Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Psychological Well Being (PWB)

Authors

  • Salati Asmahasanah
  • Oking Setia Priatna
  • Irfan Supriatna

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6777

Keywords:

Perilaku, daring, pandemi, psychological well being (PWB)

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah untuk menggambarkan berbagai problematika dampak dari pembelajaran daring serta membahas proses penanganan melalui pendekatan Psychological Well Being (PWB) pada anak sekolah dasar dan tergambar dengan jelas fenomena perubahan perilaku siswa akibat pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti memperoleh data bahwa sebagian besar guru memanfaatkan gawai (HP) dalam pembelajaran online namun hal yang mengkhawatirkan adalah adanya generasi dengan learning loss karena penurunan capaian belajar.  Banyak siswa yang mengalami kesulitan konsentrasi, dan rasa berat sekali beban karena banyak sekali penugasan dari guru guna untuk menuntaskan kurikulumnya, dan juga peningkatan rasa stres, cemas, apatis dan jenuh yang dialami siswa. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa Psychological Well Being (PWB) dapat membantu anak untuk menumbuhkan emosi positif, kepuasan hidup dan kebahagiaan mengurangi berprilaku negatif dan dapat mengendalikan emosi dengan baik.

References

Anggraini, L. (2021). penerapan metode Picture and picture untuk meningkatkan kemampuan membaca pada mata pembelajaran bahasa indonesia kelas 1 SD Negeri 66 kota Bengkulu. Skripsi, 4(1), 6.

Aakdori, Yopi. 2020. Siswa Bunuh Diri Karena Tugas Daring, Belajar Jarak Jauh Dinilai Perlu Evaluasi. https://www.liputan6.com/news/read/4388386/siswa-bunuh-diri-karena-tugas-daring-belajar-jarak-jauh-dinilai-perlu-evaluasi.

Asmahasanah, Salati dkk. 2018. Analisis Keterampilan Mengajar Guru Dan Penanaman Nilai Positif Melalui Pemanfaatan Kebun Sekolah. 27 (2), 167-168. http://journal2. um.ac.id/index.php/sd/article/view/1892

Fadhillah, E. (2017). HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN HAPPINESS PADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Psikologi, 9(1). Retrieved from https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1545

Fransisca, iriani, Ninawati.2005. Gambaran Kesejahteraan Psikologis Pada Dewasa Muda Ditinjau dari Pola Attachment. Jurnal Psikologi Vol 3 No 1 Juni 2005 Universitas Tarumanegara Jakarta

Hadi S. 2020. Lawan Covid-19, Kemendikbud Terus Dorong Edukasi Perubahan Perilaku Komunitas Pendidikan https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/lawan-covid-19-kemendikbud-terus-dorong-edukasi-perubahan-perilaku-komunitas-pendidikan

Rizal,Gumi Langerya. Mengembalikan Keceriaan Anak dengan Meningkatkan Psychological Well Being Ortu dipresentasikan dalam Webinar "Keluarga Pembelajar: Belajar Asyik selama Pandemik”. 18 Juli 2020 UIKA Bogor

Rukminingsih, Adnan, G. L., & Muhammad, A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (E. Munastiwi & H. Ardi (eds.)). Erhaka Utama.

Downloads

Published

14-01-2022

How to Cite

Asmahasanah, S., Priatna, O. S., & Supriatna, I. (2022). Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Psychological Well Being (PWB). Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 160–169. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6777

Issue

Section

Artikel