1997.https://www.semanticscholar.org/paper/The-state-of-art-in-mathematical-creativity-Pehkonen/76db1069f2fb111963aab809f15970d6c8018ede
Purnamawati, Palupi. 2011. Pengaruh Pendekatan Konstrutivisme Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Skripsi FMIPA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ramadhani, Rahmi. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. JPPM Vol. 10 No. 2.
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/viewFile/2032/1574
Riyanto. Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Siswono. Tatag.Y.E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan masalah dan pemecahan masalah. Bandung. PT. Rosdakarya.
Somakim, Azhar. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Volume 7 No. 2 Juli.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/992
Suryati, Wiwin.2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Palembang. Skripsi FTK UIN Raden Fatah Palembang.
Vale et al. 2012. Pattern Problem Solving Tasks as A Mean to Foster Creativity In Mathematics. Proceedings Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education vol 4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Abdus Sholeh, Yatim Riyanto, Sayiful S Bachri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |