DAMPAK PANDEMI CORONA TERHADAP KETANGGUHAN PSIKOLOGIS DAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5875Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasikan mengenai dampak
pandemi corona pada ketangguhan psikologis dan sosial pada anak-anak di Taman
Kanak-kanak dari sudut pandang guru, dan penelitian ini berdasarkan metode deskriptif, dan sample pada penelitian ini terdiri dari beberapa guru TK (Taman Kanak-kanak) di kota Bogor, dan untuk mencapai tujuan penelitian disiapkan ukuran fleksibilitas di kedua bidang: fleksibilitas psikologis dan fleksibilitas sosial setelah memastikan kejujuran dan kesetabilan dalam pengambilan data. Dari penelitian ini kemampuan beradaptasi terhadap suatu perubahan hidup sangatlah penting di dalam fleksibilitas pikologis. Ketangguhan sosial adalah dimensi yang dapat dianggap sebagai aspek kecerdasan emosional, yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengenali apa yang kita dan orang lain rasakan,
menemukan cara untuk menghadapinya, dan mengelola emosi tersebut. Di metode
penelitian ini penulis menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Ketangguhan psikologis dan sosial pada anak dapat dilatih sejak dini agar dapat terbiasa hingga dewasa, dengan cara menanamkan dan menerapkan fleksibilitas psikologis dan sikap adaptasi anak-anak TK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |