ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA PADA KOMPETENSI WIDYAISWARA TERHADAP KEPUASAN PESERTA PENDIDIKAN DAN LATIHAN PEMBENTUKAN JABATAN FUNGSIONAL PENELITI DI PUSAT PEMBINAAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.5214Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa keingin tahuan, kompetensi mana dari keempat kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh setiap Widyaiswara yang paling kecil pengaruhnya terhadap Kepuasaan Peserta Pendidikan dan Latihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti. Oleh karena maka penelitian ini merumuskan masalahnya menjadi ; "Bagaimana Hasil Analisis Regresi Linier Berganda Dari Kompetensi Widyaiswara Terhadap Kepuasan Peserta Pendidikan dan Latihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti di Pusat Pembunaan Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang Kompetensi Widyaiswara Mana yang Paling Kecil Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Peserta Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti di Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selanjunya dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket/kuesioner, wawancara dan studi pustaka, serta teknik random sampling untuk pengambil sampel sebanyak 22 % dari 150 orang atau sebanyak 33 orang, yaitu mereka yang menjadi peserta Pendidikan dan Latihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti Gelomban 1 sampai dengan 5 pada Tahun Anggaran 2020. Dari hasil analisis didapat nilai > , hal ini menunjukkan adanya pengaruh dari kompetensi Widyaiswara terhadap kepuasan peserta PPJFP di Pusbindiklat LIPI. Dengan nilai KD terhadap kepuasan peserta PPJFP sebesar 58,98% dan sisanya oleh factor lain, seperti latar belakang pendidikan, social budaya dan lain-lain. Dari hasil analisis regresi linier berganda, diketahui bahwa Kompetensi Kepribadian dari Widyaiswara perlu mendapat perhatian, karena menjadi unsur yang dapat mepenyebabkan menurunnya kepuasan peserta pendidikan dan Latihan.
References
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik, Gava Media : Yogyakarta.
Indah, Adul Karim Halim, Ani Safitri (2020), Pengaruh Kompetensi Widyaswara Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti Di Pusat Pembinaan, Pendidikan Dan Pelatihan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Skripsi) Prodi Pendidikan Masyarakat, FKIP-UIKA Bogor.
Komala, Kokom. (2018). Meretas Jalan Menuju Widyaiswara Profesional. [Online]. Tersedia di: https://docplayer.info/68739100-Meretas-jalan-menuju-widyaiswara-profesional.html.
Nana Saodih Sukmadinata (20120, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Remaja Rosda Karya.
Tjiptono, F Dan Chandra, G. (2007). Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta : Andi Ofset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
------------ (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Cv. Alfa Beta.
Sekretariat Jendaral Kemen. PAN & RB (2009). Peraturan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 14 Tahun 2009. Jakarta : Biro Hukum Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
Sekretariat Jendral LIPI (2019), Peraturan LIPI No. 1 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jakarta : Biro Hukum, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Republik Indonesia.
Sekretariat Jendral LAN (2015), Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No 26 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Widyaiswara. Jakarta: Kepala Lembaga Administrasi Negara.
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No. 5 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Widyaiswara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara.
Komala, Kokom. (2018). Meretas Jalan Menuju Widyaiswara Profesional. [Online]. Tersedia di: https://docplayer.info/68739100-Meretas-jalan-menuju-widyaiswara-profesional.html. Diakses 15 Maret 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |