ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERDASARKAN CONE OF EXPERIENCE

Authors

  • Ratna Ayyu Bidari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sekar Putri Pambayun Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rissa Rifqotus Sa'diyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.9100

Keywords:

Teknologi, sumber belajar, cone of experience

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan teknologi sebagai sumber belajar yang sering digunakan oleh para pengajar atau pendidik dalam proses belajar mengajar di kelas sesuai dengan analisis dari Cone of Experience. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sumber data pihak pendidik yakni wali kelas beserta guru mata pelajaran dari SDN Jemur Wonosari 1 Surabaya. Hasil pada penelitian ini mengungkapkan bahwa bahwa tingkat efektivitas tertinggi dalam penerapan Learning of Experience di kelas 5 SDN Jemur Wonosari 1 Surabaya berada pada mata pelajaran pendidikan bahasa inggris. bahasa inggris. Hal ini dikarenakan pada mata pelajaran tersebut menggunakan metode Learning of Experience yang berada pada tingkat bawah dalam Cone of Experience, dimana kegiatan yang lebih konkrit dan aktif dapat menambah tingkat efektivitas suatu pembelajaran. Sedangkan pembelajaran pada mata pelajaran lainnya masih terbilang belum efektif karena penggunaan Learning of Experience yang digunakan masih cenderung pada tingkat atas dalam Cone of Experience.

References

Ammigan, R., Dennis, J. L., & Jones, E. (2020). The differential impact of learning experiences on international student satisfaction and institutional recommendation. Journal of International Students, 11(2). https://doi.org/10.32674/jis.v11i2.2038

Arham, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran. Aademia Education, 1–13.

Huda, M. (2016). Pembelajaran berbasis multimedia dan pembelajaran konvensional (Studi komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri). Jurnal Penelitian, 10(1), 125–146. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1333

Ismail, I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Cendekia Publisher.

Kuswandi, W. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Ikip Siliwangi Angkatan 2018. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(2), 76. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i2.7201

Lim, H.-J. (2022). Case Study: Enhancing the Learning Experiences of BAME Students at a University: The University Role. Social Policy and Society, 21(1), 134–141. https://doi.org/10.1017/S1474746421000634

Ni'mah, U. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. CoIS: Conference on Islamic Studies, 326–340.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD (R. Awahita, Ed.). CV Jejak, anggota IKAPI.

Nurfadhillah, S., Rosnaningsih, A., & Kelas 4D PGSD UMT. (2021). Media Pembelajaran Tingkat SD. CV Jejak, anggota IKAPI.

Phieter, J. E., Swendra, C. G. R., & Yudani, H. D. (2019). Perancangan Board Game Untuk Pelajaran Sejarah Anak Sekolah Menengah Pertama. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 8.

Rikatsih, N., Andary, W. R., Shaleh, M., Hadiningrum, L. P., Irwandy, Prisusanti, R. D., Nggaba, M. E., Hadi, P., Sihombing, B., Setiawan, J., & Saloom, G. (2021). Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang. Penerbit Media Sains Indonesia.

Roberts, T., Jackson, C., Mohr-Schroeder, M. J., Bush, S. B., Maiorca, C., Cavalcanti, M., Craig Schroeder, D., Delaney, A., Putnam, L., & Cremeans, C. (2018). Students' perceptions of STEM learning after participating in a summer informal learning experience. International Journal of STEM Education, 5(1), 35. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0133-4

Rusydiyah, E. F., Mumtahanah, N., & Hamzah, F. (2020). Digital Based Learning Media Innovation in the Development of Character Education in Senior High School. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 10(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v10i1.418

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan , 3(1), 1223–133.

Suryani, E., & Khoiriyah, I. S. A. (2018). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal of Community Service Learning, 2(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.15422

Syamsidar, S., Ma'ruf, & Hustim, R. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1).

Usman, Hanafy, M. S., & Bahraeni. (2018). Praktik Pengalaman Lapangan Berbasis Kolaboratif Antara Mahasiswa Dengan Guru Pamong Di MTSN Kabupaten Gowa. Inspiratif Pendidikan, 7(2), 185. https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7849

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Puri Cipta Media.

Yani, S., & Siwi, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial Dan Sumber Belajar Digital Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Digital Native Di SMAN 2 Painan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p001

Downloads

Published

13-07-2023

How to Cite

Bidari, R. A., Pambayun, S. P., & Sa’diyah, R. R. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERDASARKAN CONE OF EXPERIENCE. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 148–156. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.9100

Issue

Section

Artikel