Pemanfaatan Canva For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315Keywords:
Canva for Education, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Kreatif dan KolaboratifAbstract
Situasi pandemi covid-19 membuat peran teknologi sangat dominan dalam pendidikan. Guru dan peserta didik membutuhkan teknologi atau platform yang mendukung kegiatan pembelaran jarak jauh dan tetap mempunyai interaksi yang baik, agar kelas tetap menjadi menyenangkan dan produktif. Salah satu platform yang bisa menjawab tantangan tersebut adalah Canva. Canva mempunyai salah satu layanan atau program khusus yang dirancang untuk pendidikan, yakni Canva for Education. Layanan ini didesain untuk guru dan peserta didik agar tetap mendapatkan pengalaman pembelajaran yang kreatif, kolaboratif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis kuantitatif deskriptif. Subjek/responden penelitian ini adalah guru-guru di forum High Tech Teacher Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Canva for Education oleh guru sebagai media pembelajaran kreatif dan kolaboratif untuk pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas guru menyatakan bahwa Canva for Education mampu membantu menciptakan atau mengembangkan media/multimedia pembelajaran kreatif dan interaktif untuk pembelajaran jarak jauh. Melalui penggunaan Canva for Education dalam pembelajaran jarak jauh juga mampu menciptakan pembelajaran yang kolaboratif. Hal ini sangat mendukung ketercapaian output pembelajaran yang diharapkan pada era digital saat ini.
References
Ahmadi, Niluphar, dan Maud Besançon. 2017. "Creativity as a Stepping Stone towards Developing Other Competencies in Classrooms.” Education Research International 2017:e1357456. doi: 10.1155/2017/1357456.
Al-Rahmi, Waleed Mugahed, Noraffandy Yahaya, Uthman Alturki, Amen Alrobai, Ahmed A. Aldraiweesh, Alhuseen Omar Alsayed, dan Yusri Bin Kamin. 2020. "Social media – based collaborative learning: the effect on learning success with the moderating role of cyberstalking and cyberbullying.” Interactive Learning Environments 0(0):1–14. doi: 10.1080/10494820.2020.1728342.
Canva. 2020. "Canva for Education - Free Graphic Design Tool for Schools.” Canva for Education. Diambil 8 Januari 2021 (https://www.canva.com/education/).
Chicca, Jennifer, dan Kristy Chunta. 2020. "Engaging Students with Visual Stories: Using Infographics in Nursing Education.” Teaching and Learning in Nursing 15(1):32–36. doi: 10.1016/j.teln.2019.09.003.
Churiyah, Madziatul, Sholikhan Sholikhan, Filianti Filianti, dan Dewi Ayu Sakdiyyah. 2020. "Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 7(6):491. doi: 10.18415/ijmmu.v7i6.1833.
Debacq, Marie, Giana Almeida, Kevin Lachin, Marie-Laure Lameloise, Jeehyun Lee, Samantha Pagliaro, Hedi Romdhana, dan Stéphanie Roux. 2021. "Delivering Remote Food Engineering Labs in COVID-19 Time.” Education for Chemical Engineers 34:9–20. doi: 10.1016/j.ece.2020.10.002.
Elsa, Elsa, dan Khoirul Anwar. 2021. "The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand.” Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics 5(1):62–69. doi: 10.30587/jetlal.v5i1.2253.
Gómez-Zermeño, M. G. 2020. "Massive open online courses as a digital learning strategy of education for sustainable development.” Journal of Sustainable Development of Energy, Water and Environment Systems 8(3):577–89. doi: 10.13044/j.sdewes.d7.0311.
Greenelsh, Hannah. 2019. "Technology in Education.” Capstone Projects and Master's Theses.
Hapsari, Gita Permata Puspita, dan Zulherman. 2021. "Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) 6(1):22–29. doi: 10.24905/psej.v6i1.43.
High Tech Teacher Indonesia. 2021. "[Special Class #18 – Project Centered Course] : Membangun Kelas Kreatif Dan Kolaboratif Untuk Peserta Didik Digital Native Melalui Canva for Education.” Diambil 8 Januari 2022 (https://hightechteacher.id/special-class-18-project-centered-course-membangun-kelas-kreatif-dan-kolaboratif-untuk-peserta-didik-digital-native-melalui-canva-for-education/).
Husain, Balqis, Yenita Idi, dan Megawati Basri. 2021. "TEACHERS' PERCEPTIONS ON ADOPTING E-LEARNING DURING COVID-19 OUTBREAKS; ADVANTAGES, DISADVANTAGES, SUGGESTIONS.” JURNAL TARBIYAH 27. doi: 10.30829/tar.v27i2.738.
Li, Mimi. 2020. "Multimodal Pedagogy in TESOL Teacher Education: Students' Perspectives.” System 94:102337. doi: 10.1016/j.system.2020.102337.
Luu, Neil N., Christina M. Yver, Jennifer E. Douglas, Kendall K. Tasche, Punam G. Thakkar, dan Karthik Rajasekaran. 2021. "Assessment of YouTube as an Educational Tool in Teaching Key Indicator Cases in Otolaryngology During the COVID-19 Pandemic and Beyond: Neck Dissection.” Journal of Surgical Education 78(1):214–31. doi: 10.1016/j.jsurg.2020.06.019.
Maolida, Elis Homsini, dan Vina Aini Salsabila. 2021. "Canva and Screencast-O-Matic Workshop for Classroom Purpose: A Community Service for Madrasah Ibtidaiyah Teachers.” AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):54–60. doi: 10.35870/ajad.v1i2.13.
Maryunani, Maryunani. 2021. "MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK KELAS VI SDN KREMBANGAN SELATAN III SURABAYA.” ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 1(4):190–96. doi: 10.51878/elementary.v1i4.734.
Palazón-Herrera, José, dan Alejandro Soria-Vílchez. 2021. "Students' Perception and Academic Performance in a Flipped Classroom Model within Early Childhood Education Degree.” Heliyon 7(4):e06702. doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e06702.
Peng, Mei-Hui, dan Hsin-Ginn Hwang. 2021. "An Empirical Study to Explore the Adoption of E-Learning Social Media Platform in Taiwan: An Integrated Conceptual Adoption Framework Based on Technology Acceptance Model and Technology Threat Avoidance Theory.” Sustainability 13(17):9946. doi: 10.3390/su13179946.
Radosavlevikj, Neda, dan Hajrulla Hajrullai. 2019. "Using Video Presentations in ESP Classes (A Study Conducted at the Language Centre-Skopje, SEEU).” SEEU Review 14:178–95. doi: 10.2478/seeur-2019-0010.
Rahimi, Seyedahmad, dan Valerie J. Shute. 2021. "First Inspire, Then Instruct to Improve Students' Creativity.” Computers & Education 174:104312. doi: 10.1016/j.compedu.2021.104312.
Rahmawati, Farida, dan Idam Ragil Widianto Atmojo. 2021. "Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Basicedu 5(6):6271–79. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1717.
Scardina, Ciro. 2018. "Library Signage: Creating Aesthetics With Canva - ProQuest.” The School Librarian, 38.
Suryani, Nunuk. 2016. "Utilization of Digital Media to Improve The Quality and Attractiveness of The Teaching of History.” Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education 2(1):131–44.
Tim KPAI. 2020. "KPAI: Pembelajaran Jarak Jauh Minim Interaksi.” Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Diambil 8 Januari 2022 (https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-pembelajaran-jarak-jauh-minim-interaksi).
Utami, Yulinda, dan Dewi Suriyani Djamdjuri. 2021. "STUDENTS' MOTIVATION IN WRITING CLASS USING OF CANVA: STUDENTS' PERCEPTION.” Bogor English Student And Teacher (BEST) Conference 3:153–59.
Widyatnyana, K. N. 2021. "PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA FOR EDUCATION.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 10(2):229–36. doi: 10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.695.
Yundayani, Audi, Susilawati Susilawati, dan Chairunnisa Chairunnisa. 2019. "INVESTIGATING THE EFFECT OF CANVA ON STUDENTS WRITING SKILLS.” English Review: Journal of English Education 7(2):169–76. doi: 10.25134/erjee.v7i2.1800.
Zabiyeva, Kamshat, Sabyrkul Seitova, Yerlan S. Andasbayev, Ryskul Tasbolatova, dan Saltanat N. Ibraeva. 2021. "Methodology for Using Web Technologies to Develop the Intellectual Abilities of Future Mathematics Teachers.” Thinking Skills and Creativity 41:100904. doi: 10.1016/j.tsc.2021.100904.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |