Membaca Ekstensif Dan Agensi Pembelajar Di Era Pandemi: Sebuah Studi Kasus Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v4i2.15526Abstract
Agensi pembelajar (Learner agency) merupakan salah satu karakter atau kompetensi yang dimiliki siswa dalam menentukan minat dan inisiatif dalam proses belajar yang dilakukannya. Dalam hal ini siswa mempunyai kesadaran diri akan pentingnya belajar dan mempunyai inisiatif sendiri dalam melakukan proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat menunjukkan karakter agensi pembelajar melalui kegiatan membaca ekstensif. Wawancara semi terstuktur digunakan sebagai instrumen dalam mendapatkan data tentang karakter agensi pembelajara melalui kegiatan membaca ekstensif. Partisipan riset dalam penelitian ini adalah lima orang siswa yang terlibat dalam kegiatan membaca ekstensif. Berdasarkan hasil wawancara, data yang diperoleh menunjukkan bahwa partisipan riset ini mempunyai ciri-ciri agensi pembelajar, antara lain: mempunyai inisiatif, lebih aktif dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan minatnya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mila Mutmainatul Ma’wa, Maulidia Rachmawati Nur, Eva Nurmayasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |