Peluang Dan Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Fakultas Teknik Dan Sains UIKA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6245Keywords:
Dinamika, Kebijakan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Revolusi Industri 4.0.Abstract
Dinamika dan perubahan yang terjadi saat ini begitu dinamis, terlebih di era revolusi industri 4.0 atau disebut sebagai revolusi digital yang diindikasikan oleh perubahan yang sangat besar di semua bidang berbasis teknologi. Perubahan juga terjadi di bidang Pendidikan yang mana dituntut dapat berjalan beriringan sesuai dengan perubahan yang ada agar dapat menghasilkan sumber daya daya manusia pendidikan tinggi yang memiliki kualitas tinggi yang juga inovatif, kreatif, dan efisien. Oleh karena itu, untuk menghadapi kondisi tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan terkait Pendidikan diantaranya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kebijakan MBKM memberikan kebebasan dan otonomi kepada Lembaga Pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan dalam memilih bidang yang mereka minati. Terjadi pergeseran bentuk pembelajaran sehingga menjadi peluang dan tantangan bagi perguruan tinggi dalam memfasilitasi model pembelajaran yang mampu menghadapi tantangan jaman dan menuju kampus yang bermutu dan bereputasi.References
Arifin, I. (2019). Quality Management Education in the Industrial Revolution Era 4.0 and Society 5.0.
Bennett, N., & Lemoine, G. J. (2014). What a difference a word makes: Understanding threats to performance in a VUCA world. Business Horizons, 57(3), 311-317.
Bryan, C., & Clegg, K. (2019). Innovative assessment in higher education: A handbook for academic practitioners. Routledge.
Coccoli, M., Guercio, A., Maresca, P., & Stanganelli, L. (2014). Smarter universities: A vision for the fast changing digital era. Journal of Visual Languages & Computing, 25(6), 1003-1011.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2021). Panduan Program Matching Fund 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018,
Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 6(1), 70-78.
Nehe, B. M. (2021). Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Masa Pendemik Di Stkip Setia Budhi Rangkasbitung 2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Setia Budhi,
Rochana, R., Darajatun, R., & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka terhadap Minat dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11-21.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.
Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.
Sutarni, N., Ramdhany, M. A., Hufad, A., & Kurniawan, E. (2021). Self-Regulated Learning And Digital Learning Environment: Effect On Academic Achievement During The Pandemic. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2).
Tallar, R. Y., Malinda, M., Pattipawaej, O., & HAS, P. M. (2021). Gibah (Internal Initiative Movement Program For Grants): A Viable Implementation Of Mbkm Program In Science Major At Universitas Kristen Maranatha.
Tjandrawinata, R. R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, 29(1), 31-39.
Efgivia, M. Givi. 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar
Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Managemen. Jurnal Teknologi
Pendidikan. Vol 9, No.3.
---------------------. 2020. Pemanfaatan Big Data dalam Penelitian Teknologi Pendidikan.
Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 5, No.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |