PENGUATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN METODE PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Movi Riana Rahmawanti Universitas Ibn Khaldun
  • umi fatonah
  • Maulidia Rachmawati Nur
  • ani safitri
  • ria maisalinia

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v6i1.21420

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar melalui pelatihan intensif dalam metode pembelajaran berpusat pada peserta didik. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak akan pergeseran paradigma mengajar dari yang berpusat pada guru (teacher-centered) menjadi berpusat pada siswa (student-centered). Metode pelatihan yang digunakan adalah kombinasi antara pemaparan teori dan lokakarya praktis yang melibatkan guru secara aktif. Materi utama yang disampaikan meliputi empat pilar pembelajaran inovatif: Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Pembelajaran Kolaboratif, dan Pembelajaran Berdiferensiasi. Hasil pelatihan menunjukkan transformasi signifikan dalam cara pandang dan praktik mengajar para peserta. Guru tidak lagi melihat diri mereka sebagai satu-satunya sumber pengetahuan, melainkan sebagai fasilitator yang memandu proses eksplorasi siswa. Mereka telah dibekali dengan keterampilan nyata untuk merancang kegiatan pembelajaran yang otentik dan relevan, seperti merancang proyek yang memicu kreativitas atau menyajikan masalah nyata yang menantang siswa untuk berpikir analitis. Dampak paling nyata adalah peningkatan kesadaran dan kepercayaan diri guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, relevan, dan memberdayakan. Kesimpulan dari program ini adalah bahwa pendekatan praktis dan kolaboratif dalam pelatihan guru efektif untuk menumbuhkan mentalitas pendidik yang siap mewujudkan pembelajaran yang mendorong siswa menjadi pembelajar yang kritis, kreatif, dan kolaboratif

Downloads

Published

2025-05-24

How to Cite

Rahmawanti, M. R., fatonah, umi, Nur, M. R., safitri, ani, & maisalinia, ria. (2025). PENGUATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN METODE PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK . EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.32832/edukha.v6i1.21420

Most read articles by the same author(s)