Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Psychological Well Being (PWB)
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6777Keywords:
Perilaku, daring, pandemi, psychological well being (PWB)Abstract
Tujuan peneltian ini adalah untuk menggambarkan berbagai problematika dampak dari pembelajaran daring serta membahas proses penanganan melalui pendekatan Psychological Well Being (PWB) pada anak sekolah dasar dan tergambar dengan jelas fenomena perubahan perilaku siswa akibat pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti memperoleh data bahwa sebagian besar guru memanfaatkan gawai (HP) dalam pembelajaran online namun hal yang mengkhawatirkan adalah adanya generasi dengan learning loss karena penurunan capaian belajar. Banyak siswa yang mengalami kesulitan konsentrasi, dan rasa berat sekali beban karena banyak sekali penugasan dari guru guna untuk menuntaskan kurikulumnya, dan juga peningkatan rasa stres, cemas, apatis dan jenuh yang dialami siswa. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa Psychological Well Being (PWB) dapat membantu anak untuk menumbuhkan emosi positif, kepuasan hidup dan kebahagiaan mengurangi berprilaku negatif dan dapat mengendalikan emosi dengan baik.
References
Anggraini, L. (2021). penerapan metode Picture and picture untuk meningkatkan kemampuan membaca pada mata pembelajaran bahasa indonesia kelas 1 SD Negeri 66 kota Bengkulu. Skripsi, 4(1), 6.
Aakdori, Yopi. 2020. Siswa Bunuh Diri Karena Tugas Daring, Belajar Jarak Jauh Dinilai Perlu Evaluasi. https://www.liputan6.com/news/read/4388386/siswa-bunuh-diri-karena-tugas-daring-belajar-jarak-jauh-dinilai-perlu-evaluasi.
Asmahasanah, Salati dkk. 2018. Analisis Keterampilan Mengajar Guru Dan Penanaman Nilai Positif Melalui Pemanfaatan Kebun Sekolah. 27 (2), 167-168. http://journal2. um.ac.id/index.php/sd/article/view/1892
Fadhillah, E. (2017). HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN HAPPINESS PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Psikologi, 9(1). Retrieved from https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1545
Fransisca, iriani, Ninawati.2005. Gambaran Kesejahteraan Psikologis Pada Dewasa Muda Ditinjau dari Pola Attachment. Jurnal Psikologi Vol 3 No 1 Juni 2005 Universitas Tarumanegara Jakarta
Hadi S. 2020. Lawan Covid-19, Kemendikbud Terus Dorong Edukasi Perubahan Perilaku Komunitas Pendidikan https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/lawan-covid-19-kemendikbud-terus-dorong-edukasi-perubahan-perilaku-komunitas-pendidikan
Rizal,Gumi Langerya. Mengembalikan Keceriaan Anak dengan Meningkatkan Psychological Well Being Ortu dipresentasikan dalam Webinar "Keluarga Pembelajar: Belajar Asyik selama Pandemik”. 18 Juli 2020 UIKA Bogor
Rukminingsih, Adnan, G. L., & Muhammad, A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (E. Munastiwi & H. Ardi (eds.)). Erhaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |